7 Fakta Elang Laut Steller, Burung Pemangsa Pesaing Elang Botak

Dilindungi di empat negara!

Elang laut steller atau steller’s sea eagle merupakan spesies elang laut terbesar di genusnya dan salah satu spesies burung pemangsa terbesar di dunia. Berbeda dengan elang laut lainnya, elang laut steller memiliki ciri khas paruhnya yang besar dan berwarna kuning sehingga membuatnya mudah dikenali di antara saudara-saudara satu genusnya.

Tahukah kamu kalau elang laut satu ini dilindungi di empat negara sekaligus? Simak tujuh fakta elang laut steller berikut ini!

1. Elang laut terbesar dan terberat

7 Fakta Elang Laut Steller, Burung Pemangsa Pesaing Elang Botak commons.wikimedia.org/Paul Stevenson

Elang dengan nama ilmiah Haliaeetus pelagicus ini merupakan spesies elang laut terbesar dan terberat. Mengutip Animal Diversity, berat elang laut steller betina bisa mencapai 9 kilogram, sementara pejantan 6 kilogram.

Angka ini hampir dua kali lipat dari berat rata-rata elang botak yang berkisar 3,1-4,3 kilogram. Ukuran rentang sayap rata-rata elang laut steller selebar 136 sentimeter untuk betina dan 118 sentimeter untuk pejantan.

Tidak mengejutkan bila ukurannya ini membuat elang laut steller tidak memiliki predator alami di habitatnya, seperti yang diungkapkan laman Animals Planet.

2. Bukan satu-satunya yang bernama steller

7 Fakta Elang Laut Steller, Burung Pemangsa Pesaing Elang Botak commons.wikimedia.org/Isiwal

Elang laut steller ditemukan oleh seorang ahli ilmu hewan bernama Georg Wilhelm Steller. Menurut laman Animals Network, selain elang laut steller, Georg Wilhelm Steller juga menemukan spesies hewan unik lainnya, seperti singa laut steller, burung jay steller, steller’s eider (bebek laut besar), hingga sapi laut steller yang telah punah.

3. Tinggal di tempat terpencil

7 Fakta Elang Laut Steller, Burung Pemangsa Pesaing Elang Botak commons.wikimedia.org/Greg Hume

Kalau ingin menyaksikan elang laut steller beraksi di alam liar, kamu bisa menyusuri sungai dan pantai berbatu terpencil di timur laut Siberia, sesuai tutur San Diego Zoo.

Saat musim semi dan panas, elang laut ini banyak ditemukan di wilayah tersebut. Saat musim dingin, sebagian dari mereka akan bermigrasi ke selatan, tepatnya ke kepulauan vulkanik Kuril atau Pulau Hokaido, Jepang, tempat mereka lebih banyak menemukan makanan.