Comscore Tracker

Lebih Kecil dan Langka, Ini 6 Fakta Menarik Kuda Nil Kerdil  

Cuma ada di 4 negara! #IDNTimesScience

Kuda nil yang kita kenal selama ini ternyata ada dua spesies: kuda nil biasa atau kuda nil sungai dan kuda nil kerdil. Dari namanya, kamu mungkin sudah bisa menebak apa perbedaan utama keduanya. Yap, kuda nil kerdil berukuran lebih kecil dari kuda nil biasa.

Satwa asli Afrika ini juga bisa disebut versi imut dari kuda nil sungai. Selain ukurannya yang kecil, kepala mereka juga tampak lebih bulat. Tahukah kamu kalau mereka cuma bisa ditemukan di empat negara saja? Simak enam fakta berikut untuk mengenal kuda nil kerdil lebih jauh!

1. Saudara “mungil” dari kuda nil biasa

Lebih Kecil dan Langka, Ini 6 Fakta Menarik Kuda Nil Kerdil  sepasang kuda nil kerdil (commons.wikimedia.org/Chuckupd)

Kuda nil kerdil atau dalam bahasa Inggris disebut pygmy hippopotamus merupakan satu-satunya saudara kuda nil sungai yang masih hidup. Mereka tergolong genus Choeropsis biarpun beberapa ilmuwan memasukkan mereka ke genus Hexaprotodon.

Kuda nil sungai sendiri berasal dari genus Hippopotamus. Bersama kuda nil kerdil, kuda nil sungai jadi dua spesies terakhir yang masih hidup di keluarga Hippopotamidae

2. Cuma ada di empat negara

Lebih Kecil dan Langka, Ini 6 Fakta Menarik Kuda Nil Kerdil  Seekor kuda nil kerdil meminum air kolam. (commons.wikimedia.org/Chris Phutully)

Kuda nil kerdil termasuk hewan yang cukup langka. Menurut laman Animal Diversity Web, mereka cuma bisa ditemukan di empat negara di Afrika Barat, yaitu Liberia, Pantai Gading (Ivory Coast), Sierra Leone, dan Guinea. Satwa dengan nama ilmiah Choeropsis liberiensis ini dilindungi hukum di empat negara tersebut. 

Kuda nil kerdil suka tinggal di area berhutan yang tak jauh dari sumber air. Mereka memanfaatkan sungai, rawa-rawa, dan badan air lainnya untuk bersembunyi dari bahaya serta menjaga kulitnya tetap lembap.

3. Kuda nil kerdil yang gak mungil

Lebih Kecil dan Langka, Ini 6 Fakta Menarik Kuda Nil Kerdil  tampak samping kuda nil kerdil (commons.wikimedia.org/Bardrock)

Dilansir laman Animalia, kuda nil kerdil dewasa bisa tumbuh dengan bobot 180--275 kilogram. Tinggi badannya mencapai 1 meter, sementara panjang tubuhnya berkisar 1,5--1,75 meter. Dalam sehari, kuda nil kerdil bisa makan sebanyak 100--150 pounds rumput atau sekitar 45--68 kilogram!

Biarpun begitu, ukuran tubuh kuda nil kerdil tetap gak sebanding dengan saudaranya yang bisa punya bobot berton-ton. 

Baca Juga: 5 Fakta Unik Colorado Chipmunk, Hewan dengan Sifat Setia

4. Punya banyak perbedaan dari kuda nil biasa

Lebih Kecil dan Langka, Ini 6 Fakta Menarik Kuda Nil Kerdil  Seekor kuda nil kerdil menampakkan taring-taringnya. (commons.wikimedia.org/William Warby)

Sepintas, kuda nil kerdil mirip dengan kuda nil biasa. Perbedaan yang bisa langsung ditemukan terletak di bentuk kepalanya yang lebih bulat dan ukuran tubuhnya yang lebih kecil. Kalau diamati benar-benar, perbedaannya gak cuma di situ saja. 

Sepasang mata kuda nil kerdil terletak di sisi-sisi kepala, berbeda dengan kuda nil yang cenderung terletak di atas. Laman A-Z Animals juga mengungkapkan kalau kaki kuda nil kerdil lebih didesain untuk berjalan di hutan ketimbang di dalam air. Kakinya gak begitu berselaput dan lebih panjang menurut proporsi tubuhnya. 

Kalau mereka menguap, kamu juga bisa melihat kalau taringnya gak sepanjang dan sebesar kuda nil sungai. Namun, tampilannya itu sudah cukup bikin predator lari ketakutan.

5. Sama-sama gak berbulu

Lebih Kecil dan Langka, Ini 6 Fakta Menarik Kuda Nil Kerdil  Induk kuda nil kerdil dan anaknya sedang berendam di kolam. (commons.wikimedia.org/Sheba_Also 43,000 photos)

Baik kuda nil kerdil dan kuda nil sungai sama-sama gak punya bulu. Kulit mereka sensitif dan harus sering terkena air. Inilah kenapa mereka suka berendam di sungai.

Sebagai gantinya, mereka punya apa yang disebut “keringat darah”. Cairan ini berwarna merah kecokelatan mirip darah dan dihasilkan oleh kelenjar kulit sebagai perlindungan dari sinar matahari. Animal Diversity Web mengungkapkan kalau cairan ini seperti bentuk adaptasi “pengganti” keringat. Kuda nil banyak mengeluarkan cairan ini setelah berlarian atau kawin.

6. Populasi terus menurun

Lebih Kecil dan Langka, Ini 6 Fakta Menarik Kuda Nil Kerdil  tampak samping kuda nil kerdil (commons.wikimedia.org/Peter Ruckstuhl)

Uni Internasional untuk Konservasi Alam atau IUCN menyatakan spesies kuda nil kerdil sebagai endangered atau genting. Spesies ini terancam oleh penggundulan hutan, perburuan, berkembangnya lahan pertanian, hingga konflik sipil. 

Menurut IUCN, angka populasi kuda nil kerdil dewasa cuma berkisar 2.000--2.499 ekor saja. Biarpun dilindungi di negara-negara tempat mereka hidup, sayangnya populasi mereka terus mengalami penurunan hingga saat ini.

Nah, bagaimana pendapatmu tentang kuda nil kerdil? Semoga saja keberadaan mereka tetap terjaga, ya!

Baca Juga: 7 Hewan Paling Mematikan bagi Manusia di Dunia, Ada Hewan Apa Saja?

Ina Suraga Photo Verified Writer Ina Suraga

Business inquiries: suraga.ina@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya