Comscore Tracker

Selain Stellarium, Ini Dia Aplikasi Stargazing yang Patut Kamu Coba

Menikmati indahnya angkasa dari layar ponsel

Langit malam memang menyimpan sejuta rahasia. Kita gak tahu apakah bintang yang kita lihat berada di koordinat mana esok malam. Kita juga kadang gak tahu kalau sinar yang kita kira bintang, ternyata merupakan planet. Sering juga kita bertanya-tanya pada diri sendiri mengenai apa yang sebenarnya berada dibalik gelapnya atmosfer Bumi pada malam hari. Banyaknya fenomena astronomi yang terjadi belakangan ini membuat kita makin penasaran tentang langit malam. Nama Centaurus constellation atau Orion Nebulae terdengar sangat menarik dan membuat kita ingin sekali mengetahui lebih jauh tentang benda-benda langit lainnya.

Untungnya, seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, kita gak perlu lagi repot-repot harus punya teropong bintang dan teleskop untuk mengamati langit malam yang penuh bintang, atau istilah kerennya sih, stargazing. Langit malam kini bisa dijelajah secara virtual melalui aplikasi!

Stellarium merupakan yang paling terkenal, tapi kamu tahu gak selain Stellarium, aplikasi-aplikasi dibawah ini juga bisa membantumu menjelajah langit hanya dengan bermodalkan ponselmu saja.

1. StarWalk 2

Selain Stellarium, Ini Dia Aplikasi Stargazing yang Patut Kamu Cobamacworld.com

Lewat StarWalk 2 kita cukup mengarahkan ponsel ke arah langit dan aplikasi ini akan menunjukkan kita objek langit apa yang kita lihat saat itu juga. StarWalk 2 punya fitur keren seperti: Live Planetary Data, Setting Sun dan juga Current Moon Phase.

2. Star Chart

Selain Stellarium, Ini Dia Aplikasi Stargazing yang Patut Kamu CobaStar Chart Google Play

Interface atau tampilan dari Star Chart sangat eye catching. Aplikasi ini punya fitur Night Mode, 3D Exploring dan Augmented Reality (AR). Selain itu Star Chart juga memiliki tur virtual mengenai pergerakan planet dan meteor dalam aplikasinya!

3. Star Tracker

Selain Stellarium, Ini Dia Aplikasi Stargazing yang Patut Kamu CobaStar Tracker on iTunes Apple Store

Star Tracker cocok bagi kamu yang suka banget konstelasi bintang-bintang. Layout aplikasi ini memberikan kesan astrophotography yang keren!

4. NASA App

Selain Stellarium, Ini Dia Aplikasi Stargazing yang Patut Kamu Cobanasa.gov

Tidak peduli kamu tertarik hanya soal bintang, planet atau galaksi, aplikasi resmi dari NASA ini memberikan kamu direktori segala benda langit yang eksis di jagad raya. Desain aplikasi NASA memang cenderung integratif dan menekankan pada aspek dokumenter, seperti video para astro maupun kosmonot, serta database penemuan hasil angkasa mereka. Aplikasi ini juga menyediakan saluran radio digital, jadwal misi NASA, gambar-gambar objek langit dan juga ringtone. Hehehe

5. SkyView

Selain Stellarium, Ini Dia Aplikasi Stargazing yang Patut Kamu Cobamewbies.com

SkyView ini merupakan komposisi penyempurnaan dari Google Sky Maps. Fitur Augmented Reality (AR) berada pada level diatas aplikasi stargazing lainnya. SkyView akan langsung memberikanmu detail terlengkap ketika kamu menyentuh objek langit yang ada di aplikasi ini. Cukup mengarahkan ponselmu ke arah langit saja. Aplikasi SkyView juga punya fitur Digital Telescope yang mengijinkan kamu untuk bisa memandang objek langit sesuai dengan teleskop bintang yang kamu pilih.

Gimana, tertarik mencobanya? Oh ya, semua aplikasi tadi tentu saja sudah tersedia di store smartphone kamu, lho. Ternyata jagad raya ini memang menarik dan gak membosankan untuk dipelajari, ya!

Mob Photo Verified Writer Mob

Hmm- Let me think...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya