Comscore Tracker

Lebih Tinggi dari Serigala, Ini 7 Fakta Menarik Maned Wolf

Namanya wolf, tapi mereka bukan termasuk serigala, lho!

Bisakah kamu menebak hewan apa kira-kira yang ada dalam foto di atas? Serigala? Rubah? Koyote? Atau malah hasil editan? Semuanya salah.

Hewan ini bernama maned wolf, atau bila diterjemahkan secara harfiah berarti 'serigala bersurai'. Biarpun namanya berarti serigala dan penampilannya mirip campuran serigala dan rubah, maned wolf adalah spesies tersendiri yang berbeda dari mamalia menyerupai anjing lainnya, lho.

Untuk mengenal hewan asal Amerika Selatan ini, ada beberapa fakta menarik yang wajib kamu tahu, nih. Berikut daftarnya!

1. Satu-satunya spesies di genus mereka

Lebih Tinggi dari Serigala, Ini 7 Fakta Menarik Maned WolfCommons.wikimedia.org

Maned wolf memang berada dalam keluarga biologi yang sama dengan serigala, rubah, anjing, dan mamalia menyerupai anjing lainnya. Namun, mereka adalah satu-satunya spesies di genus mereka, yaitu chrysocyon. Maned wolf memiliki anatomi unik yang membuat mereka berbeda. Jadi, secara teknis mereka bukan serigala atau rubah, ya.

2. Lebih tinggi dari serigala abu-abu!

Lebih Tinggi dari Serigala, Ini 7 Fakta Menarik Maned WolfAdelaidezoo.com.au

Melansir WWF, maned wolf bisa tumbuh mencapai satu meter dan berbobot antara 20-25 kilogram. Oleh karena itu, maned wolf disebut sebagai mamalia menyerupai anjing tertinggi dunia, bahkan mengalahkan serigala abu-abu. 

Baca Juga: 7 Hewan Paling Sadis di Alam Liar, Suka Membunuh dengan Sangat Kejam

3. Kaki panjang diduga hasil evolusi hidup di padang rumput

Lebih Tinggi dari Serigala, Ini 7 Fakta Menarik Maned WolfUnsplash/rthiemann

Salah satu ciri paling menarik dari hewan ini adalah kaki panjang mereka. Kaki mereka terbilang hampir tidak proporsional dengan tubuhnya. Smithsonian’s National Zoo menyebutkan bahwa ini merupakan bentuk evolusi dari habitat asli mereka di padang rumput. Kaki panjang membantu mereka berjalan lebih mudah di antara rerumputan.

4. Surai untuk pertahanan diri

Lebih Tinggi dari Serigala, Ini 7 Fakta Menarik Maned WolfPixabay/gellinger-201217

Selain kaki panjang, ciri paling menarik lainnya adalah surai di leher mereka. Surai ini membuat mereka mendapatkan nama maned atau 'bersurai'. Ternyata surai ini tak hanya membuat mereka terlihat fluffy, tapi punya fungsi khusus pertahanan diri. Ketika terancam, maned wolf akan mengembangkan surai untuk membuat tubuh mereka terlihat lebih besar dan sangar. 

5. Mereka omnivora

Lebih Tinggi dari Serigala, Ini 7 Fakta Menarik Maned WolfUnsplash/zmachacek

Maned wolf termasuk omnivora. Melansir Mental Floss, mereka makan hewan-hewan kecil seperti armadilo, tikus, burung dan lain-lain, juga buah-buahan yang ada di habitat mereka. 

Maned wolf dikenal sering memakan buah lokal bernama ‘lobeira’ atau wolf apple (disebut demikian karena seringnya maned wolf memakan buah ini). Buah ini dipercaya dapat melindungi mereka dari cacing parasit. Biji buah lobeira juga diyakini dapat bertunas lebih baik bila telah melewati pencernaan maned wolf.

6. Hewan penyendiri

Lebih Tinggi dari Serigala, Ini 7 Fakta Menarik Maned WolfUpload.wikimedia.org/Jonathan Wilkins

Berbeda dengan serigala, maned wolf tidak hidup dalam kawanan. Melansir Sea World, mereka hewan monogami yang memiliki wilayah kekuasaan seluas antara 27 kilometer persegi. Mereka jarang berinteraksi satu sama lain di luar musim kawin. Maned wolf betina melahirkan anak-anak berbulu gelap nyaris hitam.

7. Populasi mereka hampir terancam

Lebih Tinggi dari Serigala, Ini 7 Fakta Menarik Maned WolfAnimalspot.net

IUCN mengklasifikasikan status konservasi maned wolf sebagai hampir terancam. Mengutip Sea World, maned wolf menghadapi berbagai macam ancaman, termasuk penggundulan hutan, hilangnya padang rumput, road kill (tertabrak kendaraan di jalanan), diburu manusia, hingga penyakit.  Di habitat asli mereka, maned wolf dilindungi oleh hukum.

Nah, setelah mengenal maned wolf, bagaimana pendapatmu tentang hewan yang satu ini?

Baca Juga: 5 Fakta Unik Wombat, Si Beruang Mini yang Menggemaskan!

Ina Suraga Photo Community Writer Ina Suraga

I love writing about various things, from health to personal development stuff, but animals surely have soft spot in my heart.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You