7 Fakta Golden Gate Bridge, Jembatan Paling Ikonik di San Francisco

Pembangunannya sampai memakan korban, lho!

Sebagai negara adidaya, Amerika Serikat dikenal dengan bangunan-bangunannya yang modern dan canggih. Tak hanya itu, negeri Paman Sam pun memiliki berbagai bangunan yang sangat ikonik dan bersejarah. Salah satunya adalah jembatan Golden Gate yang terletak di kota San Francisco.

Pada eranya, jembatan ini merupakan jembatan terpanjang di dunia. Memiliki kisah yang unik dan dibuat sangat menarik, berikut ini adalah tujuh fakta dibalik pembuatannya.

1. Gemba bumi sempat menghantam Golden Gate sebelum konstruksi selesai

7 Fakta Golden Gate Bridge, Jembatan Paling Ikonik di San Franciscosfchronicle.com

Pada Juni 1935, gempa bumi menghantam wilayah San Francisco ketika para pekerja sedang bekerja di atas menara selatan jembatan yang belum selesai. Gempa itu mengakibatkan lift kontruksi pecah sehingga menyebabkan belasan pekerja terjebak di menara selatan selama gempa terjadi.

2. Sebuah jaring pengaman di bawah jembatan selamatkan 19 nyawa orang

7 Fakta Golden Gate Bridge, Jembatan Paling Ikonik di San Franciscohistory.com

Selama konstruksi, jaring pengaman dikaitkan di bawah lantai jembatan, memanjang 10 kaki lebih lebar dari lebar jembatan dan 15 kaki lebih panjang dari panjangnya. Jaring tersebut terbukti menjadi tindakan pencegahan yang tak ternilai karena menyelamatkan 19 nyawa.

Orang-orang ini dikenal sebagai anggota "Half-Way-to-Hell Club."  Meskipun langkah-langkah keamanan tersebut dilakukan, 11 orang tetap tewas selama pembangunan jembatan.

3. Kisah dibalik warna jembatan

7 Fakta Golden Gate Bridge, Jembatan Paling Ikonik di San Franciscowallprintstore.com

Angkatan Laut AS telah melobi bahwa jembatan dicat dengan garis-garis biru dan kuning untuk meningkatkan visibilitasnya ke kapal. Sedangkan korps Udara AS inginkan warna merah garis putih. Tetapi ketika baja itu tiba di San Francisco, justru dicat dengan warna merah terbakar oleh sang arsitek, Irving Morrow.

Menurutnya warna tersebut sangat terlihat dan lebih enak dipandang. Warna jembatan kemudian secara resmi disebut oranye internasional.

Baca Juga: Tak Hanya Golden Gate, Ini 6 Objek Wisata Populer di San Fransisco

4. Banyak catatan unik terjadi saat pembukaan jembatan

7 Fakta Golden Gate Bridge, Jembatan Paling Ikonik di San Francisconpr.org

San Francisco merayakan pembukaan Jembatan Golden Gate sebagai Hari Pejalan Kaki pada tanggal 27 Mei 1937. Sebanyak 200.000 orang melintasi jembatan hari itu. Orang-orang berlomba untuk menjadi yang pertama berlari, mendorong kereta bayi, dan bahkan sepatu roda melintasi Jembatan Golden Gate.

The San Francisco Chronicle mencatat beberapa pengalaman yang lebih aneh, termasuk orang pertama yang menyeberangi Jembatan Golden Gate. Jembatan dibuka untuk lalu lintas kendaraan pada hari berikutnya

5. Pembayaran tol tahun 1937 adalah 50 sen, uang yang cukup mahal karena AS sedang masa depresi

7 Fakta Golden Gate Bridge, Jembatan Paling Ikonik di San Franciscohistory.com

Tol awal untuk jembatan adalah 50 sen sekali jalan — kira-kira setara dengan $ 18,00 pulang pergi hari ini — harga yang lumayan mahal untuk dibayar di tengah-tengah depresi hebat pada saat itu.

Saat ini, tol Jembatan Golden Gate hanya tersedia dalam satu arah saja, menuju selatan ke kota San Francisco.

6. Saat ulang tahun ke-50, lebih dari 300 ribu manusia berada di atas Golden Gate

7 Fakta Golden Gate Bridge, Jembatan Paling Ikonik di San Franciscosfgate.com

San Francisco merayakan peringatan 50 tahun Jembatan Golden Gate pada 24 Mei 1987 dengan berjalan kaki di jembatan.  Banyak sekali orang yang menghadiri acara tersebut. Jembatan bahkan mulai mengerang dan berayun dengan sekitar 300.000 orang berkumpul saling berdesakan.

Bagian tengah jembatan melorot tujuh kaki ke bawah yang belum pernah terjadi sebelumnya, menyebabkan lengkungan ikonik jembatan menjadi rata. Para pejabat dengan cepat menutup jembatan, mencegah 600.000 orang tambahan untuk menyeberang. 

7. Butuh waktu 30 tahun untuk menghilangkan cat berbasis timah dari jembatan

7 Fakta Golden Gate Bridge, Jembatan Paling Ikonik di San Franciscohistory.com

Pada 1930-an, Jembatan Golden Gate dilapisi dengan cat timah. Para arsitek bermaksud untuk melindungi struktur baja dari korosi, tetapi kemudian mereka mengetahui bahwa timah berbahaya bagi manusia dan lingkungan.

Upaya pembersihan besar-besaran untuk menghilangkan semua cat berbasis timah dari jembatan dimulai pada 1965 dan berakhir pada 1995. Saat ini, cat primer berbasis seng digunakan sebagai gantinya. 

Itulah tujuh fakta menarik dari jembatan paling ikonik San Francisco, Amerika Serikat. Gak hanya indah, jembatan ini pun sangat bersejarah.

Baca Juga: 7 Penemuan Arkeologis Terpenting dan Luar Biasa Sepanjang Sejarah

Ganjar Firmansyah Photo Community Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You