Comscore Tracker

6 Fakta Delta Works, Sistem Perlindungan Banjir Canggih ala Belanda

Terbukti ampuh cegah banjir, lho

Kondisi geografis Belanda terkenal dengan dataran yang relatif rendah terhadap permukaan laut. Dikutip laman Holland, sepertiga wilayah Belanda berada lebih rendah dari permukaan laut dan titik terendahnya mencapai 6,76 meter. Selain itu, Belanda juga menjadi muara tiga sungai besar di Eropa: Sungai Rhine atau Rijn, Meuse, dan Scheldt.

Hal itu pun membuat Belanda menjadi wilayah yang sangat rentan terhadap banjir. Belanda pun berusaha mencegah banjir dengan mencanangkan proyek yang disebut sebagai Delta Works. Nah, pada pembahasan berikut ini, fakta-fakta dari Delta Works akan kami ungkap, nih. Yuk, simak faktanya !

1. Delta Works terdiri dari banyak infrastruktur

6 Fakta Delta Works, Sistem Perlindungan Banjir Canggih ala Belandaarchitectural-review.com

Delta Works atau Deltawerken dalam bahasa Belanda ternyata terdiri dari banyak infrastruktur, lho. Secara keseluruhan, Delta Works terdiri dari beberapa pintu air, bendungan, tanggul, dan penghalang badai sehingga membentuk sistem perlindungan banjir raksasa yang canggih.

2. Banjir besar pada 1953 melatarbelakangi pembangunan Delta Works

6 Fakta Delta Works, Sistem Perlindungan Banjir Canggih ala Belandahumanityhouse.org

Pada 31 Januari hingga 1 Februari 1953, Belanda diterjang banjir besar yang menewaskan ribuan orang dan mengakibatkan 70 ribu orang harus dievakuasi. Selain itu, sekitar 9 persen lahan pertanian pun terendam banjir dan menghancurkan sekitar 10 ribu bangunan.

Dilansir laman Watersnoodmuseum, dalam 20 hari setelah kejadian itu terjadi, pemerintah Belanda pun mulai mencanangkan Delta Works yang diharapkan akan mencegah banjir. Proyek ini pun dimulai pada 1958 dengan serangkaian pembangunan yang menyeluruh.

3. Dapat mengurangi risiko banjir hingga ribuan tahun

6 Fakta Delta Works, Sistem Perlindungan Banjir Canggih ala Belandaunsplash.com/@kellysikkema

Sebagai sistem perlindungan banjir yang canggih sekaligus masif, dilansir laman Water Technology, Delta Works dapat mengurangi risiko banjir hingga satu kali dalam 4.000 tahun, lho. Selain itu, Delta Works ini pun juga meningkatkan kualitas air bersih dan menyediakan irigasi yang berkualitas.

Baca Juga: 10 Negara yang Paling Sering Terkena Bencana Alam, Termasuk Indonesia

4. Delta Works sebagai proyek bergengsi menjadi salah satu Tujuh Keajaiban Dunia Modern

6 Fakta Delta Works, Sistem Perlindungan Banjir Canggih ala Belandaacivengstudent.com

Karena Delta Works menjadi proyek yang cukup mengesankan, American Society of Civil Engineers pun menyatakan bahwa Delta Works menjadi salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia Modern bersamaan dengan Zuiderzee Works.

Menurut laman Rijkswaterstaat, pada 2013, Delta Works pun juga terpilih sebagai proyek rekayasa hidrolik paling bergengsi di dunia.

5. Dalam proyek Delta Works, dibangun penghalang badai terbesar di dunia

6 Fakta Delta Works, Sistem Perlindungan Banjir Canggih ala Belandawww.holland.com

Penghalang badai Oosterschelde yang tergabung ke dalam Delta Works menjadi infrastruktur Delta Works yang paling penting. Tak hanya itu, penghalang badai Oosterschelde ini pun menjadi penghalang badai terbesar di dunia, lho. Penghalang badai Oosterschelde ini pun memiliki 62 pintu air yang memiliki lebar masing-masing 42 meter.

6. Delta Works juga membantu mengembangkan cagar alam

6 Fakta Delta Works, Sistem Perlindungan Banjir Canggih ala Belandawww.holland.com

Dilansir laman Rijkswaterstaat, proyek Delta Works ini telah membantu mengembangkan cagar alam dan area rekreasi. Sebagai contoh, Taman Nasional Oosterschelde pun terbentuk dari terbukanya dataran pasir yang berlumpur.

Nah, itu tadi beberapa fakta dari Delta Works yang menjadi sistem perlindungan banjir canggih yang melindungi Belanda dari banjir. Semoga, negeri kita ini dapat juga mengikuti langkah-langkah Belanda untuk mengatasi banjir ini, ya.

Baca Juga: 7 Penemuan Paling Mutakhir di Bidang Sains Tahun 2019, Simak yuk!

FW Rocket Photo Writer FW Rocket

Just a writer and reader

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya