Comscore Tracker

5 Pemahaman Salah tentang Serigala yang Wajib Kamu Tahu

Gak cuma melolong di malam hari lho

Sering tidak, sih, melihat gambar atau foto di mana serigala melolong pada malam hari ke arah bulan purnama? Apakah serigala sungguhan hanya melolong pada malam hari?

Ternyata itu hanya mitos. Simak, yuk, penjelasannya! Berikut lima pemahaman salah tentang serigala.

1. Hierarki Alfa dan Beta pada kawanan serigala

5 Pemahaman Salah tentang Serigala yang Wajib Kamu TahuPixabay/Jimoody8

Mungkin kamu pernah mendengar hierarki kaku di kawanan serigala, yang mana Alfa adalah pemimpin atau serigala dominan, sementara Beta dan Omega adalah anak buah yang tunduk. Ini tidak sepenuhnya benar.

Kawanan serigala lebih cocok dideksripsikan sebagai suatu bentuk keluarga. Istilah Alfa sebagai pemimpin keluarga merupakan jantan maupun betina yang memiliki anak-anak sebagai anggota kawanan. Satu kawanan bisa terdiri dari dua sampai tiga keluarga. Rata-rata tiap keluarga terdiri dari 5-11 ekor, dan kawanan paling besar bisa mencapai 42 ekor.

Kawanan jarang merekrut serigala lain, terkecuali untuk menggantikan posisi pejantan atau betina Alfa dalam kawanan yang telah mati atau tidak bisa berkembang biak.

2. Serigala bisa dipelihara manusia layaknya anjing

5 Pemahaman Salah tentang Serigala yang Wajib Kamu Tahulongroom.com

Selain dilarang oleh hukum, memelihara serigala murni dapat berbahaya bagi manusia.

Penangkaran My Pack of Wolves pada situsnya menjelaskan bahwa meskipun serigala dan anjing memiliki DNA yang nyaris sama, serigala tidak direkomendasikan untuk dipelihara oleh orang awam. Perilaku serigala tidak dapat diprediksi karena sifat liarnya, sementara anjing telah lama hidup bersisian dengan manusia.

Bahkan wolfdog, hasil persilangan anjing dan serigala liar, tetap memiliki kebutuhan yang berbeda dari anjing biasa. 

Baca Juga: Duh, Makan Daging Anjing Ternyata Bisa Sebabkan Kematian Lho!

3. Serigala melolong hanya pada malam hari atau saat bulan purnama

5 Pemahaman Salah tentang Serigala yang Wajib Kamu TahuPixabay/skeeze

Faktanya, serigala melolong untuk berkomunikasi dengan sesamanya. Fasilitas penelitian dan pendidikan Wolf Park menyebutkan pada situsnya bahwa kawanan serigala melolong untuk mempertahankan wilayah dan mengumpulkan anggota kawanan.

Lolongan biasa dimulai oleh satu anggota kawanan, kemudian ditanggapi anggota-anggota lainnya sehingga membentuk semacam paduan suara. Mereka juga akan menanggapi lolongan dari kawanan lain, tapi biasanya memberikan respon lolongan yang berbeda.

Serigala memang lebih sering melolong pada malam hari karena merupakan jam aktif mereka, tapi bukan berarti mereka tidak melolong di waktu lainnya.

4. Serigala sering menyerang manusia

5 Pemahaman Salah tentang Serigala yang Wajib Kamu TahuPixabay/MRCat

Serigala memang berbahaya bagi manusia, tetapi frekuensi serangan serigala terbilang jarang. Ini disebabkan karena serigala hidup jauh dari manusia dan memiliki kecenderungan kuat untuk menghindari manusia.

Serigala akan menyerang bila merasa terancam, kelaparan, terdorong oleh sifat agresif, dan untuk bertahan diri. Usaha manusia untuk mendisiplinkan atau menjinakkan serigala juga dapat berakibat fatal.

5. Serigala membunuh untuk bersenang-senang

5 Pemahaman Salah tentang Serigala yang Wajib Kamu TahuPixabay/noahherrera

Organisasi Wolf Matters pada situsnya menegaskan bahwa serigala, layaknya karnivora liar lainnya, membunuh untuk bertahan hidup.

Demi bisa makan di hari-hari esok, kebanyakan karnivora kadang akan membunuh lebih dari yang bisa mereka makan dan meninggalkan sisanya begitu saja. Mereka akan meninggalkannya untuk dimakan nanti, atau dimakan oleh hewan pemakan bangkai.

Pemahaman keliru ini bisa datang dari kecenderungan serigala yang tidak akan makan atau kembali pada bangkai yang telah disentuh manusia. Mereka lebih memilih untuk berburu lagi.

Nah, itu tadi pemahaman keliru tentang serigala yang sayangnya masih dipercaya kebanyakan orang.

Baca Juga: 14 Ras Anjing yang Paling Dekat Dengan Leluhurnya, Serigala Abu-abu

Ina Suraga Photo Community Writer Ina Suraga

"And the servants of the Most Merciful are those who walk upon the earth gently, and when the ignorant address them [harshly], they say [words of] peace," Quran (25:63)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You