Comscore Tracker

Masih Satu Famili, Ini 5 Perbedaan Llama dan Alpaca

Jangan sampai salah sebut, lho!

Ada beberapa hewan khas Pegunungan Andes, antara lain Llama dan Alpaca. Keduanya merupakan penghuni asli dataran tinggi dan berasal dari Amerika Selatan. Llama dan Alpaca termasuk dalam famili Camelidae atau sejenis unta.

Namun, keduanya memiliki beberapa perbedaan, baik secara fisik maupun cara berkoloni. Kalau kamu masih bingung untuk membedakan Llama dan Alpaca, yuk simak perbedaannya!

1. Perbedaan fisik yang bisa dikenali dengan mudah

Masih Satu Famili, Ini 5 Perbedaan Llama dan Alpacaforestrypedia.com

Llama dan Alpaca memiliki perbedaan di beberapa bagian tubuhnya, salah satunya telinga. Telinga Llama berukuran lebih panjang dengan bentuk menyerupai pisang. Sedangkan telinga Alpaca berbentuk runcing dan lebih pendek dibanding dengan telinga Llama. Selain itu, ukuran tubuh Llama lebih besar dan tinggi dibandingkan dengan Alpaka.

Llama dewasa tingginya bisa mencapai 120 cm dengan berat 113 kg. Alpaca memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil, tingginya hanya 91 cm dengan berat rata-rata mencapai 65 kg. Ukuran tubuh Alpaca tersebut menjadikannya sebagai famili Camelidae yang paling kecil.

2. Si lucu vs Si anggun

Masih Satu Famili, Ini 5 Perbedaan Llama dan AlpacaBerbagai sumber

Alpaca sering dianggap lebih lucu dan imut dengan hidungnya yang tumpul serta banyak bulu di kepalanya. Sedangkan Llama terlihat anggun dengan hidung dan bentuk wajah yang lebih panjang dibandingkan Alpaca.

Selain itu, hanya terdapat sedikit bulu di kepalanya. Bukan hanya itu, Alpaca cenderung lebih menjaga kebersihan tubuhnya dibandingkan dengan Llama.

Baca Juga: 9 Spesies Hewan Ini Hanya Bisa Ditemukan di Madagaskar, Unik Banget!

3. Pemanfaatan yang berbeda

Masih Satu Famili, Ini 5 Perbedaan Llama dan AlpacaBerbagai sumber

Ukuran tubuh Llama yang besar dan kuat menjadikannya sebagai "kuda" di Pegunungan Andes. Llama mampu membawa beban sampai 30 persen dari berat tubuhnya. Meski Llama juga memiliki bulu, namun tidak setebal Alpaca dan tidak ditumbuhi bulu tebal di bagian kepalanya.

Sedangkan Alpaca dimanfaatkaan bulunya sebagai bahan baku pembuatan wol. Serat halus yang berasal dari bulu Alpaca ini menjadikannya sebagai wol kualitas terbaik dengan warna yang sangat beragam.

4. Kepribadian memberikan peran berbeda

Masih Satu Famili, Ini 5 Perbedaan Llama dan AlpacaBerbagai sumber

Bukan hanya manusia, hewan pun memiliki kepribadian dan karakter khasnya masing-masing, demikian pula dengan Llama dan Alpaca. Llama merupakan hewan yang percaya diri dan berani serta dapat hidup mandiri, sehingga dapat melindungi dirinya sendiri. Sedangkan Alpaca terbiasa untuk hidup berkelompok dan memiliki karakter lembut serta pemalu.

Biasanya dalam sekelompok Alpaca terdiri dari satu pejantan, beberapa betina dan anak-anak mereka. Beberapa peternak Alpaca biasanya menjadikan Llama sebagai penjaga kawanan ternaknya.

5. Llama lebih ekspresif daripada Alpaca

Masih Satu Famili, Ini 5 Perbedaan Llama dan AlpacaBerbagai sumber

Llama dan Alpaca sama-sama hewan yang suka meludah apabila merasa teranggu dengan kehadiran manusia atau hewan lainnya. Namun, Llama lebih sering meludah jika merasa terganggu sedikit saja, bahkan bisa menendang. Sedangkan Alpaca lebih lembut dan hanya agresif ketika setelah melahirkan.

Meski Llama dan Alpaca berbeda, namun keduanya dapat dikawinsilangkan untuk menghasilkan keturunan yang berkualitas. Hasil persilangan keduanya disebut Huarizo dengan ciri-ciri fisik lebih kecil dari Llama dan memiliki serat bulu lebih panjang dari Alpaca.

Nah, sekarang udah tahu kan bedanya Llama dengan Alpaca. Jangan keliru lagi, ya.

Baca Juga: 7 Hewan Bertelinga Besar Paling Menakjubkan, Gak Cuma Gajah Lho!

Fatma Roisatin Nadhiroh Photo Community Writer Fatma Roisatin Nadhiroh

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

JADWAL SALAT & IMSAK

25
MEI
2019
20 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

Just For You