Comscore Tracker

7 Fakta Menarik Hiu Berjumbai, Ikan Mengerikan Penghuni Laut Dalam

Tak hanya mengerikan, tapi juga misterius! 

Hiu putih memang mengerikan, tapi apa kamu pernah membayangkan seekor hiu bertubuh mirip ular atau belut dengan ratusan gigi berenang di wilayah laut dalam yang gelap dan sepi? Mereka dinamakan frilled shark atau dalam bahasa Indonesia dinamakan hiu berjumbai.

Hiu ini agak berbeda dari hiu kebanyakan. Penampilannya yang tampak kuno membuat mereka disebut sebagai fosil hidup. Tahukah kamu kalau hiu ini memiliki tiga ratus gigi berbentuk seperti kail untuk menjebak mangsanya? Simak, yuk, delapan fakta menarik hiu berjumbai berikut ini!

1. Sekali tanganmu digigit ikan berjumbai, kamu akan sulit melepasnya

7 Fakta Menarik Hiu Berjumbai, Ikan Mengerikan Penghuni Laut DalamWikipedia.org

Hiu berjumbai memiliki total 300 gigi untuk menerkammu. Melansir laman Mental Floss, mereka memiliki 25 baris gigi yang mengarah ke dalam, sehingga hampir mirip seperti kail.

Kalau jarimu tergigit, satu-satunya cara untuk melepasnya dengan mendorong jarimu masuk ke dalam mulut hiu ini lalu baru menariknya keluar. Bila langsung menariknya keluar, dampaknya akan fatal.

2. Pinggiran mulutnya pun bergigi

7 Fakta Menarik Hiu Berjumbai, Ikan Mengerikan Penghuni Laut DalamCommons.wikimedia.org

Tiga ratus gigi ternyata masih belum cukup. Mengutip laman Wired, hiu ini memiliki semacam duri di pinggiran mulutnya yang disebut sebagai dermal denticles. Duri ini merupakan sisik yang telah dimodifikasi sedemikian rupa menjadi "gigi palsu".

3. Gigi putih cemerlang untuk menarik mangsa

7 Fakta Menarik Hiu Berjumbai, Ikan Mengerikan Penghuni Laut DalamGo.discovery.com

Kontras dengan tubuhnya yang berwarna cokelat atau abu-abu, hiu berjumbai memiliki gigi putih cemerlang. Bukan tanpa alasan, mereka menggunakannya untuk memancing mangsa mendekat. Mangsa di perairan dalam yang gelap tentu akan tertarik dengan warnanya yang cerah.

Baca Juga: 4 Alasan Luar Biasa Kenapa Hiu Sangat Penting bagi Kehidupan Kita

4. Berenang mengapung di perairan dalam

7 Fakta Menarik Hiu Berjumbai, Ikan Mengerikan Penghuni Laut DalamBbc.co.uk

Para ahli awalnya menduga kalau ikan ini berenang meliuk seperti belut atau ular. ReefQuest Centre for Shark Research mengatakan kalau ikan ini justru mengapung di kedalaman.

Hiu berjumbai memiliki rongga tubuh yang memanjang dan hati berukuran besar yang berisi hidrokarbon dan minyak dengan kepadatan rendah. Oleh karena itu, mereka mudah mengapung. Bagian tubuh beserta sirip belakang akan bergerak mendorong atau melesat ke arah mangsa.

5. Menyerang layaknya ular

7 Fakta Menarik Hiu Berjumbai, Ikan Mengerikan Penghuni Laut DalamWikipedia.org

Hiu berjumbai mampu membuka rahang mereka lebar-lebar layaknya ular. Dengan rahang ini, mereka sanggup menelan langsung mangsa berukuran separuh panjang tubuhnya. Ini berbeda dengan hiu yang justru mencabik-cabik mangsanya. 

6. Masa kehamilan lebih dari tiga tahun!

7 Fakta Menarik Hiu Berjumbai, Ikan Mengerikan Penghuni Laut DalamWikipedia.org

Hiu berjumbai merupakan makhluk bertulang belakang dengan masa kehamilan paling lama. Mengutip laman Thoughtco, para ilmuwan yakin bahwa masa kehamilan hiu berjumbai bisa mencapai tiga setengah tahun. Hiu betina bisa melahirkan dua sampai lima belas ekor anak. Anak yang baru lahir berukuran antara 40-60 cm.

Hiu berjumbai jantan dewasa mampu tumbuh antara 1-1,2 meter, sementara betina dewasa antara 1,3-1,5 meter. Betina dewasa dapat bertumbuh lebih panjang lagi hingga maksimum 2 meter.

7. Tidak ada yang tahu jumlah pasti populasi mereka

7 Fakta Menarik Hiu Berjumbai, Ikan Mengerikan Penghuni Laut DalamWikipedia.org

Habitat alami hiu berjumbai yang berada di kedalaman antara 50-1500 meter membuat ilmuwan tak bisa memastikan seberapa banyaknya jumlah populasi mereka. Sampel hidup yang ada tak bisa bertahan hidup terlalu lama di kondisi lingkungan yang berbeda dengan habitat mereka. 

Namun, IUCN (International Union for Conservation of Nature) mengategorikan mereka sebagai least concern atau 'berisiko rendah mengalami kepunahan'.

Setelah mengetahui faktanya, dari skor satu sampai sepuluh, menurutmu seberapa mengerikannya ikan satu ini?

Baca Juga: 7 Fakta Menarik Basking Shark, Si Hiu Raksasa Pemakan Plankton

Ina Suraga Photo Community Writer Ina Suraga

I love writing about various things, from health to personal development stuff, but animals surely have soft spot in my heart.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You