5 Teori Aristoteles yang Ternyata Salah Besar, Pernah Percaya?

Ia bahkan percaya Bumi adalah pusat tata surya

Hampir semua orang kenal dengan Aristoteles, tokoh besar yang menyumbang banyak pemikiran hebat bagi ilmu pengetahuan. Aristoteles merupakan murid dari filsuf Yunani kuno yaitu Plato. Aristoteles telah menulis banyak buku mulai dari fisika, biologi, politik, filsafat, kimia, hingga astronomi. Pada zamannya, ini adalah sistem ilmiah terhebat yang pernah dibangun oleh satu orang. Maka tak mengherankan jika dahulu teori Aristoteles banyak dijadikan kiblat bagi ilmu pengetahuan.

Tapi seiring dengan semakin majunya teknologi dan berkembangnya ilmu pengetahuan, banyak ilmuwan yang kemudian membuktikan bahwa ada beberapa teori yang dicetuskan Aristoteles ternyata salah. Seperti lima teori berikut, yang setelah dibuktinya ternyata justru dianggap salah.

1. Secara alami, wanita tercipta sebagai makhluk inferior dan laki-laki adalah superior

5 Teori Aristoteles yang Ternyata Salah Besar, Pernah Percaya?foxnews.com

Aristoteles mengatakan bahwa wanita memiliki gigi lebih sedikit daripada pria. Selain itu, dia juga mengatakan bahwa dibandingkan laki-laki, wanita secara alami merupakan makhluk yang tidak dewasa, kurang, lemah, dan cacat.

Ia juga mengatakan bahwa pria memiliki darah yang lebih panas daripada wanita, memiliki peran yang lebih penting dalam reproduksi, dan umumnya lebih sempurna. Untuk membenarkan teori ini, dia memberikan contoh bahwa apabila laki-laki dipotong alat kelaminnya, maka hal ini tidak akan membuat laki-laki menjadi botak, atau suaranya menjadi pecah, tetapi laki-laki tersebut akan menjadi feminim.

Jadi, kesimpulan dari teori ini, yaitu wanita sebenarnya adalah pria yang dimutilasi, maka dari itu dirinya mengatakan bahwa laki-laki cenderung lebih sempurna daripada wanita.

2. Belut dan beberapa hewan lain tidak melakukan reproduksi, melainkan tercipta dari benda mati

5 Teori Aristoteles yang Ternyata Salah Besar, Pernah Percaya?newscientist.com

Teori salah ini juga dicetuskan Aristoteles ketika ia mengamati belut. Saat ia memotong seekor belut, ia tidak menemukan sperma dan telur seperti yang ia temukan di dalam ikan lain. Dari sana, Aristoteles berkesimpulan bahwa belut tidak melakukan reproduksi. Hewan ini secara spontan dihasilkan dari lumpur.

Tidak cukup sampai di sini, ia juga mengatakan ada beberapa hewan lain, seperti lalat, kutu, tiram, kerang, yang secara spontan dihasilkan dari benda mati. Baru kemudian pada tahun 1668, Francesco Redi seorang ilmuwan Italia, menunjukkan bahwa lalat tidaklah tercipta dari daging busuk, melainkan karena ada lalat lain yang bertelur di atas daging tersebut.

3. Keabadian dunia

5 Teori Aristoteles yang Ternyata Salah Besar, Pernah Percaya?livescience.com

Aristoteles juga menyatakan bahwa alam semesta, termasuk bumi dan seisinya telah ada seperti sekarang sejak zaman dahulu dan akan seperti ini selama-lamanya. Dirinya tidak mempertimbangkan mengenai teori evolusi sama sekali, padahal pada zaman itu para penjelajah telah menemukan fosil hewan-hewan, seperti fosil ikan dan kerang yang ditemukan di gunung ataupun gurun.