Comscore Tracker

5 Hal yang Terjadi Jika Air Asin di Laut Berubah Menjadi Tawar

Hilangnya air asin bisa bikin bencana lho!

Air tawar adalah sumber daya terbatas yang sangat penting bagi manusia. Permintaan selalu meningkat setiap tahunnya. Dengan cadangan air tawar yang kian terbatas, persediaan air bersih akan semakin berkurang.

Namun, bagaimana jika kita tak perlu khawatir dengan persediaan air tawar? Bagaimana seandainya jika air asin di laut hilang dan berubah menjadi air tawar? Apa yang akan terjadi? Simak di bawah ini ya!

1. Spesies air asin akan musnah

5 Hal yang Terjadi Jika Air Asin di Laut Berubah Menjadi Tawarpixabay.com/joakant

Jika air asin hilang dari laut dan berganti menjadi tawar, maka spesies air asin akan musnah. Ikan-ikan terhidrasi dengan minum air asin akan mati dan punah seketika. Meski tak semua, bayangkan berapa banyak spesies yang akan mati karena habitat mereka hilang.

2. Hilangnya separuh oksigen bumi

5 Hal yang Terjadi Jika Air Asin di Laut Berubah Menjadi Tawarpixabay.com/Eelffica

Dengan hilangnya air asin dari laut, maka tumbuhan laut seperti alga juga akan mati. Ternyata, alga bawah laut menyumbang separuh proses fotosintesis yang terjadi di bumi. Jika alga ini mati, otomatis separuh oksigen bumi yang dihasilkan alga akan hilang dan manusia akan kesulitan untuk hidup.

3. Meningkatnya efek rumah kaca

5 Hal yang Terjadi Jika Air Asin di Laut Berubah Menjadi Tawarpixabay.com/LeutherCommerce

Dengan hilangnya separuh proses fotosintesis, maka karbondioksida yang ada di bumi juga akan meningkat. Alhasil, efek rumah kaca di bumi akan semakin meningkat dan bumi semakin panas. Jika ini terjadi, beberapa wilayah di bumi akan terlalu panas untuk ditinggali manusia.

Baca Juga: 5 Proses yang Menyebabkan Air Laut Terasa Asin

4. Perubahan iklim drastis

5 Hal yang Terjadi Jika Air Asin di Laut Berubah Menjadi Tawarpixabay.com/Comfreak

Jika efek rumah kaca meningkat sangat drastis, maka akan terjadi perubahan cuaca yang sangat ekstrem di bumi. Cuaca akan menjadi sangat sulit ditebak dan bencana alam akan makin sering terjadi. Contoh dari bencana ini adalah, angin topan yang sangat besar dan mematikan, badai salju yang tak berkesudahan, atau cuaca yang terlalu panas.

5. Hilangnya sumber makanan

5 Hal yang Terjadi Jika Air Asin di Laut Berubah Menjadi Tawarpixabay.com/PublicDomainPictures

Kemudian, dengan perubahan cuaca ekstrem dan bencana di mana-mana, manusia akan kehilangan suplai makanan. Cuaca tak akan lagi mendukung manusia untuk bercocok tanam maupun beternak. Pada akhirnya, umat manusia akan kelaparan dan ikut musnah.

Nah itu dia lima hal yang akan terjadi jika air asin di laut berubah menjadi air tawar. 

Baca Juga: Air Laut Surut dan Gempa Berturut-turut adalah Pertanda Besar Tsunami!

Evan Yulian Philaret Photo Community Writer Evan Yulian Philaret

A language enthusiast and caffeine addict

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You