Comscore Tracker

[INFOGRAFIS] Si Pengukur Gempa: Mengenal Lebih Jauh Skala Richter

Pasti selama ini cuma sekadar tahu kan?

Lombok, Nusa Tenggara Barat mengalami gempa berkekuatan 7,0 Skala Richter (SR), yang terjadi pada pukul Minggu (5/8) pukul 18.46 WIB. Sempat terjadi peringatan tsunami agar warga waspada, tapi untungnya tidak sampai terjadi, hanya setinggi 10-13 cm yang menyentuh daratan. Gempa ini bahkan bisa terasa hingga ke Sidoarjo dan Malang, menurut pernyataan masyarakat di daerah yang bersangkutan.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa terjadi di titik koordinat 8.37 Lintang Selatan dan 116.48 Bujur Timur, serta kedalaman 15 Km. Terdapat sejumlah korban jiwa dan kerusakan di beberapa daerah di Lombok. Namun, di balik kekuatan gempa tersebut, tahukah kamu tentang skala Richter yang sering digunakan untuk menyatakan satuan kekuatan gempa? Berikut ini penjelasan selengkapnya!

1. Richter, penemu skala asal AS

[INFOGRAFIS] Si Pengukur Gempa: Mengenal Lebih Jauh Skala Richterthoughtco.com

Orang pertama yang menemukan satuan skala ini adalah Charles Francis Richter. Ilmuwan asal Amerika Serikat ini lahir pada tahun 1900. Pada usia 35 tahun, ia menemukan cara mengukur sebuah gempa.

Baca Juga: Ini 3 Daerah Terparah Gempa di Lombok, Korban Jiwa dan Materiil

2. Selain Richter, ada beberapa skala pengukuran gempa

[INFOGRAFIS] Si Pengukur Gempa: Mengenal Lebih Jauh Skala RichterIDN Times/Fitang Adhitia

Meski saat ini Richter menjadi skala yang paling sering digunakan, namun sebenarnya ada beberapa skala lain yang pernah dibuat untuk mengukur kekuatan gempa, seperti Mercalli, Volcanic Explosivity Index (VEI).

3. Gempa terbesar yang pernah tercatat adalah 9,5 skala Richter

[INFOGRAFIS] Si Pengukur Gempa: Mengenal Lebih Jauh Skala RichterIlustrasi oleh Rappler

Gempa terbesar yang pernah tercatat dalam sejarah pernah terjadi di Chile pada tahun 1960 dengan skala 9,5 Richter. Gempa itu membuat sebanyak 1655 orang tewas dan menimbulkan Tsunami. Gelombang Tsunami yang disebabkan gempa di Chile saat itu juga menewaskan puluhan orang di Jepang, Hawaii, dan Filipina.

[INFOGRAFIS] Si Pengukur Gempa: Mengenal Lebih Jauh Skala RichterIDN Times/Sukma Shakti

Baca Juga: Gempa Lombok, Presiden Jokowi Sampaikan Duka Mendalam

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono
  • Yogie Fadila

Just For You