Comscore Tracker

6 Fakta Menarik Tutankhamun, Raja Muda Mesir Kuno yang Penuh Misteri

Salah satu fir'aun paling populer di era modern

Tutankhamun memerintah Mesir selama kurang lebih 10 tahun dari sekitar 1336-1327 SM. Pada November 1922, Howard Carter dan Lord Carnarvon menemukan makam Tutankhamun yang cukup utuh di Lembah Para Raja.

Mayat mumi raja Tut ditemukan dikelilingi oleh barang-barang berharga, di peti mati emasnya, setelah ruang pemakamannya dibuka secara resmi pada 17 Februari 1923 di hadapan para sejarawan Mesir dan pejabat pemerintah.

Terdapat fakta menarik tentang kehidupan sang raja, berikut diantaranya.

1. Nama lahirnya bukanlah Tutankhamen

6 Fakta Menarik Tutankhamun, Raja Muda Mesir Kuno yang Penuh Misterithefamouspeople.com

Tutankhamun awalnya bernama Tutankhaten. Nama ini, yang secara harfiah berarti “living image of Amun”,  yang mencerminkan fakta bahwa orang tua Tutankhaten menyembah dewa matahari yang dikenal sebagai "Aten".

Setelah beberapa tahun bertakhta, raja muda tersebut mengubah agamanya, meninggalkan Aten, dan mulai menyembah dewa Amun (yang dipuja sebagai raja para dewa). Ini menyebabkan dia mengubah namanya menjadi Tutankhamun, atau "Living image of Amun"

2. Munculnya mitos kutukan mumi

6 Fakta Menarik Tutankhamun, Raja Muda Mesir Kuno yang Penuh Mistericsmonitor.com

Ketika Carter pertama kali memasuki makam Tutankhamen pada November 1922, George Herbert — seorang raja kaya dengan hasrat untuk Egyptologi — berada di sisinya. Empat bulan kemudian, Herbert meninggal karena keracunan darah karena gigitan nyamuk yang terinfeksi.

Surat kabar berspekulasi bahwa orang Inggris itu telah menjadi korban "Mummy's curse" yang konon diuraikan di atas lempeng tanah liat di luar makam Tutankhamen. Desas-desus muncul lagi setelah kematian mendadak orang lain yang telah mengunjungi Lembah Para Raja.

Namun, ternyata, para wartawan yang heboh itu sebenarnya hanya mengarang cerita tentang prasasti itu. Dan pada tahun 2002, para ilmuwan memeriksa tingkat kelangsungan hidup 44 orang Barat yang telah berada di Mesir selama penggalian Carter, menyimpulkan bahwa mereka tidak berisiko tinggi untuk mati lebih awal.

Baca Juga: 7 Fakta Menarik yang Tak Banyak Orang Tahu Tentang Mesir Kuno

3. Tutankhamen bukan mati karena dibunuh

6 Fakta Menarik Tutankhamun, Raja Muda Mesir Kuno yang Penuh Misterijapantimes.co.jp

Selama bertahun-tahun, banyak yang berspekulasi bahwa kematian Raja Tut pada usia 19 terjadi karena pukulan di kepala, yang mungkin ditimbulkan oleh pembunuhan. Namun, baru-baru ini, para ahli telah menentukan bahwa kerusakan pada tengkorak mumi terjadi setelah kematian, baik selama proses pembalseman atau di tangan kru Carter.

Jadi bagaimana raja anak itu mati? Pada 2005 sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kakinya patah dan mengalami infeksi pada lukanya tak lama sebelum kematian. Menurut satu teori, sang firaun mengalami cedera dengan jatuh dari keretanya saat berburu.

Sementara itu, tes DNA pada 2010 menunjukkan bahwa Tutankhamen menderita malaria, yang mungkin memperburuk infeksi kaki atau menyebabkannya jatuh pada awalnya. Teori-teori alternatif tentang kematian Raja Tut masih berlimpah, termasuk hipotesis diakibatkan gigitan mematikan seekor kuda nil yang marah.

4. Tutankhamen merupakan hasil hubungan inses

6 Fakta Menarik Tutankhamun, Raja Muda Mesir Kuno yang Penuh Misteriabcnews.go.com

Pada 2010 para peneliti melakukan analisis DNA pada jasad King Tut dan kerabatnya, serta menghasilkan penemuan yang mengejutkan. Raja muda tersebut adalah produk inses antara firaun Akhenaten dan salah satu saudara perempuannya.

Perkawinan sedarah sendiri pada saat itu merajalela di antara para bangsawan Mesir kuno, yang melihat diri mereka sebagai keturunan para dewa dan berharap dapat mempertahankan garis keturunan murni.

Para ahli berpikir tren ini berkontribusi pada insiden cacat bawaan yang lebih tinggi di antara para penguasa Mesir saat itu. Tutankhamen sendiri pada akhirnya menikahi putri ayahnya dari istri utamanya, yang merupakan saudara tirinya, Ankhesenamun.

5. Di dalam makamnya ditemukan berbagai benda tak ternilai harganya

6 Fakta Menarik Tutankhamun, Raja Muda Mesir Kuno yang Penuh Misteritechly.com.au

Ketika Carter menjelajah lebih jauh ke dalam makam Tutankhamen, ia menemukan ruang perbendaharaan yang penuh dengan benda-benda penguburan yang tak ternilai, termasuk patung-patung emas, perhiasan ritual, perahu-perahu kecil yang mewakili perjalanan ke dunia bawah laut dan sebuah tempat suci untuk organ tubuh firaun yang dibalsem.

Kamar itu juga memiliki dua peti mati mini yang berisi dua janin. Dilansir dari History, tes DNA baru-baru ini menunjukkan bahwa salah satu mumi adalah putri Tutankhamen yang lahir namun meninggal dan yang lain kemungkinan adalah anaknya juga.

Para ahli percaya bahwa Raja Tut tidak meninggalkan ahli waris yang masih hidup, mungkin karena dia dan Ankhesenamun hanya bisa mengandung anak dengan kelainan bawaan.

6. Jantung Tutankhamun hilang

6 Fakta Menarik Tutankhamun, Raja Muda Mesir Kuno yang Penuh Misterihistoryextra.com

Orang Mesir kuno percaya mereka bisa hidup lagi setelah kematian, tetapi hal ini hanya dapat dicapai jika tubuh mereka dipertahankan dalam kondisi seperti manusia. Hal tersebut yang mendorong mereka untuk mengembangkan ilmu mumifikasi buatan.

Pada dasarnya, mumifikasi melibatkan pengeringan tubuh dalam garam natron, kemudian dibungkus dengan banyak lapisan perban untuk mempertahankan bentuk yang mirip aslinya. Organ-organ internal tubuh dikeluarkan pada awal proses mumifikasi dan disimpan secara terpisah.

Otak, fungsinya yang saat itu tidak diketahui, dibuang begitu saja - sedangkan jantung dianggap sebagai organ penalaran. Dengan demikian, hati akan dibutuhkan di akhirat. Oleh karena itu dibiarkan di tempatnya.

Namun, Tutankhamun tidak punya hati. Sebagai gantinya, dia diberi scarab amuletic yang bertuliskan mantra penguburan. Ini mungkin terjadi hanya karena para pengurusnya ceroboh, tetapi itu juga bisa menjadi pertanda bahwa Tutankhamun meninggal jauh dari rumah. 

Itulah beberapa fakta kehidupan sang fir'aun kecil, Tutankhamun yang menjadi raja Mesir Kuno di usia yang sangat muda.

Baca Juga: 6 Fakta Sungai Nil, Sungai Bersejarah di Peradaban Mesir Kuno

Ganjar Firmansyah Photo Community Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You