Comscore Tracker

5 Negara Prorupted yang Perlu Kamu Tahu, Punya Bentuk Geografis Unik

Daerah ujung yang kaya tetapi sulit dijangkau

Setiap negara memiliki bentuk yang unik, termasuk bentuknya secara geografis. Kamu pun bisa melihatnya melalui peta dunia yang menunjukkan batas-batas negara.

Melansir Open Geography, negara berbentuk prorupted merupakan bentuk negara yang hampir kompak, namun, memiliki bagian yang memanjang lebih besar dari bagian batas lainnya. Beberapa negara dengan bentuk ini memiliki akses lebih ke sumber daya tertentu, seperti badan air yang lebih besar.

Ingin tahu lebih lanjut negara mana saja yang tergolong negara prorupted? Yuk, langsung simak ulasannya!

1. Thaliand

5 Negara Prorupted yang Perlu Kamu Tahu, Punya Bentuk Geografis Unikilustrasi peta Thailand (dok. Google/Google Maps)

Thailand menjadi salah satu negara di Asia Tenggara yang berbentuk prorupted. Kamu bisa melihatnya dengan mudah melalui peta. Daerah di pusat dan bagian utara Thailand meluas dan seolah berbentuk kompak. Sedangkan, bagian selatan memanjang hingga perbatasan Malaysia.

Provinsi Yala menjadi wilayah paling selatan Thailand yang berbatasan langsung dengan Negara Bagian Perak, Malaysia. Selain itu, taman nasional di kedua wilayah pun saling berdekatan, lho. Ada Taman Nasional Banglan (Thailand) dan Royal Belum State Park (Malaysia).

Bentuk prorupted cukup memudahkan Thailand mengakses wilayah laut. Provinsi di bagian selatan Thailand berbatasan dengan Laut China Selatan, Laut Andaman, dan Selat Malaka. Hal tersebut menjadikannya daerah strategis dan memiliki keindahan alam yang memesona, salah satunya Phuket.

2. Myanmar

5 Negara Prorupted yang Perlu Kamu Tahu, Punya Bentuk Geografis Unikilustrasi peta Myanmar (dok. Google/Google Maps)

Masih bertetangga dengan Thailand, Myanmar pun memiliki bentuk prorupted yang memanjang di bagian selatan. Sungai Kra Buri menjadi perbatasan alami antara Myanmar dan Thailand. Di sekitar sungai tersebut tersebar gugusan pulau yang menghadap ke Laut Andaman.

Dilansir Tourism Thailand, sungai tersebut juga termasuk bagian dari Taman Nasional Lamnam Kra Buri (Thailand). Di sana ada pula hutan mangrove yang berperan penting untuk lingkungan. Selain itu, terdapat gardu pandang untuk melihat pulau-pulau di sekitarnya, termasuk Myanmar.

Gak jauh dari aliran sungai, terdapat pemukiman penduduk Myanmar dengan fasilitas yang cukup lengkap. Bahkan, di hilir sungai ada Pagoda Pyo Daw Aye dan Kuil Nagayone. Pulau-pulau di sekitarnya pun memiliki nilai sejarah sebab pernah menjadi benteng pertahanan tentara Jepang selama Perang Dunia II.

Baca Juga: 5 Fakta Tentang Laos, Negara Tetangga yang Tak Memiliki Akses Laut!

3. Namibia

5 Negara Prorupted yang Perlu Kamu Tahu, Punya Bentuk Geografis Unikilustrasi peta Namibia (dok. Google/Google Maps)

Beralih ke Benua Afrika, ada Namibia yang memiliki bentuk prorupted dengan bagian timur yang memanjang. Sedangkan, bagian barat tampak kompak dengan garis pantai yang memanjang dari utara ke selatan. Sepanjang garis pantai tersebut menghadap langsung ke Samudera Atlantik Selatan.

Bagian timur Namibia yang memanjang dari barat ke timur, berbatasan dengan Angola dan Zambia di sebelah utara, Zimbabwe sebelah timur, dan Botswana di sebelah selatan. Wilayah ini menjadi sebagian besar menjadi kawasan konservasi dan taman nasional di Namibia dan negara sekitarnya.

Kawasan Konservasi Kasika menjadi bagian paling timur Namibia. Kawasan ini dilalui oleh Sungai Zambesi yang terhubung dengan Danau Kariba. Selain itu, terdapat Sungai Chobe yang juga melalui Kawasan Konservasi Salambala dan Taman Nasional Nkasa Rupara.

4. Afghanistan

5 Negara Prorupted yang Perlu Kamu Tahu, Punya Bentuk Geografis Unikilustrasi peta Afganistan

Negara berbentuk prorupted selanjutnya adalah Afghanistan. Memang daerah yang memanjang di sini tidak seperti ketiga negara sebelumnya. Kondisi geografisnya pun berbeda karena di Afghanistan lebih terjal dan bersalju.

Wakhan menjadi daerah perbatasan yang terletak di bagian timur laut Afghanistan. Wilayah tersebut berbatasan langsung dengan China dan menjadi pemisah antara Tajikistan dan Pakistan.

Meski bagian timur laut Afghanistan berupa pegunungan terjal, tapi mengalir lembahnya dialiri sungai. Bahkan, terdapat Danau Zorkul yang terletak di Pegunungan Pamir dan termasuk kawasan perbatasan antara Afghanistan dan Tajikistan.

5. Republik Demokratik Kongo

5 Negara Prorupted yang Perlu Kamu Tahu, Punya Bentuk Geografis Unikilustrasi peta Republik Kongo (dok. Google/Google Maps)

Satu lagi, nih, negara berbentuk prorupted, Republik Demokratik Kongo. Ada dua wilayah berbentuk memanjang di negara ini, yakni bagian tenggara dan barat. Masing-masing wilayah tersebut difungsikan sebagai cagar alam dan hutan nasional.

Bagian tenggara berbatasan dengan Zambia di Sungai Luapula dan terdapat Cagar Alam Demalisques de Leshwe. Sedangkan, pada bagian barat paling ujung berbatasan dengan Angola di Sungai Kongo dan Samudera Atlantik Selatan.

Ibu kota Republik Demokratik Kongo, Kinshasa, terletak tidak jauh dari daerah aliran Sungai Kongo. Meski memiliki garis pantai yang cukup pendek, tapi negara ini dialiri beberapa sungai besar.

Sekarang kamu udah tahu, kan, negara mana saja yang berbetuk prorupted? Daerah yang memanjang di negara berbentuk prorupted kerap kali cukup sulit dijangkau. Selain itu, kawasan ini rawan menjadi "rebutan" ketika terjadi konflik dengan negara yang berbatasan.

Baca Juga: 9 Fakta Negara Chad, Negara Afrika yang Memiliki Danau Super Cantik

Fatma Roisatin Nadhiroh Photo Verified Writer Fatma Roisatin Nadhiroh

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya