Comscore Tracker

7 Fakta Menarik Llama, Saudara Unta yang Suka Meludah

Jangan sampai bikin mereka marah, deh!

Llama telah lama dijadikan hewan pengangkut barang bagi masyarakat di daerah pegunungan Andes, Amerika Selatan. Mereka punya sejarah yang cukup panjang di tanah Amerika, bahkan saat masih zaman es. Meski sering sulit dibedakan dengan alpaka, llama juga punya daya tariknya tersendiri.

Tahukah kamu kalau llama paling gak bisa dipaksa bawa barang terlalu berat? Kalau dipaksa, mereka bakalan dongkol dan menendangmu! Simak, deh 7 fakta menarik llama berikut ini yang wajib kamu tahu!

1. Aslinya dari Amerika Utara

7 Fakta Menarik Llama, Saudara Unta yang Suka MeludahWikimedia Commons/Freestock.ca

Menurut laman Thoughtco, nenek moyang llama hidup di tanah Amerika Utara sebelum pindah ke Amerika Selatan saat zaman es jutaan tahun lalu. Seiring masa berlalu, mereka berevolusi menjadi guanaco dan vikuna, dua spesies mamalia liar di keluarga unta. Baru sekitar 4000 hingga 5000 tahun lalu, llama dijinakkan di Peru dari guanaco liar sebagai hewan pengangkut. Kini, llama banyak dikembangbiakkan di seluruh dunia.

2. Satu keluarga dengan unta, tapi gak berpunuk

7 Fakta Menarik Llama, Saudara Unta yang Suka MeludahUnsplash/advocator_sy

Biarpun sepintas mirip kambing atau domba, llama masih satu keluarga dengan unta. Bersama alpaka, guanaco, dan vikuna, llama termasuk dalam keluarga biologi camelidae. Mereka tidak berpunuk layaknya unta, tapi mereka semua memiliki nenek moyang yang sama.

Baca Juga: 5 Fakta Unik Kutu Beras, Bisa Bertelur 150 Butir per Bulan!

3. Lebih besar dari alpaka

7 Fakta Menarik Llama, Saudara Unta yang Suka MeludahWikimedia Commons/Bramans

Salah satu cara untuk membedakan llama dari alpaka adalah dengan melihat ukuran tubuh mereka. Umumnya, llama berukuran lebih tinggi dan besar dari alpaca. Dilansir laman Sea World, llama bisa memiliki bobot antara 135-202,5 kilogram. Rata-rata llama dewasa bisa tumbuh tinggi mencapai 150-180 centimeter.

4. Hewan pengangkut yang tangguh melalui medan terjal

7 Fakta Menarik Llama, Saudara Unta yang Suka MeludahUnsplash/adrianalion

Masyarakat asli pegunungan Andes telah menggunakan llama sebagai hewan pengangkut selama berabad-abad. Menurut National Geographic, Hewan ini bisa membawa beban seberat 22-34 kilogram sejauh 32 kilometer dalam sehari. Mereka banyak diandalkan masyarakat Andes karena sangat tangguh melewati medan yang terjal. 

5. Bisa bertahan hidup dengan sedikit air

7 Fakta Menarik Llama, Saudara Unta yang Suka MeludahUnsplash/studentenfilm

Laman Britannica menuturkan kalau llama memiliki toleransi tinggi terhadap rasa haus. Mereka bisa bertahan lebih lama dari kebanyakan hewan hanya dengan sedikit air. Mereka juga bisa memakan apa pun yang bisa mereka temukan di sekitarnya. Hal ini membuat mereka menjadi hewan pengangkut yang efektif di dataran dan pegunungan Andes yang cukup gersang.

6. Paling gak bisa dipaksa

7 Fakta Menarik Llama, Saudara Unta yang Suka MeludahWikimedia Commons/Johann "nojhan" Dréo

Llama merupakan hewan sosial yang baik dan lemah lembut. Namun, jangan sampai kamu memaksanya. Llama terkenal sangat sensitif. Mereka akan langsung duduk diam di tanah kalau dipaksa membawa barang bawaan terlalu berat atau berjalan lebih jauh dari kemampuannya. Bahkan, tak jarang mereka akan mendesis, meludah, bahkan menendang pemiliknya, lho! 

7. Hewan yang suka meludah

7 Fakta Menarik Llama, Saudara Unta yang Suka MeludahWikimedia Commons/Eric Kilby

Llama terbilang lumayan sering meludah. Umumnya mereka meludah saat merasa terancam, dipaksa manusia, atau menunjukkan dominan ke llama lain. Tak jarang mereka saling meludah untuk berebut makanan. Para betina juga biasanya meludah ke para pejantan supaya tidak diganggu. 

Kamu perlu waspada kalau bertemu llama yang menarik telinganya dan mulai mengeluarkan suara seperti meludah. Ini tanda kalau kamu harus menjauhinya sebelum diludahi sungguhan!

Jadi, jangan macam-macam dengan hewan satu ini, deh! Kita juga harus berhenti memperlakukan dan memanfaatkan hewan seenaknya tanpa harus menunggu diludahi atau diserang mereka.

Nah, setelah tahu tujuh fakta menariknya, apakah llama jadi hewan favoritmu?

Baca Juga: 5 Hal Aneh dan Menjijikkan yang Dimakan oleh Hewan, Berani Baca?

Ina Suraga Photo Verified Writer Ina Suraga

Business inquiries: suraga.ina@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya