Comscore Tracker

7 Misteri Andromeda, Galaksi yang Katanya Bakal Menabrak Bimasakti

Tenang, masih 4,5 miliar tahun dari sekarang kok

Seperti yang kita pelajari di sekolah, sistem tata surya kita tergabung ke dalam sebuah galaksi spiral yang dinamai Bimasakti yang berukuran 52.850 tahun cahaya. Walaupun berukuran sangat besar, tetapi ternyata Bimasakti bukan satu-satunya galaksi yang ada di alam semesta. Alam semesta tersusun atas beberapa galaksi yang semuanya memiliki ukuran berbeda-beda. Salah satu galaksi yang letaknya paling dekat dengan Bimasakti adalah galaksi Andromeda.

Mirip dengan Bimasakti, Andromeda termasuk dalam golongan galaksi besar yang berbentuk spiral. Saat ini galaksi Bimasakti dan Andromeda terpisah dengan jarak sejauh 2,5 juta tahun cahaya. Akan tetapi, kedua galaksi ini terus bergerak mendekati satu sama lain dengan kecepatan 402 ribu kilometer per jam. Hingga para ahli memprediksi bahwa keduanya akan bertabrakan pada 4,5 miliar tahun dari sekarang. Karena inilah, Andromeda menjadi salah satu objek luar angkasa yang menarik untuk diteliti. Pada pengamatan yang dilakukan oleh para astronom selama bertahun-tahun, terdapat sejumlah misteri seputar galaksi tetangga ini yang berhasil diungkap. Berikut beberapa di antaranya.

1. Dapat dilihat secara jelas pada waktu-waktu tertentu

7 Misteri Andromeda, Galaksi yang Katanya Bakal Menabrak Bimasakti.eso.org

Keindahan galaksi tetangga ini ternyata bisa dilihat pada waktu-waktu tertentu. Untuk belahan bumi bagian utara katulistiwa, galaksi Andromeda dapat dilihat secara jelas pada bulan Agustus sampai Februari. Sedangkan belahan bumi bagian selatan dapat menikmati keindahan Andromeda pada bulan Oktober hingga Desember.

2. Nama Andromeda diambil dari karakter tuan putri dalam mitologi Yunani

7 Misteri Andromeda, Galaksi yang Katanya Bakal Menabrak Bimasaktimythman.com

Dalam mitologi Yunani, Andromeda merupakan sosok tuan putri yang dirantai oleh orangtuanya, yaitu Cepheus dan Cassiopeia di sebuah batu sebagai persembahan kepada Poseidon, si penguasa lautan agar berhenti menghancurkan Aethiopia. Tapi kemudian pada detik-detik terakhir, Andromeda diselamatkan oleh Perseus dengan menunggangi Pegasus, yang digambarkan sebagai kuda bersayap.

Kelima karakter tersebut kemudian dipakai untuk menamai rasi bintang, yaitu Andromeda, Cepheus, Cassiopeia, Persus, dan Pegasus. Andromeda sendiri dalam bahasa Yunani memiliki arti Penguasa Manusia.

3. Saat langit gelap, Andromeda bisa terlihat dengan sangat jelas dan terang

7 Misteri Andromeda, Galaksi yang Katanya Bakal Menabrak Bimasaktigizmodo.com

Galaksi Andromeda dapat diamati dengan sangat jelas ketika keadaan sekitarnya benar-benar dalam keadaan gelap. Pada saat tersebut, Andromeda bisa terlihat hingga enam kali lebih besar daripada Bulan.

Baca Juga: Suka Menyendiri, Karakter 5 Galaksi Ini Layaknya Jomblo Berkualitas

4. Galaksi Andromeda berukuran jauh lebih besar dari Bimasakti, tetapi memiliki massa yang lebih kecil dari Bimasakti

7 Misteri Andromeda, Galaksi yang Katanya Bakal Menabrak Bimasaktiteknosains.com

Terdapat kurang lebih 1 triliun bintang di galaksi Andromeda. Jumlah ini jauh lebih banyak dari Bimasakti yang diperkirakan hanya terdiri atas 100-400 miliar bintang. Kendati ukuran galaksi Andromeda mencapai 2,5 kali ukuran Bimasakti. Tetapi galaksi Bimasakti memiliki massa yang jauh lebih besar daripada Andromeda. Ini lantaran pada galaksi Bimasakti terdapat lebih banyak energi serta materi gelap

5. Terdapat lubang hitam supermasif dalam galaksi Andromeda

7 Misteri Andromeda, Galaksi yang Katanya Bakal Menabrak Bimasaktiearthsky.org

Seperti galaksi besar pada umumnya, galaksi Andromeda juga memiliki lubang besar supermasif dengan massa sekitar 100 juta Matahari. Selain itu, pada bagian pusat galaksi Andromeda juga terdapat tonjolan besar yang melebihi inti Bimasakti, yang mana tonjolan tersebut memungkinkan lebih banyak lubang hitam yang terbentuk. Hingga saat ini, para astronom telah mendeteksi ada sekitar 34 lubang hitam yang ada pada Andromeda.

6. Memiliki 2 inti

7 Misteri Andromeda, Galaksi yang Katanya Bakal Menabrak Bimasaktispacetelescope.org

Perbedaan besar antara Bimasakti dan Andromeda adalah bahwa Andromeda memiliki 2 inti. Ini terjadi lantaran Andromeda terbentuk dari 2 galaksi kecil yang saling menyatu antara 5 hingga 9 miliar tahun lalu. Kemudian inti dari kedua galaksi ini saling mengorbit satu sama lain yang kemudian berbaur menjadi satu.

7. Ada sekitar 14 galaksi kerdil yang mengorbit Andromeda

7 Misteri Andromeda, Galaksi yang Katanya Bakal Menabrak Bimasaktiastroquizzical.com

Andromeda dikelilingi oleh 14 galaksi kerdil yang semuanya saling mengorbit galaksi Andromeda. Di antara semua galaksi kerdil tersebut, ada dua galaksi yang tampak paling bercahaya, yaitu M32 dan M110. Keduanya berjarak sekitar 2,65 juta tahun cahaya dari bumi dan dapat diamati dengan menggunakan bantuan teleskop.

Nah, itu tadi beberapa misteri mengenai Bimasakti yang berhasil diungkap para peneliti. Gimana? Apakah kamu takjub setelah mengetahui beberapa fakta di atas?

Baca Juga: Ini 7 Teka-teki Bimasakti yang Dijamin Bikin Kamu Takjub!

Ekaay Photo Community Writer Ekaay

Belajar hidup

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You