Comscore Tracker

Seperti Fantasi, 7 Hewan Unik Ini Ternyata Ada di Dunia Nyata 

Mulai dari bayi naga sampai yang mirip gajah “Dumbo” 

Dunia fauna memiliki jutaan spesies, mulai dari yang sering kita temui sehari-hari, hingga yang berada di luar bayangan kita. Terkadang, beberapa di antaranya mirip dengan hewan-hewan khayalan yang kerap kita jumpai dalam film fantasi.

Kamu akan menemukan mulai dari reptil mirip naga, paus dengan tanduk unicorn, dan beragam fauna lainnya di dunia. Ingin tahu lebih banyak mengenai hewan berpenampilan unik yang ada di dunia nyata? Yuk, simak beberapa di bawah ini.

1. Spiny bush viper 

Seperti Fantasi, 7 Hewan Unik Ini Ternyata Ada di Dunia Nyata potret spiny bush viper (flickr.com/Scott Robinson)

Spiny bush viper adalah representasi dari seekor naga kecil tanpa sayap. Bedanya, jika naga dalam film fantasi dapat mengeluarkan api, naga yang satu ini dapat mengeluarkan bisa yang beracun. Memiliki nama ilmiah Atheris hispida, ular berbisa ini berasal dari Afrika Tengah.

Spiny bush viper memiliki variasi warna yang cukup beragam, umumnya hijau tua, dengan sisik tebal, terutama di bagian depan tubuhnya. Meski memiliki penampilan yang menarik, kamu harus cepat-cepat pergi jika bertemu dengan naga kecil yang satu ini, ya. Hal ini mengingat racunnya yang bersifat neurotoksik (melumpuhkan sistem saraf).

2. Narwhal 

Seperti Fantasi, 7 Hewan Unik Ini Ternyata Ada di Dunia Nyata potret narwhal (worldwildlife.org/Paul Nicklen)

Hewan fantasi apa yang terlintas di benakmu ketika melihat tanduk panjang narwhal? Yap, jawabannya pasti unicorn. Biasa ditemukan di daerah kutub utara, narwhal memang dikenal dengan sebutan unicorn laut. Mamalia laut ini termasuk dalam kelompok Odontoceti, atau paus bergigi, bersama dengan lumba-lumba, paus sperma, dan lain sebagainya.

Tanduk narwhal terjalin secara spiral, dan bisa memanjang hingga tiga meter, atau lebih. Umumnya, tanduk ini dimiliki oleh narwhal jantan. Belum ada yang mengetahui secara pasti fungsi tanduk narwhal. Beberapa teori mengatakan tanduk ini masih termasuk pada bagian giginya, sedangkan yang lain percaya bahwa tanduk ini memiliki fungsi untuk memikat lawan jenis. Sedihnya, paus narwhal saat ini berada dalam status teracam punah.

Baca Juga: Unik, 6 Hewan Ini Tampak Seperti Gabungan Dua Jenis Hewan Berbeda

3. Axolotl 

Seperti Fantasi, 7 Hewan Unik Ini Ternyata Ada di Dunia Nyata potret axolotl (animals.sandiegozoo.org)

Sekilas, Axolotl terlihat seperti gambaran hewan-hewan magis pada film fantasi, ‘kan? Nyatanya, Axolotl adalah sejenis salamander air yang sering dipelihara. Di alam liar, salamander ini hanya bisa kamu temukan di danau Xochimilco, Meksiko. Dilansir World Wild Life, Axolotl disebut juga sebagai "Peter Pan" versi salamander, lho, berhubung hewan ini seumur hidup akan mempertahankan rupa awalnya, alias tidak bertambah tua.

Axolotl dikenal sebagai hewan lucu yang selalu tersenyum. Hewan ini sebenarnya memiliki warna asli coklat dan hitam. Warna pink dan putih muncul karena kelainan genetik. Axolotl bisa menumbuhkan kembali bagian tubuhnya sebayak lima kali, termasuk pada hewan karnivora, dan bisa hidup hingga 10 sampai 15 tahun di alam liar.

4. Armadillo lizard 

Seperti Fantasi, 7 Hewan Unik Ini Ternyata Ada di Dunia Nyata potret armadillo lizard (flickr.com/TurqouiseB)

Tidak hanya spiny bush viper, kadal armadillo juga akan mengingatkan kita pada seekor naga. Si “bayi naga” ini diberi nama armadillo karena kemampuannya untuk menggulung tubuh dan mengigit ekornya, seperti hewan armadillo, atau trenggiling. Tujuannya sama, untuk melindungi diri dari bahaya yang mengancam.

Kadal armadillo sering dijadikan hewan peliharaan karena fisiknya yang mirip bayi naga, juga mudah untuk dirawat. Walau begitu, kadal armadillo sebenarnya termasuk hewan yang ilegal untuk diekspor dari tempat asalnya, yakni Afrika.

5. Dumbo octopus 

Seperti Fantasi, 7 Hewan Unik Ini Ternyata Ada di Dunia Nyata potret dumbo octopus (commons.wikimedia.org)

Memiliki nama ilmiah grimpoteuthis alias gurita berpayung, hewan laut ini lebih dikenal dengan nama dumbo octopus karena kemiripannya dengan gajah di film disney “Dumbo”. Dalam film, gajah dumbo menggunakan telinganya lebarnya untuk terbang, sedangkan di dunia nyata, gurita dumbo menggunakan sirip serupa telinga sebagai alat kemudi dalam air.

Tidak seperti gurita pada umumnya, gurita dumbo tidak memiliki tinta hitam untuk pertahanan diri, mengingat gurita ini hidup di kedalaman lebih dari 4.000 meter, membuat gurita dumbo jarang bertemu dengan predator yang mengancam hidup. Berat gurita ini bisa mencapai enam kilogram.

6. Nudibranch 

Seperti Fantasi, 7 Hewan Unik Ini Ternyata Ada di Dunia Nyata potret nudibranch (flickr.com/Ken)

Sekilas, warna-warni dan bentuk nudibranch yang kenyal akan mengingatkan kita pada mainan anak-anak, yaitu slime. Termasuk dalam kelompok siput laut, nurdibranch memang memiliki daya tarik pada beragam kombinasi warnanya yang selain menarik, juga terkesan ‘tidak realistis’.

Nudibranch merupakan hewan karnivora. Hewan berlendir ini bisa memakan segalanya, mulai dari anemon laut, koral, hingga sesama nudibrach. Saat makan, nudibranch tidak hanya bertujuan untuk mengenyangkan perut, tetapi juga menyerap pigmen. Pigmen itulah yang membuat nudibranch memiliki warna yang beraneka ragam. Beberapa nudibrach juga beracun karena memiliki kemampuan untuk menyerap racun dari mangsanya, lho.

7. Mandarin duck (jantan) 

Seperti Fantasi, 7 Hewan Unik Ini Ternyata Ada di Dunia Nyata potret mandarin duck (commons.wikimedia.org)

Cantik, ‘kan? Jika dilihat sekilas, kamu akan mengira bahwa bebek dalam foto merupakan hasil editan. Ternyata spesies unggas ini ada di dunia nyata, lho. Nama ilmiahnya adalah Aix galericulata, atau dikenal sebagai bebek mandarin. Di wilayah China, Korea, dan Jepang, hewan ini dijadikan simbol cinta dan kesetiaan. Alasannya, karena bebek mandarin merupakan hewan monogami.

Bebek mandarin terkenal dengan penampilannya yang mencolok, menjadikannya salah satu spesies paling indah di dunia. Uniknya, kombinasi warna bulu yang terang da indah ini hanya dimiliki oleh bebek mandarin jantan, mengingat fungsinya untuk menarik lawan jenis. Di satu sisi, bebek mandarin betina hanya memiliki variasi warna yang biasa, perpaduan abu-abu dan coklat krem.

 

Menarik, ‘kan? Sebenarnya, selain tujuh hewan di atas masih banyak sekali hewan-hewan dengan rupa yang menarik di dunia ini. Apakah kamu pernah melihat secara langsung salah satu di antaranya?

Baca Juga: 5 Hewan Mematikan yang Menghuni Hutan Amazon, Ada Hewan Apa Aja?

Fira Yultiara Photo Verified Writer Fira Yultiara

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya