Comscore Tracker

7 Fakta Elang Laut Steller, Burung Pemangsa Pesaing Elang Botak 

Dilindungi di empat negara!

Elang laut steller atau steller’s sea eagle merupakan spesies elang laut terbesar di genusnya dan salah satu spesies burung pemangsa terbesar di dunia. Berbeda dengan elang laut lainnya, elang laut steller memiliki ciri khas paruhnya yang besar dan berwarna kuning sehingga membuatnya mudah dikenali di antara saudara-saudara satu genusnya. 

Tahukah kamu kalau elang laut satu ini dilindungi di empat negara sekaligus? Simak tujuh fakta elang laut steller berikut ini!

1. Elang laut terbesar dan terberat

7 Fakta Elang Laut Steller, Burung Pemangsa Pesaing Elang Botak commons.wikimedia.org/Paul Stevenson

Elang dengan nama ilmiah Haliaeetus pelagicus ini merupakan spesies elang laut terbesar dan terberat. Mengutip Animal Diversity, berat elang laut steller betina bisa mencapai 9 kilogram, sementara pejantan 6 kilogram.

Angka ini hampir dua kali lipat dari berat rata-rata elang botak yang berkisar 3,1-4,3 kilogram. Ukuran rentang sayap rata-rata elang laut steller selebar 136 sentimeter untuk betina dan 118 sentimeter untuk pejantan. 

Tidak mengejutkan bila ukurannya ini membuat elang laut steller tidak memiliki predator alami di habitatnya, seperti yang diungkapkan laman Animals Planet.

2. Bukan satu-satunya yang bernama steller

7 Fakta Elang Laut Steller, Burung Pemangsa Pesaing Elang Botak commons.wikimedia.org/Isiwal

Elang laut steller ditemukan oleh seorang ahli ilmu hewan bernama Georg Wilhelm Steller. Menurut laman Animals Network, selain elang laut steller, Georg Wilhelm Steller juga menemukan spesies hewan unik lainnya, seperti singa laut steller, burung jay steller, steller’s eider (bebek laut besar), hingga sapi laut steller yang telah punah. 

3. Tinggal di tempat terpencil

7 Fakta Elang Laut Steller, Burung Pemangsa Pesaing Elang Botak commons.wikimedia.org/Greg Hume

Kalau ingin menyaksikan elang laut steller beraksi di alam liar, kamu bisa menyusuri sungai dan pantai berbatu terpencil di timur laut Siberia, sesuai tutur San Diego Zoo.

Saat musim semi dan panas, elang laut ini banyak ditemukan di wilayah tersebut. Saat musim dingin, sebagian dari mereka akan bermigrasi ke selatan, tepatnya ke kepulauan vulkanik Kuril atau Pulau Hokaido, Jepang, tempat mereka lebih banyak menemukan makanan. 

Baca Juga: 5 Burung Endemik dari Trinidad dan Tobago yang Unik Banget

4. Membangun sarang superbesar

7 Fakta Elang Laut Steller, Burung Pemangsa Pesaing Elang Botak ommons.wikimedia.org/Francesco Veronesi

Musim kawin elang laut steller biasanya berlangsung pada Februari atau Maret. Menurut laman Animals World, mereka akan membangun sarang di atas bebatuan atau pepohonan besar hingga ketinggian maksimal 148 kaki atau 45 meter dari tanah!

Sarang mereka pun superbesar dengan diameter maksimal hingga 2,5 meter. Sarang ini dibuat dari ranting atau batang pohon dan akan digunakan berkali-kali.

5. Berburu dan mengais bangkai

7 Fakta Elang Laut Steller, Burung Pemangsa Pesaing Elang Botak commons.wikimedia.org/TimSagorski

Elang laut steller tinggal dekat dengan perairan terbuka di mana mereka bisa berburu ikan salmon yang menjadi favoritnya. Selain berburu, mereka juga suka mengais bangkai.

Di Jepang, elang laut ini suka makan ikan cod. Mereka juga makan kepiting, kerang-kerangan, cumi-cumi, hewan-hewan kecil, bebek, dan burung camar, ungkap National Geographic. Uniknya, mereka juga menunjukkan perilaku kleptoparasitisme dengan mencuri hasil buruan hewan lainnya, sama seperti elang botak.

6. Penglihatan tajam bak teropong

7 Fakta Elang Laut Steller, Burung Pemangsa Pesaing Elang Botak commons.wikimedia.org/Erik Zachte

Elang laut steller memiliki penglihatan yang luar biasa. Layaknya teropong, mereka bisa melihat lokasi mangsa dari kejauhan dengan tepat. Mata mereka yang berada di bagian depan wajah memberikannya kedalaman persepsi, jelas San Diego Zoo. Mereka akan menunggu mangsanya dari pinggir tebing atau pohon, lalu mereka dapat menukik dari ketinggian setinggi 30 meter!

7. Dilindungi di banyak negara

7 Fakta Elang Laut Steller, Burung Pemangsa Pesaing Elang Botak commons.wikimedia.org/JMKubler

Melukai atau berburu elang laut steller akan memberikanmu hukuman berat, lho! Menurut Animals Planet, burung satu ini dilindungi di empat negara sekaligus, mulai dari Jepang, Rusia, Korea Selatan, hingga Tiongkok.

Biarpun tidak memiliki predator alami di habitatnya, populasi elang laut steller tetap terancam oleh polusi industri, overfishing, penangkapan ikan secara berlebihan, hingga perubahan ekosistem.

Setelah tahu tujuh faktanya, bagaimana pendapatmu tentang elang laut satu ini? Apakah kamu menjadikan elang laut steller sebagai burung pemangsa favoritmu?

Baca Juga: 6 Fakta Hoatzin, Burung Endemik Amazon yang Disebut Burung Reptil

Ina Suraga Photo Verified Writer Ina Suraga

I love writing about various things, from health to personal development stuff, but animals surely have soft spot in my heart. Business inquiries: suraga.ina@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya