Comscore Tracker

5 Hewan yang Cocok Dipelihara dalam Terarium, Perawatannya Sederhana

Buat terarium semirip mungkin dengan habitat alami

Terarium adalah sebuah wadah kecil yang di dalamnya terdapat sebuah ekosistem tanaman yang berfungsi penuh. Terarium biasanya bersifat mandiri, di mana tanaman menyiram diri mereka sendiri melalui transpirasi dan kondensasi.

Selain tanaman, terarium juga bisa dijadikan media untuk memelihara hewan asalkan ekosistem terarium sesuai dengan habitat hewan tersebut. Kamu yang berminat memelihara hewan dalam terarium mungkin bertanya-tanya, hewan apa yang cocok dipelihara dalam media kecil ini?

Tidak semua jenis hewan bisa hidup dan dipelihara dalam terarium. Jadi, agar kamu tidak salah pilih, kali ini kita akan membahas apa saja hewan yang cocok dipelihara di dalam terarium. Berikut penjelasannya yang dirangkum dari laman Animal Quarters dan Terrarium Tribe.

Baca Juga: 5 Jenis Hewan yang Cocok Dipelihara Anak-anak, Jangan asal Pilih!

1. Tokek macan tutul

5 Hewan yang Cocok Dipelihara dalam Terarium, Perawatannya Sederhanailustrasi tokek macan tutul (pixabay.com/isisnedjem)

Tokek macan tutul adalah jenis hewan yang santai sehingga cocok untuk dipelihara dan dikembangbiakkan di terarium. Kamu akan sadar bahwa ini dapat segera beradaptasi setelah kamu memasukkannya ke terarium.

Agar tokek bisa tinggal di dalam terarium dengan baik, kamu harus membuatnya semirip mungkin dengan habitat aslinya. Jika kamu ingin memasukkan lebih dari satu tokek ke dalam terarium, maka pastikan ukurannya cukup besar.

2. Laba-laba

5 Hewan yang Cocok Dipelihara dalam Terarium, Perawatannya Sederhanailustrasi laba-laba (unsplash.com/Ed van duijn)

Laba-laba adalah hewan yang sangat cocok disimpan di dalam terarium kecil. Terarium untuk laba-laba sebenarnya cukup sederhana, tetapi kamu mungkin perlu menempelkan beberapa ranting kecil yang bisa digunakan laba-laba untuk membuat jaring.

Setelah kamu membangun terarium, kamu perlu menentukan jenis laba-laba yang akan kamu masukkan ke dalam terarium. Kabar baiknya, kebanyakan laba-laba tidak berbahaya dan dapat bertahan hidup dengan baik di dalam terarium. Namun, kamu perlu menjaga terarium tetap lembap karena ini dibutuhkan untuk menenun jaringnya.

Baca Juga: 7 Reptil yang Bisa Dipelihara, Jinak dan Mudah Dirawat!

3. Kura-kura

5 Hewan yang Cocok Dipelihara dalam Terarium, Perawatannya Sederhanailustrasi kura-kura (unsplash.com/Glen Carrie)

Kura-kura juga merupakan hewan lain yang cocok dikembangbiakkan di dalam terrarium. Namun, pastikan terarium itu cukup besar untuk menampung kura-kura.

Agar dapat bertahan hidup dengan baik, terarium kura-kura harus sangat mirip dengan habitat alami makhluk itu. Misalnya, kura-kura membutuhkan setidaknya dua belas jam siang hari untuk bertahan hidup sehingga kamu perlu membangun sistem pencahayaan di terarium untuk memberi kura-kura cahaya dan panas yang cukup. Juga, ingatlah untuk tidak mengekspos kura-kura ke sinar matahari langsung.

4. Belalang sembah

5 Hewan yang Cocok Dipelihara dalam Terarium, Perawatannya Sederhanailustrasi belalang sembah (unsplash.com/Valery Rapovets)

Belalang sembah adalah predator yang ditakuti di habitatnya. Namun, ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk dipelihara dalam terarium. 

Memiliki cakar bergerigi, mata raksasa, dan fitur unik lainnya, belalang sembah menjadi hewan peliharaan yang menarik untuk dilihat. Hewan ini juga cukup mudah disimpan dan tidak memerlukan kondisi khusus untuk bisa hidup dengan baik.

Belalang sembah bahkan dapat hidup di dalam terarium yang lebih kecil. Namun, kamu perlu menyediakan ranting kecil di dalamnya. 

5. Tarantula

5 Hewan yang Cocok Dipelihara dalam Terarium, Perawatannya Sederhanailustrasi tarantula (unsplash.com/Juan Pablo Mascanfroni)

Tarantula mungkin tampak menakutkan bagi beberapa orang. Namun, bagi sebagian lainnya, hewan ini dinilai unik dan lucu. Yang lebih menarik, tarantula sangat cocok dipelihara dalam wadah kecil, seperti terarium.

Sejujurnya, tarantula menjadi hewan peliharaan yang paling mudah untuk dipelihara dalam terarium. Makhluk ini tidak masalah dengan ruangan yang kecil. Juga, tidak membutuhkan perlengkapan mahal dan rumit.

Ingat, meskipun semua hewan ini umumnya dapat hidup dengan baik di dalam terarium berukuran kecil, tetapi kamu tetap wajib memerhatikan kesehatan dan kesejahteraan hewan ini. Setiap spesies dalam daftar ini memerlukan perawatan dan kondisi terarium yang berbeda. Secara umum, sebelum memilih hewan, kamu perlu mencari tahu apakah hewan-hewan ini memerlukan pencahayaan atau pemanas khusus, tanaman khusus, ventilasi, dan apa yang dapat membahayakan hewan-hewan ini.

Baca Juga: 7 Jenis Kucing yang Populer Dipelihara di Indonesia

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

a human

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya