Comscore Tracker

Mengenal Samuel Colt, Inventor Amerika Pencipta Senjata Revolver

Bisnis pertamanya sempat bangkrut

Lahir di Hardford, Connecticut pada 19 Juli 1814, Samuel Colt merupakan inventor Amerika Serikat sekaligus pebisnis pembuatan senjata api jenis revolver. Tak hanya itu, ia juga memegang hak paten revolvernya tersebut dan mendirikan pabrik senjata bernama Fire-Arms Manufacturing Company, saat ini berganti nama menjadi Colt's Manufacturing Company.

Sukses sebagai pebisnis dan inventor, nyatanya perjalanan hidup Samuel Colt tidaklalh mudah. Terjadi banyak kejadian hidup yang tak terduga. Berikut beberapa fakta di antaranya.

1. Seorang marketer yang ulung dan unik

Mengenal Samuel Colt, Inventor Amerika Pencipta Senjata Revolverbiography.com

Colt adalah seorang marketer ulung dan self-promotor yang sangat andal. Dia secara pribadi menugaskan seniman George Catlin, yang terkenal karena penggambarannya tentang penduduk asli Amerika dan kehidupan di Barat, untuk memasukkan revolver Colt ke dalam selusin lukisan karyanya.

Dalam satu lukisan, Catlin bahkan menggambarkan dirinya sedang menunggang kuda menggunakan salah satu pistol revolver Colt untuk menembak kerbau di sebuah dataran. Colt juga menyewa penulis untuk menulis cerita tentang revolvernya untuk fitur-fitur majalah dan berkeliling dunia untuk menghadiahi para kepala negara dengan pistol mewah berukir.

Hal itu terbukti ampuh. Setelah Colt menghadiahi sultan Utsmani dengan revolver emas, Turki membeli 5.000 pistolnya.

2. Colt menciptakan pesta kembang api 4 Juli tersendiri

Mengenal Samuel Colt, Inventor Amerika Pencipta Senjata Revolvermsn.com

Tanggal 4 Juli selalu menjadi waktu yang spesial bagi rakyat Amerika sebagai hari kemerdekaan, yang sering dirayakan dengan pesta kembang api. Sebagai seorang remaja, Colt bereksperimen dengan mesiu dan listrik. Saat bekerja di pabrik tekstil ayahnya di Ware, Massachusetts, pada tahun 1829, ia memposting pemberitahuan tercetak yang mengumumkan: "Samuel Colt akan meledakkan rakit yang melambung tinggi di kolam Ware, 4 Juli 1829."

Menggunakan kawat yang dibungkus dengan tali tar untuk menghubungkan alat peledak bawah air ke detonator darat, percobaan berhasil, meskipun itu membasahi penonton yang mengenakan pakaian liburan mereka.

Tahun berikutnya pada 4 Juli, eksperimen Colt yang lain membakar sebuah gedung di sekolahnya di Amherst, Massachusetts. Pada tahun 1840-an Colt kembali ke eksperimen mudanya dan bermitra dengan penemu telegraf Samuel Morse untuk meningkatkan kabel tahan air.

3. Sebuah perjalanan kapal saat remaja memberi Colt ide untuk desain revolvernya

Mengenal Samuel Colt, Inventor Amerika Pencipta Senjata Revolvericollector.com

Diasingkan dari sekolah setelah aksi Fourth of July-nya, Colt dimasukkan ke kapal menuju London dan Calcutta pada tahun 1830 oleh ayahnya. Selama perjalanan, remaja berusia 16 tahun itu terpesona oleh bagaimana roda kapal dapat berputar atau dikunci dalam posisi yang direkatkan melalui penggunaan kopling.

Pengamatan ini kemudian memicu idenya untuk ruang berputar yang mampu menampung enam peluru yang bisa mengunci pada tempatnya. Selama perjalanan, ia mengotak atik model yang belum sempurna dari kayu bekas, dan sekembalinya ke Amerika Serikat, Colt bekerja dengan para pembuat senjata yang lebih berpengalaman untuk menyempurnakan prototipe pistol yang dapat menembakkan beberapa putaran secara berurutan dengan cepat.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Samuel Morse, Sang Penemu Telegraf & Sandi Morse

4. Perusahaan senjata api pertamanya gagal

Mengenal Samuel Colt, Inventor Amerika Pencipta Senjata Revolverhistory.com

Colt baru berusia 21 tahun ketika ia menerima hak paten pada tahun 1836 untuk desain revolvernya, yang ditingkatkan dengan flintlock yang sudah dipatenkan oleh Elisha Collier hampir dua dekade sebelumnya.

Pada tahun yang sama, Perusahaan Manufaktur Paten Colt membuka perusahaannya di Paterson, New Jersey. Perusahaan itu melihat peluang penjualan yang tersebar di Texas dan di Florida untuk digunakan dalam Perang Seminole, perang antara suku asli Amerika Utara dengan pasukan Amerika Serikat, tetapi bisnisnya gagal.

Tanpa kontrak militer yang signifikan, pabrik ditutup pada tahun 1842. Perlengkapan dan inventarisnya dilelang kepada penawar tertinggi, dan Colt pun tenggelam dalam utang.

5. Saudaranya dihukum mati karena kasus pembunuhan

Mengenal Samuel Colt, Inventor Amerika Pencipta Senjata Revolverrarenewspapers.com

Pada tahun 1842, kakak lelaki Colt, John, dijatuhi hukuman mati karena membunuh seseorang yang kepadanya ia berutang uang. Karena hubungan keluarga Colt, pers Kota New York meliput pembunuhan itu dengan ketat.

Namun, beberapa jam sebelum jadwal hukuman gantung, kebakaran terjadi di penjara dan John Colt ditemukan tewas di dalam selnya dan ditemukan pula luka tusukan yang disebabkan oleh dirinya sendiri.

6. Perang Meksiko-Amerika menghidupkan kembali kekayaan Colt

Mengenal Samuel Colt, Inventor Amerika Pencipta Senjata Revolverhistory..com

"Aku hampir tidak tahu dari mana makan malam besok akan datang," kata Colt tentang tahun-tahun setelah penutupan pabrik senjata pertamanya. Namun, tanpa diketahui Colt, revolver lima tembakannya menjadi senjata favorit Texas Rangers pada pertengahan 1840-an.

"Tanpa pistol Anda, kami tidak akan memiliki kepercayaan diri untuk melakukan petualangan berani seperti itu," Kapten Texas Ranger Samuel H. Walker menulis kepada Colt. Setelah terjadinya Perang Meksiko-Amerika pada tahun 1846, tentara AS yang bertugas bersama Texas Rangers juga terkesan oleh senjata ciptaan Colt.

Colt dan Walker kemudian berkolaborasi pada desain senjata kaliber 44 yang ditingkatkan, lalu Jenderal Zachary Taylor memesan 1.000 revolver Colt pada tahun 1847. Hal tersebut pada akhirnya menghidupkan kembali harta kekayaan Colt yang sempat runtuh.

7. Dia tidak pernah memegang Colt 45 di tangannya

Mengenal Samuel Colt, Inventor Amerika Pencipta Senjata Revolversportsmansoutdoorsuperstore.com

Pistol Colt Single Action Army, yang lebih dikenal sebagai Colt .45, tidak dirilis sampai satu dekade setelah kematian Colt pada tahun 1862. Dijuluki sebagai "Peacemaker" dan "the gun that won the West," Colt 45 dijadikan sebagai standar revolver pasukan militer AS antara 1873 dan 1892.

Itulah beberapa fakta menarik kehidupan Samuel Colt, sang pencipta dan businessman sukses dalam dunia senjata api.

Baca Juga: Kisah Hidup Karl Landsteiner, Ilmuwan Penemu Penggolongan Darah

Ganjar Firmansyah Photo Community Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You