Comscore Tracker

Sering Bikin Heran, Ini 5 Perilaku Aneh Kucing dan Makna di Baliknya

Ternyata ada alasan ilmiahnya!

Kucing adalah makhluk menggemaskan yang keberadaannya sangat dekat dengan manusia. Banyak sekali hal dalam diri kucing yang membuat hewan berbulu ini menarik. Kadang, kucing juga menunjukkan perilaku yang membingungkan dan membuat pemilik kucing terheran-heran. Faktanya, sifat aneh kucing ini sebenarnya adalah hal yang umum di antara para kucing.

Untuk menjawab rasa penasaranmu seputar kenapa kucing seiring berperilaku aneh, di bawah ini telah dikutip dari laman Rover dan The Spruce Pets, sejumlah perilaku aneh yang sering ditunjukkan kucing dan makna di balik perilaku tersebut.

1. Membawakanmu hadiah

Sering Bikin Heran, Ini 5 Perilaku Aneh Kucing dan Makna di Baliknyailustrasi kucing (unsplash.com/Sarah Dorweiler)

Banyak pemilik kucing yang bingung mengapa kucing dengan gigih mengejar mangsa, tetapi justru langsung memberikannya pada pemilik setelah berhasil mendapatkan mangsa tersebut. Meskipun kebiasaan ini mungkin dianggap menjijikkan, tetapi ini adalah hal yang manis di antaranya kucing.

Jika kucing memberikan hasil buruannya padamu, artinya kucing mengakui kamu sebagai anggota kelompoknya, dan berbagi kesuksesan berburunya denganmu. Ini mungkin juga merupakan tanda terima kasih kepadamu karena telah merawatnya.

Jika kamu merasa perilaku ini cukup mengganggu dan ingin mencegah kucing melakukan hal ini di kemudian hari, coba pasang kalung dengan lonceng. Ini akan membuat aktivitas berburu terasa menantang, dan kucing sulit mendapatkan mangsa untuk diberikan padamu.

2. Menunjukkan ekornya padamu

Sering Bikin Heran, Ini 5 Perilaku Aneh Kucing dan Makna di Baliknyailustrasi ekor kucing (unsplash.com/Jason Leung)

Kamu mungkin dibuat bingung dengan kucing yang tiba-tiba menunjukkan ekornya ke wajahmu. Nah, sebenarnya tindakan kucing ini adalah bentuk pujian atau sapaan. Ekor yang terangkat menandakan bahwa kucing merasa aman dan menawarkan kesempatan untuk mengendus pantatnya, yang biasa dilakukan oleh sesama kucing.

Ketika kucing melakukan ini kepadamu, itu seperti memberikan pelukan dan ciuman dalam menyapa teman. Namun, kamu tidak perlu mengendus bagian belakang kucing untuk membalasnya. Sebagai gantinya, kamu bisa mengelus kucing di tempat yang paling disukainya.

Baca Juga: 5 Tips Membuat Kucing Peliharaan Baru Merasa Nyaman di Rumah, Betah!

3. Menutupi makanannya

Sering Bikin Heran, Ini 5 Perilaku Aneh Kucing dan Makna di Baliknyailustrasi kucing (unsplash.com/Hulki Okan Tabak)

Kadang, kucing menggaruk sekitar tempat makan seperti saat ia mengubur kotorannya. Jika kucing menutupi makanannya setelah memakannya, itu mungkin merupakan perilaku naluriah karena kucing ingin menyimpan makanannya untuk menjaganya tetap aman. 

Dengan alasan yang sama, anak kucing atau kucingmu mungkin menggaruk di sekitar mangkuk makanannya setelah makan atau bahkan menemukan kertas untuk menutupinya.

4. Mengunyah barang yang bukan makanan

Sering Bikin Heran, Ini 5 Perilaku Aneh Kucing dan Makna di Baliknyailustrasi kucing (unsplash.com/Ferenc Horvath)

Ada banyak benda non makanan yang mungkin disukai kucing untuk dikunyah, seperti kain, tanaman, plastik, atau logam. Pada kebanyakan kasus, ini bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan, tetapi terkadang ini bisa jadi indikasi adanya kondisi langka pada kucing yang disebut pica. Penyebabnya sering tidak diketahui, tetapi diperkirakan karena defisiensi mineral, anemia, hipertiroidisme, genetika, kebosanan, dan stres.

Jika kucing menunjukkan gejala ini, ada baiknya membawanya ke dokter hewan agar bisa dilakukan pemeriksaan penuh untuk menyingkirkan masalah yang mendasarinya. Perawatan pica mungkin berupa penyesuaian pola makan, menempatkan senyawa yang pahit pada benda-benda yang dikunyah, interaksi sosial, dan memberikan alternatif lain untuk dikunyah.

5. Masuk ke ruang sempit

Sering Bikin Heran, Ini 5 Perilaku Aneh Kucing dan Makna di Baliknyailustrasi kucing di dalam kardus (unsplash.com/Louis Dupressoir)

Kemampuan memukau kucing untuk menyesuaikan diri ke dalam tempat sempit tidak pernah berhenti membuat siapapun terkesima. Semua pemilik kucing pasti pernah dibuat heran, ada banyak tempat nyaman yang bisa mereka gunakan untuk beristirahat, tetapi mereka justru memilih untuk meringkuk di dalam kardus, toples, wastafel kamar mandi, keranjang kecil, dan sebagainya.

Jawabannya adalah, ruang kecil membuat kucing merasa aman dan terlindungi. Selain itu, kucing juga memiliki naluri alami untuk menyergap. Dengan bersembunyi di tempat kecil, mereka dapat menonton dan mengamati lingkungan mereka dari kejauhan tanpa khawatir terlihat oleh siapa pun.

 

Semoga penjelasan ini menjawab rasa penasaranmu seputar berbagai perilaku aneh yang kerap ditunjukkan kucing. Selain hal-hal di atas, apalagi nih hal aneh yang sering dilakukan kucing-kucing di rumahmu?

Baca Juga: 5 Perlakuan Manusia pada Kucing yang Sering Dibenci Kucing, Yuk Sadar!

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya