Comscore Tracker

Munchkin: Jenis Kucing Berkaki Pendek yang Imutnya Gak Santai

Ampuh melelehkan hatimu

Kucing Munchkin sangat mudah dikenali. Kucing ini memiliki kaki yang pendek dibanding kucing yang lainnya. Karena kakinya yang pendek, Munchkin menjadi salah satu ras kucing terkecil di dunia. Selain kakinya yang pendek, Munchkin memang memiliki wajah yang imut. Maka tak heran banyak orang yang menyukai kucing mungil ini. Lalu, keistimewaan apa saja yang dimiliki kucing unch ini? Let's get closer with Munchkin!

1. Berasal dari Amerika Serikat

Munchkin: Jenis Kucing Berkaki Pendek yang Imutnya Gak SantaiKucing munchkin bernama Pooky (instagram.com/littlemunchiepooky)

Pada tahun 1944, H.E. Williams mengemukakan adanya ras kucing dengan ciri khas kaki pendek yang hidup liar di Inggris. Ras kucing itu hidup dengan sehat dan gerakaannya seperti musang. Namun, kucing-kucing tersebut menghilang saat Perang Dunia II.

Kucing Munchkin ini adalah keturunan kucing yang tak sengaja ditemukan seorang guru musik di Louisina, Amerika Serikat, pada tahun 1983. Sandra Hochenedel, guru musik ini, memungut kucing yang tengah hamil dan mendapatkan separuh dari jumlah anak-anak kucing terlahir dengan kaki pendek. Dia kemudian memberikan salah satu anak kucing kepada temannya.

2. Mungil dan menggemaskan

Munchkin: Jenis Kucing Berkaki Pendek yang Imutnya Gak SantaiKucing munchkin (dok. Shutterstock/Linn Currie)

Kucing ini sebenarnya sama dengan jenis kucing lain, hanya saja kaki bagian belakang akan lebih panjang dibandingkan kaki bagian depan. So, mungkin kucing ini akan terlihat sedikit membungkuk. Munchkin jantan rata-rata memiliki berat 3-4 kg, sementara betina memiliki berat 2-3,6 kg. Mereka bisa memiliki bulu pendek atau panjang dengan berbagai warna.

3. Merupakan kucing yang ramah

Munchkin: Jenis Kucing Berkaki Pendek yang Imutnya Gak SantaiKucing munchkin bernama Pooky (instagram.com/littlemunchiepooky)

Bisa dibilang, Munchkin memiliki sifat yang ramah pada pemiliknya maupun orang lain. Selain ramah, Munchkin dikenal sebagai kucing yang manja. Kucing Munchkin juga suka bermain dan sangat lincah. 

Baca Juga: Inilah 10 Jenis Kucing yang Punya Harga Paling Mahal di Dunia

4. Kaki pendeknya menjadi kontroversi

Munchkin: Jenis Kucing Berkaki Pendek yang Imutnya Gak SantaiKucing munchkin bernama Myuuu (instagram.com/myuuuuchan_1116)

Kaki pendek kucing Munchkin berasal dari gen dominan autosom. Bobogrid melansirkan pada lamannya bahwa gen dominan autosom membuat tulang di kaki kucing tumbuh lebih pendek dari ukuran biasanya.Mutasi genetik ini terjadi secara alami dan bukan karena sengaja dibuat.

Namun, kondisi genetik ini bisa berbahaya bagi keturunan kucing munchkin. Karena jika kucing munchkin mendapatkan dua gen dominan autosom dari ayah dan ibunya, ia tidak bisa bertahan hidup.Karenanya, jarang ada kucing munchkin yang dipasangkan dengan sesama kucing munchkin.

5. Sehat

Munchkin: Jenis Kucing Berkaki Pendek yang Imutnya Gak SantaiKucing munchkin bernama Pooky (instagram.com/littlemunchiepooky)

Walaupun kaki pendeknya ramai menjadi kontroversi, kucing Munchkin sama sehatnya seperti kucing lain. Memang benar jika anak kucing Munchkin rentan menderita gangguan tulang belakang, namun jenis gangguan ini juga dapat dialami oleh kucing lain. Tentu saja masalah kesehatan kucing Munchkin dapat dicegah dengan menjaganya tetap sehat dan memberikan perawatan yang terbaik.

Nah, itulah 5 fakta menarik tentang kucing Munchkin, si kucing imut berkaki pendek. Bagaimana? Apakah kalian tertarik untuk memeliharanya?

Baca Juga: Kenalan dengan 5 Spesies Kucing Liar Terimut, Bikin Gemas!

Ellora Photo Writer Ellora

Don't cry, you're the best

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya