Comscore Tracker

5 Manfaat Sterilisasi pada Kucing, Bikin Kucing Hidup Sejahtera!

Kucingmu sudah disterilisasi?

Kucing adalah hewan yang mudah berkembang biak. Akibatnya, ini akan merepotkan pemilik kucing karena harus mengeluarkan biaya dan energi lebih untuk mengurus anak-anak kucing, belum lagi masalah yang mungkin disebabkan saat kucing memasuki musim kawin.

Satu solusi paling efektif untuk masalah ini adalah sterilisasi kucing. Sterilisasi kucing adalah pengambilan organ reproduksi dengan jalan operasi untuk mencegah hewan ini berkembang biak. Selain mencegah kucing berkembang biak, sterilisasi juga menawarkan banyak manfaat lain, baik bagi kucing maupun manusia.

Inilah kumpulan manfaat sterilisasi kucing dirangkum dari laman Animal League dan WebMD.

1. Mencegah penyakit

5 Manfaat Sterilisasi pada Kucing, Bikin Kucing Hidup Sejahtera!pixabay.com/Vnukko

Memandulkan kucing betina sebelum memasuki siklus estrus pertamanya sangat membantu mengurangi risiko kanker serviks dan menghilangkan risiko kucing terkena kanker ovarium. Sebab, pengangkatan indung telur mengurangi kadar hormon yang mendorong pertumbuhan tumor kanker. Pemandulan juga mengurangi risiko kucing terkena kanker payudara. Untuk kucing jantan, sterilisasi akan meminimalkan atau menghilangkan risiko kucing terkena kanker prostat dan kanker testis.

Selain itu, ada juga penyakit lain yang diakibatkan oleh perilaku alami kucing saat kawin, seperti leukemia kucing dan AIDS kucing. Dengan mengurangi keinginan kucing untuk memperebutkan pasangan dan wilayah artinya kamu juga mengurangi kemungkinan kucing tertular penyakit dari kucing lain. Akhirnya, ini meningkatkan kesempatan kucing untuk hidup lebih lama.

2. Lingkungan rumah jadi lebih bersih

5 Manfaat Sterilisasi pada Kucing, Bikin Kucing Hidup Sejahtera!unsplash.com/Litter Robot

Kucing jantan akan dengan sengaja menyebarkan urine mereka pada permukaan vertikal untuk menandai wilayah mereka. Selain sebagai penanda wilayahnya, ini juga memberi tahu betina bahwa kucing jantan menunggu kesempatan untuk kawin. Ini tentu saja membuat lingkungan rumah menjadi bau. Karenanya, mensterilkan kucing akan mengurangi atau menghilangkan keinginan kucing untuk spraying.

Kucing betina juga mengeluarkan cairan tubuh saat ingin kawin. Cairan ini juga mengandung aroma untuk mengingatkan kucing jantan bahwa ada betina subur di dekatnya. Dengan memandulkan kucing betina, kamu akan menghilangkan masalah yang sama.

Baca Juga: 6 Tindakan Pemilik Kucing yang Justru Membahayakan Kesehatan Kucing 

3. Membantu mengurangi kelebihan populasi kucing di jalan

5 Manfaat Sterilisasi pada Kucing, Bikin Kucing Hidup Sejahtera!pixabay.com/WFranz

Overpopulasi kucing merupakan masalah yang harus dihadapi sebagian besar negara. Karenanya, banyak negara yang terpaksa memusnahkan sebagian kucing liar atau setidaknya mengabaikan penderitaan kucing di jalan.

Manusia mungkin tidak bisa menampung atau memberi makan semua kucing liar tersebut. Namun, manusia bisa membantu menghentikan penambahan jumlah mereka lewat sterilisasi. Dengan demikian, kucing yang hidup di jalan tidak perlu kesusahan mencari tempat untuk melahirkan, mencari makanan ekstra untuk anak-anaknya, atau berebut makanan dengan banyak kucing liar lainnya.

4. Membuat kucing jadi berperilaku lebih baik

5 Manfaat Sterilisasi pada Kucing, Bikin Kucing Hidup Sejahtera!pexels.com/Crina Doltu

Mensterilkan kucing membuatnya menjadi hewan peliharaan yang lebih baik. Sebab, dengan mensterilkan kucing, ini akan mengurangi keinginannya untuk kabur mencari pasangan, berkelahi dengan kucing lain, spraying, berisik saat kawin, dan mengurangi risiko tertular penyakit atau terluka saat berkeliaran di jalan.

Dengan mensterilkan kucing, ini akan mengurangi insting agresif mereka dan tentunya menguntungkan kamu sebagai pemilik kucing.

5. Bermanfaat bagi komunitas

5 Manfaat Sterilisasi pada Kucing, Bikin Kucing Hidup Sejahtera!pixabay.com/GeorgSchober

Manfaat sterilisasi tidak hanya dirasakan oleh kucing maupun pemilik, tapi juga komunitas. Banyaknya populasi kucing yang tidak diinginkan menjadi perhatian yang sangat nyata di banyak tempat. Hewan liar dapat dengan mudah menjadi gangguan publik, mengotori taman dan jalan, merusak tanaman, menimbulkan kebisingan dan gangguan lainnya, bahkan membunuh ternak atau hewan peliharaan lainnya.

Dengan mensterilisasi kucing peliharaan maupun kucing liar, ini akan mencegah orang membuang kucing-kucingnya karena terus berkembang biak, mengendalikan jumlah kucing yang hidup di jalanan, dan meminimalkan masalah yang disebabkan oleh keberadaan mereka. Tentu saja, ini akan bermanfaat bagi komunitas karena meminimalkan gangguan di lingkungan.

Banyak sekali kan manfaat yang didapat dari sterilisasi kucing. Jadi, segera bawa kucingmu ke klinik supaya dokter bisa merekomendasikan usia optimal di mana ia harus disterilisasi. Selain kucing peliharaan, jauh lebih baik jika kamu juga mensterilkan kucing liar di sekitar rumahmu.

Baca Juga: Kucing 101: 10 Fakta Kucing Berbulu Putih

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya