Comscore Tracker

5 Tumbuhan Paling Beracun yang Gak Boleh Kamu Konsumsi, Bisa Mematikan

Ada dari Indonesia juga, lho

Secara umum makhluk hidup dibagi menjadi dua, yaitu hewan dan tumbuhan. Satu sama lainnya sangatlah memberikan manfaat yang penting, salah satunya tanaman bagi manusia. Sebagian tanaman memiliki manfaat kesehatan untuk penyembuhan penyakit dan sebagian lagi untuk konsumsi sehat.

Namun tak sedikit juga tanaman yang justru sangat berbahaya bagi manusia. Bahkan hanya dengan menyentuhnya saja bakal memberikan efek buruk bagi tubuh kita. Lebih buruk lagi, beberapa di antaranya mampu menyebabkan kematian, lho. Apa saja itu? Yuk, disimak!

1. Manchineel

5 Tumbuhan Paling Beracun yang Gak Boleh Kamu Konsumsi, Bisa Mematikanvirily.com

Manchineel bukanlah tumbuhan yang populer di Indonesia karena pohon ini berasal dari Karibia dan benua Amerika. Buah ini tampak seperti apel segar, namun jangan pernah coba-coba untuk mengonsumsinya karena buah ini sangatlah mematikan. Di dalamnya terdapat sebuah racun kimia karsinogenik yang bisa menyebabkan tenggorokan terasa terbakar dan sesak nafas.

Tak hanya buahnya saja, getah dari pohon ini pun tak kalah berbahaya. Di dalamnya terkandung Phorbol,  zat yang mudah larut dalam air dan bisa menimbulkan luka bakar dan kulit meleleh. Sehingga kamu dilarang untuk berteduh di bawah pohon ini saat berteduh dari hujan.

2. Poison Ivy

5 Tumbuhan Paling Beracun yang Gak Boleh Kamu Konsumsi, Bisa Mematikanverywellhealth.com

Dari namanya saja kita sudah bisa mengetahui jika tanaman mungil yang satu ini sangatlah berbahaya. Tanaman ini bisa kita temukan di Amerika Utara bagian timur. Hal yang membuat tanaman ini berbahaya adalah kandungan bahan kimia yang dikenal sebagai urushiol.

Saat disentuh, hampir semua bagian tanaman ini dapat memicu peradangan kulit yang parah, gatal, dan menyakitkan yang dikenal sebagai dermatitis kontak. Yang lebih menakutkan, urushiol dapat bertahan pada pakaian, sepatu, peralatan, tanah, atau hewan yang telah melakukan kontak dengan tanaman, sehingga kemudian meracuni korban yang tidak menyadarinya.

Jika kamu telah hiking melalui area semak-semak dengan tanaman ini, berhati-hatilah dalam melepaskan pakaianmu sehingga bagian luar tidak menyentuh kulit dan segera cuci pakaianmu. Ruam dapat berlangsung kurang dari satu minggu hingga lebih dari tiga minggu tetapi biasanya tidak memerlukan perawatan medis.

Baca Juga: 7 Tanaman Indonesia Ini Membuat Lingkungan Lebih Sehat, Sudah Tahu?

3. Carberra Odollam

5 Tumbuhan Paling Beracun yang Gak Boleh Kamu Konsumsi, Bisa Mematikantodayifoundout.com

Carbera Odollam atau yang dikenal sebagai pohon bunuh diri merupakan tumbuhan paling berbahaya yang tumbuh di India dan Asia Selatan. Carbera Odollam biasanya tumbuh di rawa-rawa dekat pesisir pantai, namun ada juga yang menjadikannya sebagai tanaman hias.

Dinamai pohon bunuh diri karena kandungan racun Cerberin dan Glikosida di dalamnya yang sangat mematikan dan bisa langsung membunuh seseorang. Jika dikonsumsi, buah, daun, biji dan getahnya mampu menyebabkan gangguan jantung yang berakhir kematian.

Tak jarang buah ini juga digunakan untuk membunuh karena kandungan kimianya yang sangat sulit dilacak, bahkan oleh ahli koroner.

4. Strychnine tree

5 Tumbuhan Paling Beracun yang Gak Boleh Kamu Konsumsi, Bisa Mematikanagropack.in

Jika kamu pernah mendengar kisah ratu Cleopatra yang ingin mencari tahu bunuh diri terbaik dengan memakan sebuah buah, namun mengujinya terlebih dulu kepada bawahannya.

Maka buah tersebut adalah dari pohon Strychnine. Racun di dalam buah ini mampu membuat yang mengonsumsinya kejang-kejang, mulut berbusa, hilang kesadaran hingga akhirnya meninggal.

Tak hanya itu, efek samping lainnya yang timbul adalah sakit mata, kram otot, kelumpuhan dan lidah mati rasa.

5. Gympie gympie

5 Tumbuhan Paling Beracun yang Gak Boleh Kamu Konsumsi, Bisa Mematikanbritannica.com

Gympie-gympie merupakan tanaman yang banyak tumbuh di Australia dan Maluku, Indonesia. Meski terlihat tidak berbahaya sama sekali, faktanya tanaman ini merupakan salah satu tumbuhan paling beracun di dunia. Jika kamu menyentuh tanaman ini, maka bulu-bulunya bisa menembus ke dalam kulitmu dan melepaskan racun yang disebut moroidon.

Racun tersebut mampu membunuh manusia, bahkan seekor kuda. Jika mereka yang tersengat beruntung dan mampu bertahan hidup, mereka akan tetap menderita karena akan merasakan sakit yang luar biasa dalam beberapa bulan dan berulang selama bertahun-tahun. Setiap bagian dari tanaman ini dipercaya sangat berbahaya, kecuali akarnya saja.

Itulah lima tumbuhan paling beracun di dunia yang gak boleh kamu coba. Hati-hati ya!

Baca Juga: 5 Fakta Daun Mimba yang Terkenal sebagai Tanaman Suci di India

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya