Comscore Tracker

5 Cara Unik Hewan Menimbun Makanan untuk Musim Dingin  

#IDNTimesScience Ada yang memutilasi mangsanya!

Musim dingin menjadi waktu dalam setahun yang paling menantang bagi penghuni alam liar. Cuaca dingin ekstrem dan minimnya makanan membuat hewan-hewan harus berputar otak supaya bisa bertahan sampai musim semi tiba. Ada yang melaluinya dengan tidur panjang atau hibernasi, ada juga yang sudah jauh-jauh hari menyimpan atau menimbun makanan di dalam sarang.

Nah, ternyata beberapa hewan punya caranya sendiri-sendiri untuk menimbun makanan. Begini cara unik lima hewan berikut dalam menimbun makanannya untuk persiapan musim dingin!

1. Celurut

5 Cara Unik Hewan Menimbun Makanan untuk Musim Dingin  Seekor celurut ekor pendek utara sedang memakan biji-bijian. (commons.wikimedia.org/Gilles Gonthier)

Celurut atau lebih dikenal masyarakat Indonesia sebagai curut, bukanlah jenis tikus atau hewan pengerat seperti yang kita pahami selama ini. Hewan satu ini lebih berkerabat dengan mole. Bahkan bisa dibilang celurut dan tikus sangat berbeda jauh. Gak cuma beda keluarga, keduanya juga beda ordo. 

Nah, beberapa spesies celurut ternyata punya racun pada air liurnya. Sebagai hewan yang harus makan setiap waktu, terutama saat musim dingin, celurut harus punya persediaan makanan.

Spesies celurut ekor pendek utara diketahui menyimpan 87% dari jumlah mangsa yang ditangkapnya, ungkap laman Treehugger. Sedikit racunnya mampu melumpuhkan mangsa tanpa harus membunuhnya. Kalau mangsanya “bangun”, celurut ekor pendek utara tinggal melumpuhkannya lagi. Jadi mereka selalu punya makanan segar untuk dinikmati saat musim dingin. 

2. Tikus tanah

5 Cara Unik Hewan Menimbun Makanan untuk Musim Dingin  Seekor mole atau tikus tanah menggali keluar dari lubangnya. (pixabay.com/beeki-2666)

Mole suka sekali menyantap cacing tanah. Menurut Mammal Society, seekor mole berbobot 80 gram perlu setidaknya 50 gram cacing tanah per harinya. Biarpun mereka juga suka menyantap larva serangga, cacing tanah jadi diet utama saat musim dingin.

Sebagai hewan yang tinggal di dalam tanah, mole tentu menyimpan makanannya di ruangan spesial. Sebanyak 470 ekor cacing tanah tercatat pernah ditemukan dalam satu ruangan spesial ini.

Diketahui, mole melumpuhkan cacing tanah dengan memutilasi bagian kepalanya. Cara ini gak membunuh si cacing. Bahkan kalau mole membiarkannya lama-lama, cacing tanah bisa menumbuhkan kepalanya lagi. Namun temperatur rendah saat musim dingin menyulitkan si cacing untuk kabur. Belum lagi kalau mole tahu. Mamalia kecil ini tinggal menggigit kepalanya lagi.

Baca Juga: Bikin Syok, 24 Hewan Paling Aneh yang Hidup di Dunia!

3. Tupai pohon

5 Cara Unik Hewan Menimbun Makanan untuk Musim Dingin  Seekor tupai membawa makanannya saat salju turun. (pixabay.com/olssid-14556794)

Hewan imut satu ini dikenal sebagai scatter hoarder. Berbeda dengan hewan pengerat yang menimbun makanan dalam satu tempat, tupai pohon justru melakukannya dengan cara menyebarnya ke banyak tempat berbeda.

Seekor tupai pohon bisa membuat ratusan sampai ribuan lubang per tahunnya, ungkap laman Treehugger. Kadang-kadang mereka juga membuat lubang palsu yang gak diisi biji untuk mengelabui pencuri. Dengan kemampuan mengingat memori spasial detail dan indera penciuman tajam, tupai pohon bisa menemukan 40-80% lubang  yang dibuatnya. Lubang-lubang yang terlupakan dan menyimpan biji bisa tumbuh menjadi pohon.

4. Chipmunk

5 Cara Unik Hewan Menimbun Makanan untuk Musim Dingin  Seekor chipmunk tengah melahap sebiji kacang. (unsplash.com/jd_photo)

Dengan kantung pipi elastis yang mampu membawa banyak makanan layaknya kantung belanja, chipmunk cukup jago menimbun makanan. Spesies yellow pine chipmunk, misalnya.

Menurut laman World Atlas, mereka bisa mengumpulkan sebanyak 60.000 buah makanan selama musim panas dan gugur untuk disimpan di beberapa tempat berbeda. Saat musim dingin, mereka akan bangun dari semi-hibernasinya tiap minggu untuk makan. 

Ada juga spesies North American eastern chipmunk. Berbeda dengan saudara-saudaranya yang menyimpan makanan di banyak tempat, mereka justru menyimpannya dalam satu lubang. Untuk bisa mengakomodasi banyaknya makanan, lubang ini bisa punya ukuran lebih dari tiga meter.

Sayangnya, biarpun lebih aman karena si chipmunk gak harus keluar lubang, cara ini justru membuat persediaan makanannya gampang dicuri. Sebanyak 50% eastern chipmunk selalu kecolongan. 

5. Burung pelatuk

5 Cara Unik Hewan Menimbun Makanan untuk Musim Dingin  Seekor acorn woodpecker sedang mematuki batang pohon. (commons.wikimedia.org/Becky Matsubara)

Burung pelatuk atau lebih dikenal sebagai burung woodpecker juga punya cara unik menyimpan makanannya untuk musim dingin. Seperti yang kamu tahu, burung pelatuk dikenal mematukkan paruhnya hingga membentuk lubang di pohon untuk mencari makan atau membangun sarang. 

Kenalkan spesies acorn woodpecker. Sesuai namanya, burung pelatuk satu ini utamanya memanen acorn atau biji pohon ek. Mereka juga suka kacang almond, kenari, hazelnut, pecan, dan kacang pinus.

Acorn woodpecker menyimpan biji dan kacang-kacangan ini pada lubang yang telah dipatuknya di beberapa pohon. Tempat penyimpanan yang juga disebut granary ini bisa menyimpan sampai 50.000 biji, dilansir laman All About Birds. Biji-biji ini disematkan ke dalam lubangnya masing-masing dengan begitu rapat sampai sulit dicuri hewan lain.

Burung pelatuk bersama anggota keluarganya yang lain kerap berpatroli untuk memeriksa biji-biji yang mengkerut. Mereka akan menempatkannya ke lubang yang lebih kecil dan pas. 

Nah, itu tadi cara unik lima hewan dalam menimbun makanannya untuk persiapan musim dingin. Apa kamu tahu hewan lain dengan cara menimbun makanannya yang juga unik? Ceritakan di kolom komentar, dong!

Baca Juga: 10 Hewan Ini Sering Menunjukkan Perilaku Homoseksual, Tak Disangka

Ina Suraga Photo Verified Writer Ina Suraga

Business inquiries: suraga.ina@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya