Comscore Tracker

5 Fakta Menarik tentang Cacing Bobbit, Predator Ganas Mirip Alien 

Panjang tubuhnya bisa dua kali lebih besar dari manusia! 

Laut menyimpan banyak misteri di dalamnya. Meskipun sedemikian, teknologi yang ada di zaman sekarang sudah memungkinkan manusia untuk menjelajahi dan mempelajari hal-hal yang disembunyikan lautan, salah satunya ada biota lautnya.

Ada banyak hewan laut yang kehidupannya belum banyak diketahui. Eunice aphroditois, atau cacing bobbit, ialah salah satu contohnya dan ia bahkan dikenal sebagai monster laut. Kok bisa, ya? Mari kita cari jawabannya di bagian berikut ini.

1. Tersebar di perairan Indo-Pasifik, salah satunya Indonesia

5 Fakta Menarik tentang Cacing Bobbit, Predator Ganas Mirip Alien animals.howstuffworks.com

Cacing bobbit dapat ditemukan di perairan beriklim tropis dan sub-tropis yang pada umumnya bersuhu hangat. Lebih spesifik, spesies ini tersebar di daerah Indo-Pasifik dan bisa dijumpai di beberapa negara, seperti Papua Nugini, Australia, Fiji, Filipina, dan bahkan Indonesia. Di samping itu, cacing bobbit biasanya sering ditemukan di dasar lautan di mana ia menggali lubang dan memendamkan tubuhnya di dalam sana.

2. Buta, tidak bertulang, dan tidak memiliki otak 

5 Fakta Menarik tentang Cacing Bobbit, Predator Ganas Mirip Alien ourmarinespecies.com

Tubuh cacing bobbit tidak tersusun atas tulang. Di sekujur tubuhnya, terdapat bulu-bulu dari zat kitin yang digunakan sebagai alat gerak. Yang uniknya lagi, apabila ada bagian tubuhnya yang terluka, cacing bobbit dapat menumbuhkannya kembali.

Perlu diketahui juga, meskipun memiliki sepasang mata yang berada dekat mulutnya, cacing bobbit tidak dapat melihat. Alhasil, ia mengandalkan 5 buah antena untuk mencari mangsa. Cacing bobbit juga tidak memiliki otak. Namun, ia memiliki sistem saraf yang disebut dengan ganglion.

Baca Juga: Waspada! 6 Jenis Cacing Ini Bisa Menginfeksi Manusia

3. Panjang tubuhnya bisa mencapai 3 meter! 

5 Fakta Menarik tentang Cacing Bobbit, Predator Ganas Mirip Alien sciencenews.org

Tidak tanggung-tanggung, cacing yang aktif di malam hari ini bisa tumbuh sampai kurang lebih 3 meter. Tubuh panjangnya itu ia sembunyikan di dalam dasar samudra mulai dari kedalaman sekitar 10 meter sampai dengan 39 meter.

Memang, meskipun tubuh cacing bobbit tergolong ramping (maksudnya, walaupun panjang, lebar tubuh cacing ini kecil, tidak raksasa), tapi mendengar ada "monster" panjang yang bersarang di dasar lautan benar-benar bisa membuat bulu kuduk merinding.

4. Bulu-bulu yang mematikan 

5 Fakta Menarik tentang Cacing Bobbit, Predator Ganas Mirip Alien catapult.co

Seperti yang dilansir laman Wired, meskipun bulu-bulu yang terdapat pada tubuh cacing bobbit tidak digunakan untuk mekanisme pertahan diri–lebih untuk pergerakan saja, namun apabila tak sengaja terkena kulit manusia, iritasi mungkin sekali untuk terjadi. Lebih parahnya lagi, sengatan dari bulu-bulu cacing bobbit juga bisa menimbulkan kelumpuhan saraf pada kulit.

5. Predator ganas yang memakan apa saja

https://www.youtube.com/embed/K_7ByiYbCYM

Hal lain yang mengerikan dari cacing yang satu ini ialah ia sama sekali tidak pandang bulu soal hewan buruannya. Dilengkapi dengan mekanisme berburu yang tajam dan kuat, faring cacing bobbit mampu menjerat mangsa dengan kuat dan membelahnya menjadi dua bagian.

Mulai dari ikan kecil, kerang, kepiting, sampai dengan ikan beracun, seperti ikan batu, atau bahkan lionfish, semua dimangsa oleh cacing bobbit. Ngeri! 

Tak disangka, ternyata lautan merupakan rumah bagi para monster laut, salah satunya adalah cacing bobbit. Jangan sampai kamu terjerat olehnya, ya!

Baca Juga: 5 Hewan Unik yang Hidup di Bawah Tanah, Termasuk 'Cacing dari Neraka'

E N C E K U B I N A Photo Verified Writer E N C E K U B I N A

"Maju tak gentar, raibkan geletar" | #SAVELOONA

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya