Comscore Tracker

5 Fakta Beruang Coklat, Hewan Buas yang Terlihat Lucu

Meskipun tampak lucu, jangan coba-coba mendekat ya...

Beruang coklat merupakan salah satu spesies dari keluarga beruang. Mereka banyak mendiami berbagai wilayah di bumi, hal itu membuat mereka cukup dikenal oleh banyak masyarakat dunia. Beruang coklat juga banyak dijadikan sebagai tokoh kartun maupun mainan anak, sehingga membuat beruang satu ini terlihat lucu dan bukannya menyeramkan. Padahal hewan ini adalah salah satu pemangsa terbesar di dunia. Ia dapat berlari, memanjat pohon, bahkan berenang yang membuat hewan ini cukup ditakuti. Beruang coklat mempunyai 16 subspesies termasuk Beruang Grizzly dan Beruang Kodiak.

Berikut adalah beberapa fakta unik dan menarik mengenai Beruang Coklat.

1. Dapat ditemukan di Amerika Utara, Eropa, dan Asia

5 Fakta Beruang Coklat, Hewan Buas yang Terlihat Lucuworldwildlife.org

Wilayah utama beruang coklat meliputi bagian Rusia, Asia Tengah, Cina, Kanada, Amerika Serikat (sebagian besar Alaska), Skandinavia, dan wilayah Carpathian (terutama Rumania), Anatolia, dan Kaukasus. Beruang coklat dapat ditemukan di banyak habitat, mulai dari hutan, pegunungan, hingga dataran es. 

2. Merupakan hewan yang dapat hidup cukup lama

5 Fakta Beruang Coklat, Hewan Buas yang Terlihat Lucuwildsweden.com

Rata-rata usia Beruang Coklat adalah 25 tahun. Di alam liar Beruang tertua yang pernah ditemukan berusia sekitar 37 tahun. Sedangkan di penangkaran bisa mencapai usia yang lebih lama hingga 50 tahun.

3. Beruang Coklat adalah spesies beruang terbesar kedua di dunia

5 Fakta Beruang Coklat, Hewan Buas yang Terlihat Lucusteemit.com

Beruang Coklat mempunyai berat antara 130-600 kg. Subspesies terbesar dari hewan ini adalah Beruang Kodiak yang dapat mencapai berat 600 kg. Beruang Coklat hanya kalah besar dari saudara jauhnya, yaitu Beruang Kutub. 

Baca Juga: 8 Spesies Beruang yang Ada di Dunia, Termasuk Panda Juga Lho

4. Meskipun besar, mereka adalah pelari yang cepat

5 Fakta Beruang Coklat, Hewan Buas yang Terlihat Lucupinterest.com

Meskipun berbadan cukup besar hewan ini juga merupakan pelari yang cepat, Beruang Coklat dapat berlari hingga kecepatan 50 kilometer per jam. Hal ini memudahkannya dalam mengejar mangsanya. 

5. Beruang ini ternyata merupakan hewan omnivora

5 Fakta Beruang Coklat, Hewan Buas yang Terlihat Lucucbc.ca

Beruang Coklat ternyata adalah hewan omnivora, ia bukan hanyak memangsa ikan dan daging melainkan juga kadang-kadang memakan buah apel hingga beri untuk mencukupi kebutuhan makannya.

Itulah beberapa fakta menarik mengenai Beruang Coklat yang dapat menambah pengetahuan kamu.

Baca Juga: 5 Fakta Beruang Madu, Maskot Balikpapan

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya