Comscore Tracker

Ini Lho Penjelasan Ilmiah Mengapa Kucing Suka Dielus Kepalanya

Bikin gemes ih

Kamu pasti pernah memperhatikan perilaku kucing yang terlihat begitu nyaman ketika bagian kepalanya dielus-elus. Ketika bagian kepalanya dielus-elus kucing menjadi begitu rileks dan tenang. Ternyata ada beberapa alasan mengapa kucing begitu menikmati perlakuan ini lho.

Seorang profesor emeritus di Cummings School of Veterinary Medicine, Universitas Tufts melakukan penelitian terhadap perilaku kucing ini. Nicholas Dodman melalui penelitiannya menemukan beberapa alasan menarik dari perilaku kucing ini.

1. Kucing mengartikan belaian di kepala sebagai bentuk perhatian dan kasih sayang

Ini Lho Penjelasan Ilmiah Mengapa Kucing Suka Dielus Kepalanyabhmpics.com

Seperti dilansir dari Antara, Nicholas Dodman mengatakan bahwa belaian di bagian kepala oleh pemilik diartikan sebagai bentuk perhatian dan kasih sayang. Perlakuan ini membuat kucing merasa nyaman karena merasa diperlakukan dengan baik dan merasa disayangi.

2. Elusan di kepala memantik memori kucing kepada induk mereka yang sering menjilati mereka ketika kecil

Ini Lho Penjelasan Ilmiah Mengapa Kucing Suka Dielus Kepalanyawallpaperscraft.com

Hal lain yang membuat kucing merasa nyaman ketika bagian kepalanya dielus adalah karena tindakan tersebut mengingatkan kucing kepada induk mereka yang menjilati kepala mereka ketika mereka kecil.

Kenangan akan perlakuan induk mereka membuat mereka merasa terlindungi dan dijaga. Ada ikatan emosional yang dirasakan kucing yang mengingatkan mereka kepada masa kecil dan induknya.

3. Bagian kepala tidak terjangkau oleh kucing, belaian dari pemilik di daerah tersebut sabagai bagian dari perawatan

Ini Lho Penjelasan Ilmiah Mengapa Kucing Suka Dielus Kepalanyaconsciousgood.com

Bagian kepala adalah bagian tubuh kucing yang sulit untuk terjangkau oleh tangan, lidah dan kuku kucing. Padahal kucing adalah salah satu jenis binatang yang senang melakukan perawatan terhadap bagian tubuhnya. Belaian dari pemilik di bagian kepala oleh kucing dianggap sebagai salah satu bentuk perawatan.

Perlakuan yang baik terhadap kucing, salah satunya dengan memberi belaian di bagian kepala perlu kamu lakukan terhadap kucing kamu ya. Ini akan berdampak baik bagi kesehatan mental dan fisik kucing milikmu lho.

Eka Supriyadi Photo Verified Writer Eka Supriyadi

Calon teman baik kamu :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya