Comscore Tracker

6 Fakta Menarik Papillon, Anjing dengan Surai Mirip Kupu-kupu

Dulu dimiliki keluarga raja dan bangsawan Eropa 

Anjing merupakan salah satu sahabat terbaik manusia. Itu kenapa banyak orang menjadikan mereka sebagai hewan peliharaan. Tak hanya untuk membantu beberapa perkerjaan seperti berburu dan menggembala.

Ada juga beberapa ras anjing yang lebih cocok sebagai teman. Hal ini tidak lepas karena kelucuan mereka. Umumnya anjing yang dijadikan teman ini memiliki ukuran tubuh relatif kecil dibandingkan ras anjing lainnya. 

Jika kamu senang dengan jenis anjing yang relatif kecil, maka papillon wajib hadir di kehidupanmu! Sebelum mengadopsi, ada baiknya mengenal mereka lebih dalam, ya!

1. Memiliki telinga besar dan surai yang mirip kupu-kupu

6 Fakta Menarik Papillon, Anjing dengan Surai Mirip Kupu-kupupapillon (pixabay.com/birgl)

Aspek paling ikonik dari papillon adalah bentuk telinga mereka yang besar dan berjumbai, ditambah lagi dengan surai yang melingkari pipi dan dagunya. Jika diperhatikan, bentuk telinga dan surai ini membuat papillon jadi mirip kupu-kupu.

Fitur wajah inilah yang menjadi dasar penamaan papillon. Karena nama papillon diambil dari bahasa Prancis yang artinya kupu-kupu.

Anjing ini memiliki berat sekitar 2 hingga 5 kg, dengan tinggi kira-kira 20 hingga 27 cm. Ukuran papillon yang kecil membuatnya mudah dipegang. Itu mengapa banyak orang yang menjadikan mereka sebagai anjing pangkuan.

2. Sejarahnya ditelusuri dari karya seni

6 Fakta Menarik Papillon, Anjing dengan Surai Mirip Kupu-kupuMadame de Ventadour with Louis XIV and his Heirs, pelukis tidak diketahui (wikipedia.org)

Asal usul papillon dapat ditelusuri melalui lukisan-lukisan pelukis termana dari setiap kawasan di Eropa Barat, yang dimulai pada tahun-tahun awal abad ke-16. Dari lukisan-lukisan ini papillon dipercaya berasal dari ras spaniel kerdil.

Spaniel paling awal menyerupai papillon ditemukan di Italia. Ini bisa dilihat dari lukisan Tiziano Vicelli tentang papillon sekitar tahun 1500, termasuk lukisan Venus of Urbino (1542). 

Papillon ditampilkan dengan jelas dalam potret keluarga Louis XIV. Selain itu ia juga ada dalam lukisan keluarga kerajaan di seluruh Eropa dan lukisan keluarga kelas pedagang. Ini adalah bukti bahwa papillon menjadi anjing favorit keluarga raja dan bangsawan.

Bahkan ada cerita yang mengatakan bahwa Marie Antoinette memeluk anjing papillon kesayangannya ketika dia berjalan ke arah guillotine, alat eksekusi mati waktu itu.

3. Salah satu ras anjing paling cerdas

6 Fakta Menarik Papillon, Anjing dengan Surai Mirip Kupu-kupupapillon (pixabay.com/michelle_raponi)

Papillon terkenal cerdas dan percaya diri. Itu kenapa mereka dengan mudah dapat memelajari perintah atau trik dasar yang diberikan. Jiwa aktif dan pemikiran mereka yang tajam membuat papillon sangat cocok untuk mengikuti pelatihan atau kompetisi berbasis kelincahan.

Pelatihan sejak dini juga diperlukan untuk membentuk watak anjing ini. Jika tidak, mereka akan mengembangkan sikap keras kepalanya. 

Papillon juga punya rasa ingin tahu dan kewaspadaan yang tinggi. Jadi jangan heran jika nanti anjing ini akan mengejar dan menyalak hewan-hewan pengerat atau burung-burung kecil yang masuk ke halaman rumah.

Papillon menganggap hal ini sebagai bentuk tanggung jawab mereka untuk melindungi orang-orang yang ada di rumah.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Australian Shepherd, Anjing dengan Corak Indah

4. Si kecil yang pemberani

6 Fakta Menarik Papillon, Anjing dengan Surai Mirip Kupu-kupupapillon (pixabay.com/CataleyaLifedesign)

Meskipun bertubuh kecil, papillon memiliki watak seperti anjing dari ras dengan ukuran tubuh besar. Papillon tidak akan ragu untuk bermain dengan anjing yang ukuran tubuhnya tiga kali lipat lebih besar dari mereka.

Pengawasan diperlukan agar anjing ini tidak terinjak oleh anjing-anjing lain saat bermain. Selain itu, mereka juga tidak akan ragu untuk melompat dari tempat yang tinggi.

Hebatnya lagi sikap papillon yang tak kenal takut akan membuat mereka sering memerintah anjing lainnya, termasuk yang ukurannya jauh lebih besar dari mereka. Ras anjing ini juga tidak akan ragu untuk membela diri jika mereka dianiaya.

5. Peliharaan yang cocok untuk keluarga

6 Fakta Menarik Papillon, Anjing dengan Surai Mirip Kupu-kupuPapillon bermain dengan sang pemilik dan anjing lain dari ras yang berbeda. (pexels.com/Blue Bird)

Papillon mampu beradaptasi dengan mudah. Sikapnya yang lembut dan ceria membuat papillon cocok untuk berada di tengah keluarga kamu. Mereka menyukai persahabatan dan akan selalu berusaha berada di samping pemiliknya.

Jadi anjing ini tidak cocok untuk kamu yang sering bepergian dan meninggalkan mereka. Papillon juga bisa bersikap ramah pada orang asing yang mereka temui. Meski dari ukuran tubuh masuk dalam kategori anjing pangkuan, tapi papillon tergolong aktif dan suka berkeliaran. Mereka juga butuh waktu khusus untuk berolah raga.

Selain itu, papillon juga bisa bergaul dengan hewan-hewan peliharaan lain, seperti kucing atau anjing dari ras yang berbeda.

6. Perawatannya tergolong mudah

6 Fakta Menarik Papillon, Anjing dengan Surai Mirip Kupu-kupupapillon (pexels.com/Blue Bird)

Meski papillon memiliki rambut panjang dan surai yang terurai, tapi rambut ini tidak mudah rontok. Jadi kamu hanya perlu menyikatnya satu atau dua kali seminggu. Selain itu, anjing ini dapat dimandikan tiga bulan sekali, namun bisa lebih jika hal ini benar-benar diperlukan.

Perhatikan juga panjang kukunya, terutama bagian dewclaws karena dapat melingkar dan menembus kaki papillon. Jadi jaga agar tetap pendek.

Papillon juga termasuk anjing yang sehat dan jarang sakit. Mereka hanya memiliki masalah kesehatan kecil, seperti keseleo patela, kejang, dan masalah gigi. Resiko kesehatan lain yang mungkin saja mereka alami adalah atrofi retina progresif, penyakit diskus intervertebralis, dan alergi. Papillon yang sehat mampu hidup hingga usia 15 tahun bahkan lebih. 

Dari fakta-fakta di atas kamu bisa melihat berbagai kelebihan yang dimiliki oleh papillon. Jika kamu bukan tipikal orang yang mageran atau senang bepergian, papillon bisa menjadi salah satu anjing yang cocok untuk menemanimu.

Baca Juga: 7 Fakta Biewer Terrier, Jenis Anjing Terbaru di Daftar AKC

Li Wei Photo Verified Writer Li Wei

food, travel & hype

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya