Comscore Tracker

6 Fakta Menarik Nike, Brand Sport Legendaris Asal Amerika 

Nama Nike diambil dari nama dewi kemenangan Yunani

Siapa yang tidak mengenal Nike? Brand olahraga legendaris asal Amerika Serikat (AS) yang sering mensponsori atlet dan tim olahraga ternama di dunia ini, merupakan salah satu brand olahraga terbesar dan terlaris di dunia yang setiap tahunnya mampu menjual lebih dari 900 juta produk.

Bahkan pada tahun 2018 lalu, Nike masuk ke dalam daftar Fortune 500, sebagai salah satu perusahaan dengan pendapatan tahunan tertinggi di dunia.

Nah, selain fakta-fakta Nike di atas, masih banyak fakta menarik lainnya seputar Nike, yang sangat sayang untuk dilewatkan. Yuk, simak ulasannya berikut ini!  

1. Brand Nike didirikan oleh seorang atlet dan pelatihnya

6 Fakta Menarik Nike, Brand Sport Legendaris Asal Amerika hin.vaastuyogam.com

Brand Nike didirikan oleh seorang atlet atletik bernama Phil Knight, dan pelatihnya yaitu Bill Bowerman pada tahun 1964. Sebelum dikenal dengan nama Nike, brand olahraga tersebut bernama Blue Ribbon Sport (BRS). Namun pada tahun 1971, brand olahraga yang terkenal dengan slogan "Just Do It" ini, berganti nama menjadi Nike, yang merupakan nama dari dewi kemenangan Yunani.

Produk olahraga yang diproduksi dan dijual Nike yaitu meliputi sepatu olahraga, pakaian atletik, aksesori, dan peralatan olahraga. Markas Nike berada di dekat Beaverton, Oregon, yang termasuk dalam kawasan metropolitan Portland. 

2. Logo Nike didesain oleh mahasiswa Portland State University

6 Fakta Menarik Nike, Brand Sport Legendaris Asal Amerika maxmanroe.com

Logo Nike yaitu swoosh dirancang oleh seorang mahasiswa dari Portland State University, yaitu Carolyn Davidson. Untuk rancangannya pada brand olahraga ternama tersebut, Carolyn Davidson mendapatkan honor sebesar $ 35, serta juga mendapatkan lebih dari $ 64.0000 produk Nike. Selain itu, Pill Knight juga memberikan cincin berlian dengan logo Nike pada mahasiswa tersebut. 

3. Mengakuisisi beberapa perusahaan pakaian dan alas kaki

6 Fakta Menarik Nike, Brand Sport Legendaris Asal Amerika korodur.de

Untuk melebarkan jaringan bisnisnya, Nike Mengakuisisi beberapa perusahaan pakaian dan juga alas kaki. Perusahaan pertama yang diakuisisi oleh Nike yaitu perusahaan sepatu kelas atas bernama Cole Haan. Setelah mengakuisisi perusahaan sepatu tersebut pada tahun 1988, Nike mengakuisisi Bauer Hockey pada tahun 1994.

Proses akuisisi berlanjut pada perusahaan lainnya yaitu Hurley International pada tahun 2002, dan Converse pada tahun 2003. Setelah mengakuisisi kedua perusahaan tersebut, Nike mengakuisisi Starter di tahun 2004, dan Umbro pada tahun 2008. 

Baca Juga: Nike Rilis Jilbab untuk Atlet Muslim, Sporty namun Tetap Islami

4. Atlet pertama yang bekerja sama dengan Nike adalah Illie Nastase, pemain tenis dari Rumania

6 Fakta Menarik Nike, Brand Sport Legendaris Asal Amerika irishtimes.com

Nike dikenal sebagai brand olahraga yang banyak bekerja sama dengan atlet dan tim olahraga ternama dunia, salah satunya yaitu Michael Jordan, yang merupakan salah satu pemain terbaik NBA (National Basketball Association). Nah, atlet yang pertama kali bekerja sama dengan Nike, adalah pemain tenis dari Rumania yaitu Illie Nastase. Illie Nastase bekerja sama dengan mempromosikan produk Nike mulai tahun 1972.

5. Iklan Nike mendapatkan perhargaan di Festival Periklanan Cannes dan Emmy Award

6 Fakta Menarik Nike, Brand Sport Legendaris Asal Amerika slate.fr

Nike pertama kali mengiklankan produknya pada tahun 1982. Di tahun 1982, Nike beriklan sebanyak tiga kali di TV Nasional, dengan menggunakan agensi periklanan yang dibentuk oleh Wieden+Kennedy (W+K).

Iklan Nike mendapatkan respons positif dan berhasil mendapatkan perhargaan dari Festival Periklanan Cannes sebagai iklan terbaik pada tahun 1994 dan 2003. Selain itu, Nike juga dua kali mendapatkan penghargaan dari Emmy Award sebagai iklan komersial terbaik pada tahun 2000 dan 2002.

6. Nike juga memproduksi sepatu untuk film Hollywood

6 Fakta Menarik Nike, Brand Sport Legendaris Asal Amerika spotern.com

Nike tak hanya memproduksi sneakers atau sepatu untuk aktivitas sehari-hari, namun juga memproduksi sepatu untuk film Hollywood. Sepatu boot Bat yang digunakan Batman di filmnya yang pertama, diciptakan oleh Tinker Hatfield, perancang sepatu Nike. Selain itu, Nike juga menciptakan sepatu hoverboarding untuk film Back to the Future: Part II. 

Nah, itulah ulasan enam fakta tentang Nike yang menarik, brand olahraga legendaris asal Amerika. Tertarik untuk mengoleksi brand Nike guys?

Baca Juga: Nike Rilis Sepeda Limited Edition untuk Rayakan Pride Parade

eliza ustman Photo Community Writer eliza ustman

'Menulislah dengan hati, maka kamu akan mendapatkan apresiasi yang lebih berarti'

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan
  • Septi Riyani

Just For You