Comscore Tracker

5 Peristiwa Bersejarah yang Masih Diragukan Kebenarannya

Konon berikut faktanya

Sebagai seorang manusia, tentu kita harus belajar sejarah. Karena sejarah membuat kita dapat belajar dari orang-orang terdahulu. Sehingga kita tidak mengulangi masalah yang sama dan menjadi manusia yang lebih baik lagi di kemudian hari.

Tetapi nyatanya tidak semua peristiwa bersejarah memang benar-benar terjadi. Ada beberapa yang masih perlu dikaji ulang kebenarannya. Seperti kelima peristiwa bersejarah di bawah ini yang menurut sejarawan masih abu-abu dan berikut ini faktanya.

1. Bukan tikus yang menyebarkan wabah Black Death

5 Peristiwa Bersejarah yang Masih Diragukan Kebenarannyaforbes.com

Studi terbaru menemukan fakta kemungkinan wabah yang menimpa Eropa di abad 14 bukan dikarenakan tikus. Namun, sejarah sudah mencatat bahwa wabah tersebut yang lebih dikenal dengan Black Death disebarkan oleh tikus.

Menurut ilmuwan dari Universitas Oslo, parasit tersebut lebih memungkinkan dibawa oleh manusia daripada tikus. Menurutnya, wabah tersebut disebarkan melalui kutu dari satu orang ke orang lainnya. Sehingga sampai sekarang penyebab Black Death masih harus dipertanyakan kebenarannya.

2. Nero tidak memainkan biola saat Roma terbakar

5 Peristiwa Bersejarah yang Masih Diragukan Kebenarannyatimothypaul.com

Dalam sejarah dituliskan jika kaisar Nero sedang menggesekkan biolanya selagi Roma terbakar. Namun faktanya Nero bahkan tidak berada di Roma saat kejadian. Ia sedang berada di Antium, sekitar 30 mil dari Roma.

Biola sendiri belum ada di masa tersebut. Meski Nero seorang musisi, ia memainkan alat musik sejenis harpa bukan biola. Sehingga peristiwa bersejarah ini masih abu-abu sampai sekarang.

Baca Juga: 6 Fakta di Balik Peristiwa Sejarah yang Lucu dan Tak Terduga

3. Apel tidak jatuh mengenai kepala Isaac Newton

5 Peristiwa Bersejarah yang Masih Diragukan Kebenarannyaredbubble.com

Sejak menduduki bangku sekolah tentu kita tidak asing dengan kisah Isaac Newton dan gaya gravitasi. Diceritakan Newton mendapat pencerahan saat apel jatuh mengenai kepalanya. Padahal sebenarnya tidak demikian.

Dalam biografi Isaac Newton yang ditulis oleh temannya, William Stukeley di tahun 1792. Dituliskan bahwa Apel jatuh ketika Isaac sedang berkontemplasi di bawah pohon apel. Sehingga belum tentu apel tersebut jatuh mengenai kepalanya.

4. Benjamin Franklin bukan penemu aliran listrik

5 Peristiwa Bersejarah yang Masih Diragukan Kebenarannyanewsela.com

Benjamin Franklin dianggap sebagai penemu aliran istrik karena hipotesisnya mengenai kilat sebagai bentuk dari listrik. Franklin menuliskan di Pennsylvania Gazette mengenai keberhasilan eksperimen layang-layang terbang di udara yang menjadi asal aliran listrik. Namun, dia tidak menuliskan eksperimen itu ia lakukan sendiri.

Baru setelah 15 tahun kemudian, ilmuwan bernama Joseph Priestly lalu menunjukkan bagaimana eksperimen yang diterangkan oleh Benjamin Franklin. Kira-kira menurutmu Benjamin Franklin menuliskan hasil eksperimennya sendiri atau orang lain, nih?

5. Maria Antoinette tidak mengatakan "Biarkan mereka memakan kue"

5 Peristiwa Bersejarah yang Masih Diragukan Kebenarannyawikimediacommons.com

Terdapat frasa terkenal yang konon menurut sejarah dikatakan oleh Maria Antoinette. "Let them eat cake" atau "Biarkan mereka memakan kue" ada karena pada masa itu rakyat biasa tidak diperbolehkan memakan sesuatu yang manis seperti kue. Namun seseorang yang mengatakan frasa ini belum diketahui kebenarannya.

Frasa ini pertama kali muncul di buku autobiografi milik Jean-Jacques Rousseau pada 1767. Sedangkan pada tahun itu, Maria Antoinette masih belia sehingga tidak memungkinkan ia yang mengatakan frasa tersebut.

Itulah 5 peristiwa bersejarah yang masih perlu diragukan kebenarannya. Kira-kira tanggapanmu bagaimana, nih?

Baca Juga: 10 Penemuan Zaman Dahulu yang Masih Menyisakan Misteri Hingga Kini

Emma Kaes Photo Community Writer Emma Kaes

Welcome to my alter ego

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You