Comscore Tracker

9 Fakta Menarik Burung Gannet, si Penyelam dengan Kecepatan Tinggi

Burung ini gak punya lubang hidung, lho!

Burung gannet merupakan jenis burung laut berukuran besar yang tinggal di laut lepas. Mereka masih satu keluarga dengan burung boobies atau angsa batu yang salah satu spesiesnya banyak dikenal karena punya kaki berwrana biru.

Burung gannet dibagi jadi tiga spesies dengan tempat tinggal berbeda-beda, ada gannet utara yang mendiami samudra Atlantik utara, cape gannet di perairan Afrika, dan gannet australasia di Australia dan Selandia Baru. Ketiga spesies ini gak cuma dikenal karena kecantikan dan ukurannya, tetapi juga kemampuan menyelamnya yang luar biasa.

Burung ini bisa menukik tajam dari ketinggian untuk menyelam langsung ke kedalaman. Kecepatan terjunnya bisa mencapai 100 kilometer per jam! Lalu, bagaimana burung ini bisa menghantam air dengan kecepatan tinggi tanpa terluka?

Simak dulu sederet fakta burung gannet berikut ini yang sayang jika kamu lewatkan, yuk!

1. Menurut Beauty of Birds, gannet utara merupakan spesies gannet terbesar dengan rentang sayap mencapai 2 meter

9 Fakta Menarik Burung Gannet, si Penyelam dengan Kecepatan Tinggigannet utara terbang (commons.wikimedia.org/Andreas Trepte)

2. Pulau Bass Rock di Skotlandia jadi area koloni gannet utara terbesar di dunia. Menurut The Guardian, ada lebih dari 150.000 ekor hidup di sana

9 Fakta Menarik Burung Gannet, si Penyelam dengan Kecepatan Tinggikoloni burung gannet utara di pulau Bass Rock, Skotlandia (commons.wikimedia.org/Odd Wellies)

3. Menurut laman Ecomare, burung gannet berburu ikan dengan terjun ke dalam air dari ketinggian 30 meter dengan kecepatan hampir 100 km/jam!

9 Fakta Menarik Burung Gannet, si Penyelam dengan Kecepatan TinggiBurung gannet menarik sayapnya ke belakang saat terjun ke dalam air. (commons.wikimedia.org/Mike Pennington)

4. Dari ketinggian dan kecepatan tersebut, burung gannet bisa meluncur hingga kedalaman 15 meter

9 Fakta Menarik Burung Gannet, si Penyelam dengan Kecepatan Tinggiburung gannet dengan hasil tangkapannya (pixabay.com/iainpoole-5878303)

5. Mereka punya semacam kantong udara di balik kulit wajah dan dadanya untuk menyerap kekuatan benturan

9 Fakta Menarik Burung Gannet, si Penyelam dengan Kecepatan Tinggisepasang burung gannet utara (pixabay.com/sturrax-667313)

Baca Juga: 5 Fakta Tentang Burung Toco Toucan, Burung Dengan Paruh Paling Unik

6. Lubang hidungnya juga gak terdapat di paruh, melainkan di dalam mulut. Ini salah satu adaptasi untuk menghindarkan burung gannet dari cedera

9 Fakta Menarik Burung Gannet, si Penyelam dengan Kecepatan Tinggitampak dekat burung gannet (pixabay.com/anncapictures-1564471)

7. Mereka menarik dan membuang napas lewat celah di sisi-sisi paruhnya, ungkap Ask Nature. Celah ini tertutup otomatis saat mereka menyelam

9 Fakta Menarik Burung Gannet, si Penyelam dengan Kecepatan Tinggitampak dekat burung gannet (pixabay.com/dragontools-12267524)

8. Mereka suka berburu ramai-ramai. Menurut organisasi konservasi alam RSPB, hingga 1000 ekor burung gannet bisa terlihat berburu sekaligus

9 Fakta Menarik Burung Gannet, si Penyelam dengan Kecepatan Tinggisekumpulan burung gannet (pixabay.com/canadian-nature-visions-16842307)

9. Metode penangkapan ikan longline dan polusi laut jadi ancaman bagi keselamatan burung gannet

9 Fakta Menarik Burung Gannet, si Penyelam dengan Kecepatan Tinggiseekor burung gannet terjerat jaring ikan (commons.wikimedia.org/Uwe Schmid)

Sederet fakta tersebut menunjukka jika unggas satu ini memang begitu menakjubkan, ya! Setelah tahu fakta-fakta menariknya, bagaimana pendapatmu tentang burung gannet?

Baca Juga: 9 Fakta Unik Burung Kirik-kirik alias Burung Pemakan Lebah

Ina Suraga Photo Verified Writer Ina Suraga

Business inquiries: suraga.ina@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya