Comscore Tracker

6 Fakta Menarik Opah, Satu-satunya Ikan Berdarah Panas di Dunia

Punya bobot ratusan kilo, lho!

Ikan merupakan salah satu hewan berdarah dingin, di mana suhu tubuh mereka mengikuti suhu lingkungannya berada. Beberapa ikan merupakan pengecualian, seperti beberapa spesies ikan hiu dan tuna. Mereka mampu menghangatkan beberapa bagian tubuhnya supaya bisa berenang cepat, tapi organ dalamnya tetap dingin.

Namun, ternyata ada ikan yang disebut sebagai ikan berdarah panas yang sesungguhnya. Mereka bisa menghangatkan sekujur tubuhnya, termasuk organ dalamnya.

Ikan tersebut adalah opah. Opah juga biasa disebut sebagai moonfish dan sunfish. Hal ini karena bentuknya yang bulat pipih.

Yuk, cari tahu enam fakta tentang ikan opah di bawah ini.

1. Bisa ditemukan di hampir seluruh perairan laut dunia

6 Fakta Menarik Opah, Satu-satunya Ikan Berdarah Panas di Duniawikimedia.org

Ikan opah merupakan sejenis ikan berbentuk cakram pipih berwarna silver bintik-bintik dan merah merona pada bagian sirip dan ekornya. Sepintas, ikan ini memang mirip sunfish, dan membuatnya juga dapat julukan ini. Keluarga opah disebut Lampridae yang terdiri dari enam spesies. 

Menurut NOAA Fisheries, ikan ini bisa ditemukan di perairan tropis dan hangat di seluruh dunia. Meski begitu, agak sulit untuk menemukan ikan ini.

Para peneliti pun kesulitan mempelajari mereka. Ikan opah lebih banyak mendiami wilayah laut dalam dan hanya sesekali berenang ke permukaan. 

2. Tetap hangat meski berada di perairan dingin

6 Fakta Menarik Opah, Satu-satunya Ikan Berdarah Panas di Duniawikimedia.org

Ikan opah disebut sebagai the true warm-blooded fish atau ikan berdarah panas yang sesungguhnya. Mereka punya suhu tubuh sekian derajat lebih hangat dari suhu lingkungannya berada. Hal ini sedikit berbeda dari mamalia seperti manusia yang mampu menjaga temperatur tubuhnya tetap stagnan.

NOAA Fisheries menjelaskan, jika ikan opah dilengkapi dengan pembuluh darah spesial yang mengangkut darah panas ke insangnya. Daerah insangnya ini cenderung mudah dingin karena menyerap oksigen dari air.

Darah panas ini akan menghangatkan kembali darah yang dingin untuk disirkulasikan ke seluruh tubuh. Kemampuannya untuk tetap hangat ini membuat ikan opah punya banyak keuntungan di kedalaman 150 hingga 1300 kaki atau sekitar 45 hingga 395 meter di bawah permukaan laut. 

Baca Juga: 6 Fakta Ikan Napoleon, Ikan Karang Raksasa Berbobot Ratusan Kilo 

3. Ikan lain juga bisa menghangatkan tubuh

6 Fakta Menarik Opah, Satu-satunya Ikan Berdarah Panas di Duniawikimedia.org

Melansir dari laman National Geographic, beberapa jenis ikan juga bisa menghangatkan bagian tubuh mereka. Seperti ikan swordfish, marlin, dan sailfish yang menghangatkan mata dan otak mereka untuk sementara supaya bisa menajamkan penglihatan saat mengejar mangsa. 

Sementara itu, ikan opah mampu menjaga seluruh tubuhnya tetap hangat, kira-kira 5 derajat celsius lebih hangat dari lingkungannya. 

4. Mampu berenang cepat

6 Fakta Menarik Opah, Satu-satunya Ikan Berdarah Panas di Duniawikimedia.org

Tampilannya yang bulat pipih pasti akan membuatmu mengira, kalau mereka berenang lamban. Nyatanya, National Geographic menuturkan kecepatan berenang ikan opah bisa sebanding dengan ikan tuna dan swordfish.

Ini adalah salah satu keuntungan memiliki tubuh yang hangat di perairan dingin. Berbeda dengan kebanyakan ikan yang meliuk saat berenang, ikan opah mengepakkan siripnya untuk berenang.

Gerakan konstan ini menghasilkan panas yang bisa menghangatkan tubuhnya, jelas laman Live Science. Panas ini mempercepat metabolisme, pergerakan, juga waktu reaksi ikan opah. Fungsi mata dan otak ikan opah pun ikut meningkat.

5. Bisa berbobot ratusan kilo

6 Fakta Menarik Opah, Satu-satunya Ikan Berdarah Panas di Duniawikimedia.org

Ikan opah termasuk ikan berukuran besar. Dikutip dari laman Britannica, spesies opah atlantik utara (Lampridae guttatus) bisa tumbuh sepanjang dua meter dengan berat mencapai 140 kilogram.

Ikan ini masih bisa tumbuh lebih besar lagi karena adanya penemuan spesimen berukuran raksasa. Sementara spesies opah atlantik selatan (Lampridae immaculatus) berukuran lebih kecil dengan panjang rata-rata 110 sentimeter dan berat 30 kilogram.

6. Ikan laut lezat yang kaya gizi

6 Fakta Menarik Opah, Satu-satunya Ikan Berdarah Panas di Duniacommons.wikimedia.org/John McKenzie

Ikan opah disebut-sebut punya cita rasa lezat dan kaya gizi. Menurut laman Hawaii Seafood, ikan opah yang ditangkap di perairan Hawaii kaya akan protein, niacin, vitamin B6, B12, fosfor, dan selenium.

Sama seperti kebanyakan ikan laut lainnya, ikan opah juga kaya lemak sehat omega-3. Mereka cocok disajikan sebagai sashimi, juga dipanggang, ditumis, dikukus, maupun diasapi. 

Nah, setelah kenal ikan opah lewat enam fakta menariknya, bagaimana pendapatmu tentang ikan unik satu ini?

Baca Juga: 7 Fakta Ikan Aligator, Predator Air Tawar yang Dijuluki Fosil Hidup

Ina Suraga Photo Verified Writer Ina Suraga

Business inquiries: suraga.ina@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya