Comscore Tracker

7 Cara Ampuh Ini Mampu Menghentikan Anjing Menggonggong

Perintah yang tepat akan membuat anjing diam

Kamu suka menemui anjing yang tiba-tiba menggonggong? Apakah kamu merasa takut atau ingin berupaya menenangkan anjing tersebut?

Menurut laman Pet Life Today, salah satu cara untuk menenangkannya dengan tidak berteriak. Itu karena anjing akan menganggap kamu ikut menggonggong seperti dirinya. Lantas, gimana cara menghentikannya? Dilansir laman Humane Society dan WebMD, simak tujuh cara menghentikan anjing menggonggong.

1. Dekati dan ajak dia ke suatu tempat

7 Cara Ampuh Ini Mampu Menghentikan Anjing MenggonggongPexels/Laura Stanley

Anjing memiliki kepekaan terhadap orang asing atau benda yang baru dikenalnya. Ketika berada di luar rumah dan bertemu dengan orang yang tak dikenal, ia akan menggonggong. 

Cara untuk membuatnya berhenti dengan menghindari berteriak memanggil namanya. Kamu hanya perlu mendekatinya. Kemudian, usap kepalanya lalu mencoba mengarahkannya untuk mengikutimu. Ajaklah dia masuk ke dalam rumah. Beri dia sesuatu yang disenangi. 

Jika merasa kesepian, mereka akan menggonggong. Makanya, jangan terlalu sering meninggalkannya sendirian. 

2. Halangi pandangan dengan makanan kesukaannya

7 Cara Ampuh Ini Mampu Menghentikan Anjing MenggonggongPexels/Kasuma

Dilansir laman Humane Society, anjing yang sedang menggonggong bisa disebabkan karena dia lapar. Itu karena gonggongan merupakan ungkapan jika ia meminta makanan. Ciri mereka lapar yaitu gonggongannya tidak terlalu keras dan ada jeda di sela-sela dia menggonggong.

Ketika anjing menggonggong di area halaman rumah, ajaklah dia masuk ke dalam dan tutup tirai supaya ia tidak menggonggong kembali. Lalu, kamu bisa membawakan makanan kesukaannya. Berikan kepadanya di sela-sela ia berhenti menggonggong.

Taruhlah makanan lezat di hidungnya. Hal itu bertujuan memberikan apresiasi ketika ia bisa diam. Ulangi hal tersebut sampai ia benar-benar tenang. 

3. Buatlah kegiatan rutin agar anjing lelah

7 Cara Ampuh Ini Mampu Menghentikan Anjing MenggonggongPexels/Emre Kuzu

Jika anjing dijadwalkan untuk memiliki sebuah rutinitas tertentu, entah itu melakukan jogging, bermain bola, atau bahkan surfing, akan dapat menolongnya dari kebiasaan menggonggong. 

Ia akan bosan dan merasa lelah jika harus menggonggong. Sebab, fisik dan tenaga sudah terkuras untuk kegiatan yang lain. Namun, hal ini tergantung dari usia dan kesehatan anjing. 

Baca Juga: Selain Kucing dan Anjing, Ini 7 Hewan Unik yang Cocok Jadi Peliharaan Anak-anak!

4. Luangkan waktu untuk bermain

7 Cara Ampuh Ini Mampu Menghentikan Anjing MenggonggongPexels/Guy Kawasaki

Gonggongan anjing itu sebagai alat komunikasi di antara mereka, namun ada juga yang menandakan jika mereka mencari perhatian si pemilik. Jika ia melihatmu mau pergi ke suatu tempat, ia akan terus menggonggong. Itu menandakan kebosanan.

Setelah kamu pergi, ajaklah dia bermain. Karena bagaimana pun juga, anjing memiliki emosional. Mereka butuh diperhatikan. Ajaklah dia jalan-jalan atau tinggalkan beberapa mainan untuknya. 

5. Latih dengan satu kata yang terus berulang untuk menandakan jika itu perintah diam

7 Cara Ampuh Ini Mampu Menghentikan Anjing MenggonggongPexels/Pixabay

Apakah kamu tahu? Caramu berkomunikasi dengan anjing ketika ia menggonggong itu jangan dengan berteriak. Kenapa? Karena gonggongannya akan semakin lama. Sebab, ia berpikir jika kamu juga melakukan hal sama seperti dia.

Cara sederhana untuk membuatnya tenang ialah menempelkan jari telunjukmu di mulut. Setelah itu, ia akan mulai tenang. Nah, selanjutnya, kamu bisa berkata "bicara" untuk menandakan anjing diperbolehkan untuk menggonggong. Ulangi hal ini sampai berkali-kali. Ia akan terus mengingat apa perintah darimu.

6. Bawa anjing peliharaanmu ke dokter jika kamu mencurigai gonggongannya karena sakit

7 Cara Ampuh Ini Mampu Menghentikan Anjing MenggonggongPexels/Pranidchakan Boonrom

Anjing akan selalu menggonggong jika ia merasa kesakitan. Nah, ini terjadi jika kamu menyentuh bagian tubuh dia di area tertentu. Kamu bisa segera membawanya untuk ke dokter hewan. Pemeriksaan lebih awal dapat membantunya. 

Hal ini bisa juga disebabkan karena anjing sudah mengalami penuaan. Mereka akan lebih sering menggonggong ketika usia semakin tua. Bahkan, mereka bisa berjam-jam melakukannya. 

7. Operasi pita suara pada anjing peliharaanmu

7 Cara Ampuh Ini Mampu Menghentikan Anjing Menggonggongmobile.abc.net.au

Dilansir laman The Spruce Petscordectomy adalah prosedur bedah elektif yang melibatkan pengangkatan sebagian pita suara anjing. Dengan begitu, anjing akan kehilangan kemampuannya untuk menggonggong. Hal itu akan membuatnya terdengar lebih tenang dan serak.

Nah, kalau begitu, kamu mau pilih langkah apa untuk menenangkan anjingmu?

Baca Juga: Susah Dibedakan, 8 Hewan Ini Jago Berpura-pura Menjadi Hewan Lain!

Emil Indarwati Photo Community Writer Emil Indarwati

Menciptakan makna lewat tulisan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You