Comscore Tracker

7 Fakta Mengejutkan dari Bapak Psikoanalisis Modern

Apa saja sih yang membuatnya melegenda

Sigmund Freud (1856-1939) terkenal sebagai Bapak Psikoanalisis. Psikoanalisis adalah sebuah teori yang mempelajari tentang bagaimana pikiran bekerja dan metode-metodenya untuk membantu orang yang mengalami tekanan mental. Ketika psikoanalisis sudah terkenal, Freud mulai membangun pengikut global yang melahirkan banyak tokoh-tokoh psikologi terkenal. Berikut adalah fakta-fakta menarik dari beliau.

1. Kematian Freud Merupakan Bunuh Diri yang "Dibantu" Dokternya.  

7 Fakta Mengejutkan dari Bapak Psikoanalisis Modernpsychoanalysis.org.uk

Pada musim panas 1939, Freud sudah lemah dan menderita sakit parah akibat kanker mulut yang tidak dapat dioperasi. Pada tanggal 21 September 1939, Freud menggenggam tangan teman sekaligus dokternya, Max Schur, dan mengingatkannya akan janji sebelumnya untuk tidak menyiksanya secara tidak perlu. 

Freud mengatakan bahwa sekarang ini kondisinya hanyalah siksaan yang tidak dapat lagi ditanggungnya. Setelah mendapat izin dari putri Freud, yaitu Anna Freud, Schur menyuntikkan tiga dosis morfin berat kepada Freud sehingga menyebabkannya meninggal.

2. Hobinya Merokok Menyebabkan Lebih dari 30 Kali Operasi Kanker

7 Fakta Mengejutkan dari Bapak Psikoanalisis Modernwww.duart.hr

Freud menjadi kecanduan tembakau setelah menyalakan rokok pertamanya di usia dua puluhan. Freud biasanya merokok lebih dari 20 cerutu sehari. Terlepas dari peringatan dari dokter tentang efek buruk dari terlalu sering merokok, Freud percaya bahwa kebiasaannya itu dapat meningkatkan produktivitas dan kreativitasnya.

Kebiasaannya itu mengakibatkan timbulnya tumor kanker di dalam mulut Freud pada tahun 1923, sehingga dokter mengangkat sebagian besar rahangnya. Meskipun ia menjalani 33 operasi tambahan selama 16 tahun berikutnya dan memiliki prostesis besar yang berada di antara sinus dan rahangnya, Freud tidak pernah berhenti merokok sampai akhir hayatnya.

3. Freud Menolak $100.000 dari Produser Terkenal Hollywood

7 Fakta Mengejutkan dari Bapak Psikoanalisis Modernhistorycollection.com

Pada tahun 1925, ketenaran Freud telah menyebar begitu luas sehingga produser film Samuel Goldwyn menawarkan kepada Freud $ 100.000 untuk menulis naskah film percintaan yang dianggap Goldwyn dapat menjadi kisah cinta yang paling hebat dalam sejarah. 

Terlepas dari tawaran yang mengejutkan itu, Freud terpaksa menolaknya karena saat itu dia sedang mendapatkan pekerjaan senilai $ 25.000 dari penerbit Chicago Tribune untuk menganalisis penjahat terkenal, yaitu Leopold dan Loeb saat keduanya sedang menunggu persidangan pembunuhan mereka yang sensasional.

4. Nazi Membakar Karya-karyanya dan Mengusirnya dari Austria 

7 Fakta Mengejutkan dari Bapak Psikoanalisis Modernba.no

Meskipun dirinya seorang ateis, Freud dilahirkan dalam keluarga Yahudi dan menjadi target utama Nazi ketika mereka naik ke tampuk kekuasaan. Buku-bukunya termasuk di antara yang dibakar oleh Nazi pada tahun 1933.

Setelah Jerman berhasil menginvasi Austria, Nazi menggerebek apartemennya dan Gestapo lalu menahan dan menginterogasi putrinya, yaitu Anna. Dengan bantuan teman dan pasiennya, Marie Bonaparte, Freud berhasil melarikan diri ke London bersama istrinya dan Anna.

5. Empat Saudari-nya Meninggal di Kamp Konsentrasi Nazi. 

7 Fakta Mengejutkan dari Bapak Psikoanalisis Modernholocausthistoricalsociety.org.uk

Marie Bonaparte sempat berusaha untuk mendapatkan visa keluar untuk empat saudara perempuan Freud, tetapi gagal. Empat saudari Freud yang ditinggalkannya di Wina akhirnya dikirim ke kamp konsentrasi Nazi, tempat mereka meninggal. Kemudian, Freud sendiri meninggal hanya beberapa minggu setelah peluncuran Perang Dunia II. 

6. Freud Pernah Mempelajari Kehidupan Seks dari Belut 

7 Fakta Mengejutkan dari Bapak Psikoanalisis Modernbiodiversity.utexas.edu

Saat belajar di Universitas Wina, Freud muda belajar zoologi. Dalam perjalanan penelitian ke Trieste untuk mempelajari organ seksual belut, profesornya menugaskan dia untuk menemukan gonad jantan spesies tersebut, suatu hal yang telah luput dari perhatian para ilmuwan selama berabad-abad. Meskipun begitu, Freud menghabiskan berjam-jam membedah belut tanpa ada hasil. 

7. Pencuri Sempat Berusaha Mencuri Abu-nya. 

7 Fakta Mengejutkan dari Bapak Psikoanalisis Modernbridgemanimages.com

Setelah kematian Freud, abunya ditempatkan di sebuah guci Yunani kuno yang diberikan kepadanya oleh Bonaparte. Ketika istrinya, Martha, meninggal pada tahun 1951, abunya dipindahkan ke Golders Green Crematorium London.

Pada Januari 2014, polisi London melaporkan bahwa ada pencuri yang berusaha untuk mengambil abu Freud. Meskipun pencurian itu digagalkan, para pencuri berhasil merusak guci berusia 2.300 tahun itu.

Freud merupakan salah satu tokoh psikologi yang dihormati karena sudah mengembangkan visi baru tentang keberadaan manusia, tetapi banyak juga yang menganggapnya sebagai perusak nilai-nilai dari kebudayaan yang sudah dihormati secara turun-temurun. Kalau menurut kalian bagaimana ?

Baca Juga: 5 Fakta Catatan Paling Berbahaya di Dunia, Milik Seorang Ilmuwan!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ane Hukrisna

Berita Terkini Lainnya