Comscore Tracker

6 Fakta Beruang Kodiak, Pesaing Beruang Kutub yang Tak Kalah Sangar

Terisolasi selama ribuan tahun!  

Beruang kutub ternyata tak sendirian dalam peringkat atas spesies beruang dan hewan karnivor terbesar di dunia. Beruang kodiak atau beruang cokelat alaska mengikuti tak jauh di belakangnya dengan bobot mencapai 680 kg dan tinggi 1,5 meter!

Biarpun memiliki ciri fisik serupa, beruang satu ini memiliki ukuran lebih besar daripada saudara-saudara satu spesiesnya seperti beruang grizzly. Lalu, apa yang membuat beruang satu ini jauh lebih besar dari saudara-saudaranya? Simak enam fakta mengagumkan beruang kodiak berikut ini!

1. Beruang terbesar kedua di dunia setelah beruang kutub

6 Fakta Beruang Kodiak, Pesaing Beruang Kutub yang Tak Kalah SangarWikimedia Commons/Yathin S Krishnappa

Beruang dengan nama ilmiah Ursus arctos middendorffi ini merupakan subspesies beruang cokelat terbesar di dunia.

Mengutip Alaska Department of Fish and Game, beruang kodiak dewasa terbesar bisa memiliki tinggi bahu 1,5 meter dan berat mencapai 680 kg. Bahkan, beruang ini bisa memiliki tinggi 3 meter saat berdiri dengan dua kaki belakangnya!

Tak heran, beruang Kodiak menduduki peringkat kedua dalam daftar beruang terbesar di dunia setelah beruang kutub.

2. Terisolasi secara genetik selama 12.000 tahun

6 Fakta Beruang Kodiak, Pesaing Beruang Kutub yang Tak Kalah SangarWikimedia Commons/Jpmiller3137

Kamu cuma bisa bertemu beruang kodiak di habitat aslinya di Kepulauan Kodiak, barat daya Alaska. Menurut laman Bio Expedition, mereka telah hidup terisolasi secara genetik dari spesies beruang cokelat lainnya selama 12.000 tahun, tepatnya sejak akhir zaman es.

Tidak adanya predator alami dan banyaknya jumlah makanan di habitat mereka membuat beruang kodiak tumbuh lebih besar dari saudara-saudaranya seperti beruang grizzly

3. Habitat alami yang ganas

6 Fakta Beruang Kodiak, Pesaing Beruang Kutub yang Tak Kalah SangarWikimedia Commons/Lisa Hupp (USFWS)

Beruang kodiak hidup di alam liar Alaska yang memiliki iklim subpolar, musim dinginnya panjang dan superdingin. Sementara, musim panasnya pendek dan gak begitu hangat.

Habitat mereka bervariasi, mulai dari hutan, tundra, sungai, hingga pegunungan es. Meski ganas, habitat alami mereka yang dekat dengan lautan memberikan berbagai macam sumber makanan.

Baca Juga: Mulai Menjadi Kanibal karena Ulah Manusia, Ini 10 Fakta Beruang Kutub

4. Mereka omnivor!

6 Fakta Beruang Kodiak, Pesaing Beruang Kutub yang Tak Kalah SangarWikimedia Commons/Lisa Hupp (USFWS)

Biarpun dielu-elukan sebagai salah satu karnivor darat terbesar di dunia, nyatanya beruang kodiak adalah omnivor. Mereka lebih banyak menghabiskan waktu makan rerumputan dan beri-berian ketimbang makan daging. Namun, ikan tetap jadi menu makanan penting bagi mereka, kok!

5. Habitatnya sempit, tapi ramai

6 Fakta Beruang Kodiak, Pesaing Beruang Kutub yang Tak Kalah SangarWikimedia Commons/Lisa Hupp (USFWS)

Menurut laman Animals Network, beruang kodiak hidup di area kira-kira seluas 5000 mil persegi atau hampir mencapai 13.000 kilometer persegi. Wilayah ini terbilang sempit untuk jadi satu-satunya habitat alami sebuah subspesies hewan. Diperkirakan, hidup sebanyak 3.500 ekor beruang kodiak di wilayah tersebut. 

Oleh karena itu, beruang kodiak memiliki teritorial yang jauh lebih sempit daripada spesies beruang lainnya. Tak jarang, mereka akan saling bekerja sama maupun berkumpul di tempat yang memiliki banyak makanan. 

6. Diburu penduduk asli Kepulauan Kodiak

6 Fakta Beruang Kodiak, Pesaing Beruang Kutub yang Tak Kalah SangarWikimedia Commons/Lisa Hupp (USFWS)

Beruang kodiak memiliki peranan penting dalam kehidupan orang-orang suku Alutiiq. Penduduk asli Kepulauan Kodiak ini memiliki tradisi berburu beruang kodiak untuk mendapatkan makanan, pakaian, dan peralatan.

Mereka cuma mengandalkan anak panah dan tombak saja saat berburu, lho!  Biasanya, mereka akan meninggalkan kepala beruang untuk menghormati arwah si beruang.

Nah, itu tadi adalah fakta-fakta mengagumkan beruang kodiak. Menurutmu, mana yang paling sangar: beruang kutub atau beruang kodiak?

Baca Juga: 5 Fakta Beruang Madu, Satu-satunya Beruang yang Hidup di Indonesia

Ina Suraga Photo Verified Writer Ina Suraga

Business inquiries: suraga.ina@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya