Comscore Tracker

6 Fakta Hiu Paus, Si Besar Penghuni Lautan

Hewan ini tak menakutkan lho...

Meskipun bernama hiu paus, sebetulnya hewan ini tak termasuk dalam keluarga paus. Sebaliknya ia termasuk ke dalam kelompok hiu. Ia termasuk hewan terbesar di lautan, meskipun begitu hiu paus tak menyerang manusia lho.

Para penyelam bahkan sering berenang bersama hewan ini tanpa rasa takut sedikit pun. Hal ini membuat beberapa spot wisata laut di dunia menyediakan tur selam bersama dengan hewan besar ini.

Berikut beberapa fakta unik dari spesies hiu terbesar di dunia.

1. Merupakan spesies ikan terbesar di dunia

6 Fakta Hiu Paus, Si Besar Penghuni Lautanaquariumofpasific.org

Hiu paus memang bukanlah yang terbesar di lautan, ia masih kalah dengan beberapa spesies paus yang ukurannya jauh lebih besar. Namun, karena paus merupakan hewan mamalia sehingga hiu paus masih memegang gelar sebagai ikan terbesar yang berenang di bumi. Panjang rata-rata hewan ini mencapai 9,7 meter dan beratnya hingga 9 ton.

2. Meskipun besar hewan ini ternyata memakan plankton

6 Fakta Hiu Paus, Si Besar Penghuni Lautantraveller.com

Tak seperti saudara hiunya yang terkenal akan kekejamannya seperti hiu macan dan hiu putih besar, ternyata hiu paus yang berukuran paling besar dari semua spesies hiu ini ternyata hanya memakan plankton, ia membuka mulut besarnya untuk menangkap plankton yang berada di lautan. Walaupun kadang ia juga memangsa ikan kecil dan cumi-cumi

Baca Juga: Mengejutkan! Para Ahli Temukan Ikan Hiu Pertama yang Omnivora

3. Hiu paus ternyata memiliki 3000 gigi

6 Fakta Hiu Paus, Si Besar Penghuni Lautanflickr.com

Meskipun hanya memakan plankton dan ikan kecil seumur hidupnya, hiu paus ternyata memiliki 3000 gigi yang berbaris rapi di dalam mulutnya. Melihat ukurannya gigi ini lebih kecil dari hiu lain yang terkenal besar dan bisa mengoyak mangsanya dengan mudah.

4. Hewan ini sudah berada di bumi sejak 60 juta tahun yang lalu

6 Fakta Hiu Paus, Si Besar Penghuni Lautanthoughto.com

Ternyata hewan besar ini sudah cukup tua lho. Ia telah mendiami lautan di bumi sejak 60 juta tahun yang lalu. Meskipun telah begitu lama, hewan ini masih eksis hingga sekarang. Walaupun demikian banyak perburuan terhadap hiu paus yang dilakukan oleh manusia sehingga menurunkan populasinya. Sebagai sesama makhluk hidup kita harusnya ikut menjaga kelestarian hiu besar ini supaya tetap ada.

5. Menyukai iklim tropis yang cenderung hangat

6 Fakta Hiu Paus, Si Besar Penghuni Lautanbbc.com

Hewan besar ini banyak ditemukan di bagian barat samudra Pasifik, Samudra Hindia, hingga Samudra Antartika. Namun kebanyakan mereka ditemukan di daerah yang bertemperatur hangat, oleh sebab itu mereka juga melakukan migrasi ke tempat hangat jika suhu di habitat mereka mulai dingin. Hiu paus juga banyak ditemukan di Indonesia lho.

6. Dapat hidup hingga lebih dari 70 tahun

6 Fakta Hiu Paus, Si Besar Penghuni Lautantheculturetrip.com

Hiu paus ternyata dapat bertahan hidup cukup lama, hingga lebih dari 70 tahun. Bahkan pernah ditemukan hiu paus yang berusia lebih dari 100 tahun. Meskipun besar mereka ternyata bisa hidup lama juga ya.

Itulah beberapa fakta ikan terbesar di dunia, hiu paus, si penguasa lautan.

Baca Juga: 8 Hiu Prasejarah Ini Jauh Lebih Ganas dari Hiu Masa Kini

Genady Althaf Jauhar Photo Community Writer Genady Althaf Jauhar

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You