Comscore Tracker

Ludwig van Beethoven, Sang Maestro Musik Terhebat Sepanjang Masa

Ia harus menderita ketulian, lho!

Dalam sejarah perkembangan dunia musik, Ludwig van Beethoven merupakan sosok yang dianggap paling fenomenal. Karya-karya musik instrumentalnya seperti Simfoni No 5, Simfoni No 9 dan Fur Elise bahkan masih abadi didengarkan hingga saat ini.

Seni musiknya yang berakar dari komposer-komposer klasik hebat lainnya seperti Mozart dan Joseph Haydn membuat karya-karya Beethoven terlahir dengan sebuah semangat baru, humanisme. Meski karyanya dikenal luas oleh dunia, namun tak banyak yang mengetahui jalan kehidupannya yang tidak selalu indah. Berikut adalah kisahnya.

1. Meski lahir dari keluarga musisi, kehidupan masa kecil Beethoven tidaklah mudah

Ludwig van Beethoven, Sang Maestro Musik Terhebat Sepanjang Masawqxr.org

Layaknya kehidupan orang-orang hebat yang memiliki masa lalu tidak mudah, begitu pula dengan Ludwig van Beethoven. Meski dirinya lahir di dalam tengah keluarga yang suka musik, masa kecilnya dipenuhi kekerasan oleh ayahnya yang sangat tempramental dan seorang pemabuk, Johann van Beethoven.

Ayahnya sendiri merupakan seorang penyanyi tenor untuk seorang pangeran pada saat itu. Memiliki keinginan untuk membuat anaknya untuk menjadi The next Mozart, Johann memiliki pengaruh yang besar bagi Beethoven menjadi komposer terhebat. Sang ayah sangat keras dalam mendidik Beethoven. 

Johann kerap memaksa Beethoven untuk latihan piano selama berjam-jam, bahkan ia akan memukulnya jika sang anak salah dalam memainkan note. Meski begitu, sang ayah pun rela melakukan apapun hingga membiaya segalanya agar Beethoven menjadi musisi jenius.

2. Bertemu dengan sang komposer jenius, Mozart

Ludwig van Beethoven, Sang Maestro Musik Terhebat Sepanjang Masaliveabout.com

Christian Gottlob Neefe menjadi guru musik pertama bagi Beethoven. Sang guru langsung bisa melihat bakat besar yang dimiliki oleh muridnya tersebut. Ia pun mengajarkan komposisi-komposisi lagu karya Bach dan cara berimprovisasi. Tak hanya itu, Neefe pun membantu Beethoven untuk menerbitkan karya pertamanya pada tahun 1783. Dalam sebuah majalah musik, ia bahkan menyebutkan jika Beethoven akan menjadi penerus Mozart.

Pada tahun 1787, Beethoven pergi ke Wina, Austria dan bertemu dengan musisi jenius saat itu, Mozart. Disana Beethoven memainkan piano di hadapan Mozart dan membuatnya langsung terkesan. Mozart bahkan mengungkapkan jika Beethoven akan menjadi musikus besar di masa depan.

Hal ini memang benar-benar terjadi karena pada saatnya Beethoven berhasil memukau dunia dengan karya-karyanya.

Baca Juga: Alfred Nobel: Penemu Dinamit yang Jadi Pendiri Penghargaan Nobel

3. Beethoven kehilangan pendengarannya, namun tak menguranginya untuk tetap berkarya

Ludwig van Beethoven, Sang Maestro Musik Terhebat Sepanjang Masabluekoala.com.au

Dalam puncak karirnya, Beethoven harus mengalami tragedi yang memilukan. Pada pertengahan tahun 1801, ia mulai kehilangan daya pendengarannya akibat otosklerosis. Akibat hal ini, ia pun merasakan kesedihan yang sangat mendalam, bahkan depresi. Tak hanya itu, ia pun mulai merasa tidak percaya diri dan menarik diri dari kehidupan sosialnya.

Meski begitu, musik memang telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski pendengarannya tidak berfungsi, Beethoven tetap mampu melahirkan banyak sekali karya fenomenal. Ia sukses menciptakan 9 buah symphony, 5 sonata untuk cello dan piano, 5 piano concerto, 10 overture, dan masih banyak lagi.

4. Mengalami krisis keuangan dan kisah asmara yang tragis

Ludwig van Beethoven, Sang Maestro Musik Terhebat Sepanjang Masawaldina.com

Meski dirinya merupakan musisi fenomenal, tak membuat dirinya mudah mendapatkan pasangan hidup yang dicintainya. Sulit menemukan jodoh dipercaya menjadi salah satu alasan saat dirnya mengalami depresi. Countess Therese Malfatti merupakan salah satu wanita yang sempat Beethoven lamar, namun keinginannya tersebut ditolak.

Pada tahun 1811, kehidupan Beethoven semakin sulit akibat mengalami krisis keuangan akibat terjadi penurunan nilai mata uang di Wina. Meski hidup di masa yang sangat sulit, ia tetap berhasil berkarya dengan melahirkan Symphony No. 7 in A Major, Op. 92 dan selesai pada awal 1812.

5. Pengagum sekaligus pembenci Napoleon Bonaparte

Ludwig van Beethoven, Sang Maestro Musik Terhebat Sepanjang Masafactinate.com

Napoleon Bonaparte merupakan sosok yang dikagumi oleh Beethoven. Atas kekagumannya itu, ia pun menciptakan Symphony No. 3 dengan judul Bonaparte. Namun saat sang tokoh revolusi Prancis tersebut mengumumkan dirinya menjadi kaisar, Beethoven sangatlah marah hingga menyobek naskah asli Symphony tersebut.

Beethoven bahkan menggubah karyanya itu dan mengganti judul Bonaparte menjadi Sinfonia Eroica composta per festiggiare il sovvenire de un grand’ uomo’ yang berarti Simfoni eroika, ditulis untuk mengenang seseorang yang agung.

Namun kemarahannya tersebut hanya berjalan sebentar, dan tetap mengakui jika Bonaparte adalah sosok yang dikagumi. Ia bahkan mementaskan naskah yang telah dirusaknya itu pada tahun 1804 dan mendedikasikannya kepada Bonaparte.

Itulah kisah kehidupan musisi fenomenal Ludwig van Beethoven yang penuh liku. Namun memiliki banyak makna yang bisa kita ambil.

Baca Juga: 10 Kisah Perjuangan Hurrem Sultan Sang Penguasa Ratu Turki

Ganjar Firmansyah Photo Community Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You