Comscore Tracker

Kacau, Ini 5 Hal yang Terjadi Jika Oksigen Menghilang Selama 5 Detik

Bangunan langsung amblas loh!

Oksigen adalah gas yang sangat penting bagi umat manusia. Selain digunakan untuk pernapasan, oksigen juga banyak berperan dalam keseharian kita.

Lalu, apa jadinya jika oksigen hilang selama 5 detik? Mungkin, kita bisa bertahan dengan menahan napas namun, ternyata banyak hal mengerikan yang akan terjadi jika oksigen hilang. Apa saja efek tersebut? Simak di bawah ya!

1. Bangunan runtuh seketika

Kacau, Ini 5 Hal yang Terjadi Jika Oksigen Menghilang Selama 5 Detikpixabay.com/Tama66

Semua bangunan yang terbuat dari beton akan hancur. Hal ini dikarenakan oksigen adalah faktor pengikat dari beton. Tanpa oksigen, maka beton hanyalah sebuah debu. Semua bangunan, rumah, bendungan, dan lainnya akan seketika rata dengan tanah.

2. Hilangnya Api

Kacau, Ini 5 Hal yang Terjadi Jika Oksigen Menghilang Selama 5 Detikpixabay.com/BWP135

Api tak akan hadir tanpa oksigen. Ya, proses pembakaran memerlukan oksigen. Semua kendaraan bermotor akan seketika berhenti karena tak ada proses pembakaran. Kendaraan di darat akan saling bertabrakan. Kapal-kapal akan terhenti di tengah samudra. Paling parah adalah pesawat di udara yang akan jatuh seketika karena mati mesin.

3. Terbakar saat berjemur

Kacau, Ini 5 Hal yang Terjadi Jika Oksigen Menghilang Selama 5 Detikpixabay.com/Free-Photos

Jika kamu sedang berada di luar rumah dan terpapar sinar matahari, maka kulitmu akan terbakar sinar matahari. Hal ini dikarenakan hilangnya lapisan ozon yang melindungi kita dari sinar UV. Jika kamu sedang berjemur di pantai, maka efek terbakar ini akan semakin parah.

Baca Juga: 5 Fakta Tentang Oksigen, Ada di Luar Angkasa Juga Lho! 

4. Besi-besi yang tiba-tiba melekat

Kacau, Ini 5 Hal yang Terjadi Jika Oksigen Menghilang Selama 5 Detikpixabay.com/8786212

Besi-besi yang tergeletak akan tiba-tiba menyatu jika oksigen hilang. Hal ini dikarenakan adanya lapisan oksidasi yang mencegah besi agar tak menyatu. Jika lapisan itu hilang, maka besi akan seketika menyatu satu dengan yang lain.

5. Rontoknya kerak bumi

Kacau, Ini 5 Hal yang Terjadi Jika Oksigen Menghilang Selama 5 Detikpixabay.com/PublicDomainPictures

Efek paling parah adalah rontoknya kerak bumi. Hal ini terjadi karena kerak bumi terdiri dari 45 persen oksigen. Jika oksigen hilang, kerak bumi akan remuk dan tak mampu mempertahankan bangunan di atasnya. Kitapun akan amblas ke bawah bersama dengan pasir dan material lainnya.

Nah itu dia 5 hal mengerikan yang terjadi jika oksigen hilang walaupun hanya 5 detik. Jadi, semoga saja oksigen tak pernah hilang ya!

Baca Juga: 5 Fakta Tentang Oksigen, Ada di Luar Angkasa Juga Lho! 

Evan Yulian Philaret Photo Community Writer Evan Yulian Philaret

A language enthusiast and caffeine addict

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You