Comscore Tracker

Biadab, Ini 7 Pembantaian Massal Terparah Sepanjang Sejarah!

Ketika nyawa manusia tak ada harganya!

Genosida atau genosid (Bahasa Inggris: genocide) adalah sebuah pembantaian besar-besaran secara sistematis terhadap satu suku bangsa atau sekelompok suku bangsa dengan maksud memusnahkan atau (membuat punah) bangsa tersebut.

Sepanjang sejarah manusia, telah banyak terjadi genosida di berbagai belahan bumi. Beberapa diantaranya merupakan perbuatan brutal manusia terparah sepanjang masa. Berikut daftarnya.

1. The Holocaust (1941-1945)

Biadab, Ini 7 Pembantaian Massal Terparah Sepanjang Sejarah!cdni.rbth.com

Holokaus, dikenal pula sebagai Shoah, adalah genosida terhadap kira-kira enam juta penganut Yahudi Eropa selama Perang Dunia II, suatu program pembunuhan sistematis yang didukung oleh negara Jerman Nazi, dipimpin oleh Adolf Hitler, dan berlangsung di seluruh wilayah yang dikuasai oleh Nazi.

2. The Holodomor (1932-1933)

Biadab, Ini 7 Pembantaian Massal Terparah Sepanjang Sejarah!dailymail.co.uk

Holodomor adalah peristiwa pembunuhan dan kelaparan massal pada 1932-1933 di Ukraina. Hampir 7 juta jiwa mati kelaparan akibat rezim tirani Uni Soviet yang mengamalkan dasar Josef Stalin dengan tujuan menghapus semangat kebangsaan rakyat Ukraina.

3. Armenian Genocide (1915-1917)

Biadab, Ini 7 Pembantaian Massal Terparah Sepanjang Sejarah!independent.co.uk

Genosida Armenia, dikenal pula sebagai Pembantaian Armenia dan oleh bangsa Armenia disebut Kejahatan Besar, adalah pemusnahan sistematik oleh Utsmaniyah terhadap penduduk minoritas Armenia di tanah air mereka di kawasan yang kini menjadi Republik Turki.

Baca Juga: Lebih Keji dari Nazi, 5 Fakta Pembantaian Indian oleh Bangsa Eropa

4. Cambodian Genocide (1975-1979)

Biadab, Ini 7 Pembantaian Massal Terparah Sepanjang Sejarah!engenocide.org

Di Kamboja, sebuah genosida dilakukan oleh rezim Komunis Khmer Merah yang dipimpin oleh Pol Pot antara 1975 dan 1979. Semua tahanan kebanyakan adalah loyalis dari rezim sebelumnya, aktivis, serta semua keluarga mereka. Setidaknya terdapat ribuan orang tak bersalah yang ditahan dan disiksa di tempat ini.

5. Rwandan Genocide (1994)

Biadab, Ini 7 Pembantaian Massal Terparah Sepanjang Sejarah!nyt.com

Genosida Rwanda adalah sebuah pembantaian 800.000 suku Tutsi dan Hutu moderat oleh sekelompok ekstremis Hutu yang dikenal sebagai Interahamwe yang terjadi dalam periode 100 hari pada tahun 1994. Rwanda sendiri adalah sebuah negeri berpenduduk 7,4 juta jiwa dan merupakan negara terpadat di Afrika Tengah.

6. Zunghar Genocide (1755-1758)

Biadab, Ini 7 Pembantaian Massal Terparah Sepanjang Sejarah!wikimedia.org

Genosida Zunghar adalah pemusnahan massal suku Zunghar oleh Dinasti Qing. Kaisar Qianlong memerintahkan genosida ini untuk menghukum pemimpin Zunghar Amursana karena telah memberontak melawan Qing setelah Dinasti Qing berhasil menaklukkan Kekhanan Zunghar dengan bantuan Amursana.

7. Circassian Genocide (1864-1867)

Biadab, Ini 7 Pembantaian Massal Terparah Sepanjang Sejarah!trtworld.com

Genosida Sirkasia merujuk pada emigrasi dan pengusiran etnis Adighe secara besar-besaran dari Sirkasia pada akhir abad ke-19. Etnis Adighe merupakan penduduk asli wilayah Sirkasia, dan mereka diberangus dari tanah air mereka setelah Rusia berhasil memenangkan Perang Rusia-Circassia. Pengusiran dilancarkan sebelum perang berakhir pada tahun 1864, dan diselesaikan pada tahun 1867. Etnis-etnis yang terusir tidak hanya etnis Adighe, tetapi juga Ubykh Abkhaz, dan Abaza.

Begitulah sedikit gambaran kekejaman manusia dalam sejarah. Semoga informasi di atas bisa menambah wawasan kalian serta menambah rasa syukur hidup aman dan tentram, ya.

Baca Juga: Pembantaian Masal, Mantan Tentara Guatemala Divonis Penjara 5160 Tahun

Fajar Cahyono Photo Community Writer Fajar Cahyono

Wisdom is the limit.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You