Comscore Tracker

Langsung Adem, Ini 5 Tanaman Hias yang Ampuh Menyejukkan Ruangan

Tak perlu AC atau kipas

Untuk menyejukkan ruangan, utamanya di musim kemarau, kebanyakan orang akan memilih menggunakan kipas angin atau AC. Memang, ini merupakan solusi yang praktis dan jitu. Namun, jika kipas angin dan AC digunakan sepanjang hari, tentunya ini akan membuat tagihan listrik melonjak.

Tenang, kamu masih bisa kok menyejukkan ruangan tanpa membuat tagihan listrik jadi boros yaitu dengan memanfaatkan tanaman. Tanaman ini bukan hanya akan melepaskan oksigen, tapi juga menyaring bahan kimia berbahaya di udara sehingga akan membuat ruangan jadi lebih sejuk dan nyaman.

Apa sajakah tanaman tersebut? Dilansir laman Greatist dan Country Living, inilah beberapa tanaman yang bisa menyejukkan ruangan.

1. Dracaena

Langsung Adem, Ini 5 Tanaman Hias yang Ampuh Menyejukkan Ruanganpatchplants.com

Dracaena merupakan tanaman dari Afrika yang juga sangat populer sebagai penyegar udara dalam ruangan. Selain menjaga agar udara di dalam ruangan tetap segar, tampilannya sangat mencolok sehingga cocok dijadikan sebagai hiasan.

Dracaena membutuhkan lebih sedikit air daripada tanaman lain. Selain itu, pastikan tanaman tetap lembap tetapi tidak basah karena penyiraman yang berlebihan dapat menyebabkan akar membusuk. Selain itu, karena Dracaena dapat tumbuh besar, sebaiknya gunakan pot berukuran besar. Hati-hati bagi pemilik hewan karena Dracaena bisa beracun bila termakan oleh hewan.

2. Peace lily

Langsung Adem, Ini 5 Tanaman Hias yang Ampuh Menyejukkan Ruanganunsplash.com/Max Williams

Tanaman peace lily memiliki ukuran yang cukup kecil sehingga ideal digunakan sebagai hiasan di meja kerja, meja makan, atau jendela. Peace lily perlu ditempatkan di lokasi yang teduh dan dijaga agar tanah tetap lembap tanpa terlalu banyak air.

Peace lily adalah salah satu tanaman hias dalam ruangan terfavorit karena dapat membantu memurnikan udara dengan menyaring senyawa berbahaya tertentu.

Namun, untuk kamu yang alergi serbuk sari, sebaiknya berhati-hati karena tanaman ini memiliki banyak serbuk sari yang dapat beterbangan dan aroma bunga yang cukup tajam. Tanaman ini juga beracun jika termakan, jadi jauhkan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Baca Juga: 5 Tanaman Ini Jangan Ditaruh Berdekatan, Bakal Saling Merusak!

3. Lidah buaya

Langsung Adem, Ini 5 Tanaman Hias yang Ampuh Menyejukkan Ruanganpexels.com/Cecília Tommasini

Lidah buaya dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan yang serius. Daun tanaman ini mengandung cairan bening yang penuh vitamin, enzim, asam amino, dan senyawa lain yang memiliki sifat penyembuhan luka, antibakteri, dan antiinflamasi.

Selain itu, lidah buaya juga dapat menjadi tanaman yang menyejukkan udara dalam ruangan dengan membersihkan udara dari formaldehida dan benzena.

Sukulen ini akan tumbuh subur di lokasi yang cerah. Kamu bisa menempatkannya di jendela dapur atau bagian lain dari dapur dan langsung memetiknya untuk mengobati luka lecet atau bakar saat memasak.

4. Palem bambu

Langsung Adem, Ini 5 Tanaman Hias yang Ampuh Menyejukkan Ruangangardeningknowhow.com

Palem bambu tumbuh subur dengan cahaya yang cukup dan jauh dari angin dingin. Tanaman ini juga dapat membawa suasana yang asri di dalam ruangan. Meskipun palem bambu dapat tumbuh mencapai ketinggian 3,4 meter, pertumbuhannya lambat sehingga masih bisa ditaruh selama beberapa tahun di rumah sebelum dipindahkan ke luar.

Palem bambu menjadi titik fokus yang sempurna di ruang keluarga mana pun. Daunnya yang melengkung dan anggun merupakan pembersih udara yang bagus di sekeliling ruangan karena menghilangkan formaldehida dari udara.

5. Spider plant

Langsung Adem, Ini 5 Tanaman Hias yang Ampuh Menyejukkan Ruanganunsplash.com/Lucian Alexe

Bagi pemula dalam bidang houseplant, spider plant merupakan pilihan yang tepat untukmu karena tanaman ini sangat tangguh. Selain itu, spider plant juga mampu melawan racun di dalam ruangan, termasuk karbon monoksida dan xylene, pelarut yang digunakan dalam industri percetakan dan karet.

Spider plant juga cocok untuk kamu yang memiliki hewan peliharaan karena tidak beracun bagi hewan.

Itulah sederet tanaman yang ampuh untuk menyejukkan ruangan. Dengan demikian, ruangan akan jadi makin nyaman, dan kamu pun makin bersemangat!

Baca Juga: 9 Koleksi Tanaman Hias Mira Lesmana, Ada Rhipsalis pilocarpa

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya