Comscore Tracker

11 Fakta Menarik USS Kitty Hawk, Kapal Induk yang Dijual 1 Sen 

Kapal induk dijual dengan harga 1 sen

Angkatan laut Amerika Serikat atau yang lebih dikenal sebagai US Navy merupakan angkatan laut yang memiliki kapal induk terbanyak di dunia. Untuk saat ini US Navy setidaknya mengoperasikan sepuluh kapal induk kelas Nimitz dan satu kapal induk kelas Gerald Ford.

Meskipun memiliki armada laut yang begitu besar, teryata angkatan laut Amerika Serikat pernah membuat geger dunia dengan menjual dua kapal induk mereka dengan harga 2 sen, saja! Dilansir Business Insider, kapal induk yang dimaksud ialah kapal induk USS Kitty Hawk dan USS John F. Kennedy. Buat menambah wawasanmu tentang USS Kitty Hawk, berikut ini adalah sebelas fakta menarik tentang USS Kitty Hawk.

1. USS Kitty Hawk diluncurkan pada 21 Mei 1960 dan menjadi kapal induk pertama di kelasnya  

11 Fakta Menarik USS Kitty Hawk, Kapal Induk yang Dijual 1 Sen potret pembangunan USS Kitty Hawk (navsource.org/Ron Reeves)

2. New York Shipbuilding Corp, selaku galangan pembuat kapal memerlukan waktu hingga 4 tahun untuk menyelesaikan pembangunan USS Kitty Hawk 

11 Fakta Menarik USS Kitty Hawk, Kapal Induk yang Dijual 1 Sen potret pembangunan USS Kitty Hawk (navsource.org/Ron Reeves)

3. USS Kitty Hawk memiliki panjang 319 meter dan lebar 76.6 meter serta berbobot penuh hingga 80.200 ton

11 Fakta Menarik USS Kitty Hawk, Kapal Induk yang Dijual 1 Sen potret USS Kitty Hawk di Hawaii (navsource.org/Bob Canchola)

4. USS Kitty Hawk bukanlah kapal induk nuklir, kapal induk ini menggunakan propulsi turbin uap 

11 Fakta Menarik USS Kitty Hawk, Kapal Induk yang Dijual 1 Sen USS Kitty Hawk bersiap untuk menerima bahan bakar di laut dari kapal pengisian minyak tambahan Angkatan Laut Australia, HMAS Success (navsource.org/William H. Ramsey)

Baca Juga: Kemhan Borong 8 Kapal Perang dari Italia, 2 di Antaranya Bekas

5. Kapal induk USS Kitty Hawk memiliki empat mesin turbin uap yang mampu memberinya kecepatan hingga 30 knot

11 Fakta Menarik USS Kitty Hawk, Kapal Induk yang Dijual 1 Sen potret USS Kitty Hawk (navsource.org/William H. Ramsey)

6. USS Kitty Hawk mampu membawa lebih dari 5.000 awak, yang terdiri dari 2.900 kru kapal dan 2.480 kru pesawat

11 Fakta Menarik USS Kitty Hawk, Kapal Induk yang Dijual 1 Sen potret USS Kitty Hawk dan USS Independence bersandar bersama di pelabuhan (navsource.org/Gerd Mathes)

7. Pada tanggal 20 Desember 1968, Presiden Lyndon B. Johnson menganugerahkan penghargaan Presidential Unit Citation kepada USS Kitty Hawk

11 Fakta Menarik USS Kitty Hawk, Kapal Induk yang Dijual 1 Sen potret USS Kitty Hawk (navsource.org/William H. Ramsey)

8. USS Kitty Hawk perbah ikut serta dalam perang Vietnam serta invasi Amerika Serikat ke Irak

11 Fakta Menarik USS Kitty Hawk, Kapal Induk yang Dijual 1 Sen potret USS Kitty Hawk (navsource.org/Kyle D. Gahlau)

Baca Juga: 8 Fakta Monumen Kapal Van der Wijck, Mengenang Jasa Nelayan

9. Angkatan laut Amerika Serikat memutuskan untuk memensiunkan USS Kitty Hawk pada tanggal 12 Mei 2009 setelah beroperasi lebih dari 45 tahun

11 Fakta Menarik USS Kitty Hawk, Kapal Induk yang Dijual 1 Sen potret USS Kitty Hawk menjelang masa akhir penugasanya (navsource.org/Jesus Uranga)

10. Pada tanggal 6 Oktober 2021, US Navy memutuskan untuk menjual USS Kitty Hawk dan USS John F. Kennedy dengan harga 2 sen

11 Fakta Menarik USS Kitty Hawk, Kapal Induk yang Dijual 1 Sen potret USS Kitty Hawk (navsource.org/Bill Gonyo)

11. International Shipbreaking Limited merupakan perusahaan yang berhasil mendapatkan USS Kitty Hawk dan USS John F. Kennedy dengan harga 2 sen

11 Fakta Menarik USS Kitty Hawk, Kapal Induk yang Dijual 1 Sen Potret awak USS Kitty Hawk berkumpul dan membentuk kata 'sayonara' saat pergi dari penugasan terakhirnya di Jepang (navsource.org/Kyle D. Gahlau)

Itulah sebelas fakta menarik tentang kapal induk USS Kitty Hawk. Mana, nih, fakta menarik yang menurut kamu paling unik? 

Tanaka Agata Photo Writer Tanaka Agata

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kalyana Dhisty

Berita Terkini Lainnya