Comscore Tracker

Gak Nyangka, Hari Ulang Tahun Juga Bisa Bikin Orang Depresi Lho!

Apakah kamu berulang tahun hari ini?

Hari ulang tahun merupakan hari dimana kita mengingat kembali kelahiran kita ke dunia ini. Biasanya, hari ulang tahun dirayakan bersama orang-orang terdekat entah itu teman, keluarga, pasangan dan sebagainya. Saat kamu berulang tahun bagaimana perasaanmu? Bahagia bukan?

Tapi, jangan salah dulu ya sebab tidak semua orang bahagia menjelang maupun pada saat ia berulang tahun. Bahkan sampai depresi lho! Sebutannya adalah birthday blues atau juga disebut birthday depression. Makin penasaran bukan? Dilansir dari berbagai sumber, berikut penjelasannya.

1. Apa itu birthday blues?

Gak Nyangka, Hari Ulang Tahun Juga Bisa Bikin Orang Depresi Lho!pexels.com/Matthias Zomer

Birthday blues atau birthday depression ini adalah perasaan tak bahagia, sedih, merasa putus asa/tidak ada harapan, depresi dan berbagai emosi negatif lainnya pada saat menjelang maupun hari-H ulang tahun. Hmm, terdengar aneh dan gak biasa ya? Tapi, hal ini memang benar-benar terjadi lho pada sebagian orang menurut berbagai penelitian yang ada.

2. Siapa saja yang lebih rentan mengalami birthday blues?

Gak Nyangka, Hari Ulang Tahun Juga Bisa Bikin Orang Depresi Lho!pexels.com/Pixabay

Lalu, siapa saja yang lebih rentan mengalami birthday blues ini? Dikutip dari laman betterhelp.com, orang yang rentan mengalami birthday blues ini adalah sebagai berikut:

  • Orang-orang yang memang sedang depresi atau memiliki riwayat keluarga depresi
  • Orang-orang yang mengalami kecemasan
  • Orang-orang yang memiliki sifat introvert
  • Orang-orang yang memiliki masalah gangguan mental lainnya
  • Orang-orang yang memiliki penyakit fisik.

Baca Juga: 9 Makanan yang Mampu Mengobati Depresi Lebih Baik daripada Obat

3. Apa saja yang bisa menyebabkan seseorang bisa merasakan birthday blues?

Gak Nyangka, Hari Ulang Tahun Juga Bisa Bikin Orang Depresi Lho!pexels.com/Tess Emily

Lanjutan dari poin di atas, mengapa ada sebagian orang yang dapat mengalami birthday blues ini? Berikut penyebabnya:

  • Penolakan terhadap usia yang semakin bertambah, ya tidak semua orang setuju bahwa "usia bukanlah masalah", bagi sebagian orang bertambahnya usia menjadi masalah tersendiri dengan alasan tertentu.
  • Ekspektasi dan tekanan sosial, terkadang ekspektasi terhadap goal/ target baik dari diri sendiri maupun orang disekitar menjadi tekanan tersendiri. Biasanya, target tersebut dihubungkan dengan waktu dan usia seseorang, ketika seseorang telah mencapai usia tersebut namun ia tidak dapat mencapainya.
  • Perasaan gagal yang berkaitan dengan ekspektasi dan tekanan sosial dimana kamu merasa gagal untuk mencapai resolusi
  • Perasaan ingin menunda-nunda yang disebabkan kamu ingin melakukan hal yang belum kamu lakukan atau belum siap dengan waktu yang akan datang
  • Merasa tidak dicintai atau dianggap penting
  • Dan masih banyak lagi penyebabnya.

4. Apakah birthday blues ini dapat berbahaya?

Gak Nyangka, Hari Ulang Tahun Juga Bisa Bikin Orang Depresi Lho!pexels.com/Nathan Cowley

Pada dasarnya, bitrhday blues atau depresi pada hari ulang tahun ini tak jauh berbeda dengan depresi pada umumnya. Birthday blues ini lebih disebabkan karena momen ulang tahun yang tidak diinginkan yang disebabkan oleh alasan atau hal-hal tertentu.

Nah, bila orang yang mengalaminya dapat segera bangkit dan merubah perasannya menjadi positif kembali maka tentu birthday blues ini tak menjadi masalah yang berarti. Tapi, akan menjadi masalah serius dan berbahaya bila birthday blues ini malah menyebabkan depresi berkepanjangan yang tentunya akan berdampak pada kualitas hidup seseorang baik dari segi fisik maupun mental. Jadi, tetap waspada ya!

5. Tips-tips penting untuk mengatasi birthday blues

Gak Nyangka, Hari Ulang Tahun Juga Bisa Bikin Orang Depresi Lho!pexels.com/bruce mars

Nah, setelah penjelasan di atas ada baiknya kamu menyimak tips-tips berikut yang mudah-mudahan dapat membantu kamu maupun orang disekitarmu yang mengalami birthday blues ini.

  • Berpikir positif, pikirkan apa saja manfaat dan keuntungan ketika kamu bertambah usia dan dewasa, misalnya kamu yakin bahwa kamu akan semakin mandiri dan matang dalam menjalani hidup dan sebagainya.
  • Bila kamu punya target atau resolusi, buatlah secara realistis sesuai kemampuan dan keadaanmu ya, jangan sampai kamu menjadi depresi menjelang dan saat ulang tahunmu akibat target yang terlalu tinggi dan tidak realistis.
  • Rencanakan dan lakukan kegiatan yang positif dan bermanfaat terutama menjelang dan saat hari-H ulang tahunmu, misalnya membantu orang lain atau berdonasi kepada mereka yang membutuhkan
  • Jangan ragu untuk merayakan kebahagian ulang tahun bersama orang-orang terdekat yang selalu mendukungmu dan ada untukmu
  • Dan lain-lain

Jadi, itulah penjelasan kenapa seseorang bisa merasa depresi ketika menjelang dan saat hari-H ulang tahunnya sendiri. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu ya!

Baca Juga: 7 Kalimat Dukungan untuk Orang Tersayang yang Sedang Depresi

Frederick Photo Community Writer Frederick

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You