Comscore Tracker

Punya Kemiripan dengan Kucing, Ini 7 Fakta Menarik Rubah Merah

Ternyata mereka berumur pendek, lho!

Dikenal sebagai perumpamaan orang licik (sly and cunning as fox) pada beberapa budaya, rubah merah memiilki banyak fakta menarik untuk disimak. Terlepas dari mana perumpamaan tersebut berasal, semua orang pasti setuju kalau rubah merah hewan yang menggemaskan. Mereka hampir sebesar anjing berukuran sedang dengan bulu fluffy berwarna merah, membuat sebagian orang ingin memeliharanya.

Lalu, apakah hewan ini bisa dijadikan hewan peliharaan? Tahukah kamu kalau hewan ini ternyata memiliki umur pendek di alam liar dan memiliki banyak persamaan dengan kucing? Simak, yuk, tujuh fakta menarik rubah merah berikut ini!

1. Tidak semua rubah merah berwarna merah

Punya Kemiripan dengan Kucing, Ini 7 Fakta Menarik Rubah MerahWikimediacommons/U.S. Fish and Wildlife Service Headquarters

Rubah merah mendapatkan namanya dari warna bulu mereka. Namun, mereka justru terlahir dengan warna cokelat atau abu-abu. Warna ini akan berubah setelah lewat usia satu bulan. Menurut National Geographic, warna ini bisa bervariasi, antara keemasan, cokelat kemerahan, perak, atau bahkan hitam.

Anak rubah merah juga bisa punya warna yang berbeda dengan saudara atau orangtuanya. Namun tentu saja, merah adalah warna paling umum yang dimiliki rubah merah.

2. Mereka mirip kucing!

Punya Kemiripan dengan Kucing, Ini 7 Fakta Menarik Rubah MerahUnsplash/howlingred70

Rubah merah ternyata punya banyak kesamaan dengan kucing. Pertama, mereka memiliki bentuk pupil mata yang sama, yaitu vertikal memanjang. Ini memudahkan mereka untuk melihat dalam gelap. Bila disoroti dengan senter dalam gelap, mata mereka akan bersinar atau terlihat menyala.

Kedua, baik rubah merah atau kucing, mereka bisa menarik cakarnya ke dalam supaya tidak mudah tumpul. Ketiga, mereka sama-sama mengikuti mangsanya diam-diam dengan penuh kesabaran, lalu menerkam di saat yang tepat. 

Ini cukup menarik mengingat rubah merah masuk dalam keluarga biologi canidae (jenis anjing), tapi memiliki persamaan dengan kucing yang berada pada keluarga felidae.

3. Cuma bertahan hidup selama 2-4 tahun di alam liar

Punya Kemiripan dengan Kucing, Ini 7 Fakta Menarik Rubah MerahUnsplash/obkim

Menurut laman American Expedition, rubah merah hanya bisa bertahan hidup antara 2-4 tahun di alam liar. Angka ini bisa bertambah kalau mereka tinggal di penangkaran, yaitu 10-12 tahun. Predator yang memburu mereka terbilang cukup banyak, meliputi koyote, elang botak, serigala, beruang, singa gunung, hingga manusia.

Baca Juga: Nyaris Abadi, 6 Hewan Ini Memiliki Usia Terpanjang di Dunia

4. Karena ahli beradaptasi, angka populasi mereka tidak terancam

Punya Kemiripan dengan Kucing, Ini 7 Fakta Menarik Rubah MerahPixabay/jackknifes-6658034

Biarpun berumur pendek, spesies rubah merah tidak terancam kepunahan menurut IUCN. Menurut National Geographic, rubah merah bisa melahirkan antara 2-12 ekor anak dalam sekali waktu.

Biarpun kerap diburu manusia untuk olahraga, diambil bulunya, karena mengancam hewan ternak, dan karena merupakan pembawa penyakit seperti rabies, rubah merah memiliki kemampuan adaptasi yang baik, entah itu di habitatnya atau di lingkungan manusia.

5. Sosok orangtua yang baik

Punya Kemiripan dengan Kucing, Ini 7 Fakta Menarik Rubah MerahWikimediacommons/Keven Law

Berbeda seperti serigala, rubah merah bukanlah hewan kawanan. Mereka suka hidup sendiri-sendiri, biarpun terkadang-kadang berkelompok untuk berburu. Saat musim kawin, pejantan akan hidup bersama betina selama masa kawin, kehamilan, hingga membesarkan anak-anak.

Pejantan memberi dukungan dengan membawakan makanan dan ikut membesarkan anak-anak mereka sampai para anak cukup besar untuk hidup sendiri.

6. Punya rentang vokal yang luas

Punya Kemiripan dengan Kucing, Ini 7 Fakta Menarik Rubah MerahUnsplash/plloyd

What does the fox say? Asal kamu tahu, rubah punya rentang vokal yang luas, lho! Itu artinya mereka bisa mengeluarkan berbagai macam suara. Menurut laman Wild Republic, mereka bisa mengeluarkan 28 tipe suara yang berbeda untuk berkomunikasi dengan kawan-kawannya.

7. Rubah merah sebagai hewan peliharaan

Punya Kemiripan dengan Kucing, Ini 7 Fakta Menarik Rubah MerahPexels/capri23auto-407274

Di beberapa wilayah Amerika Serikat, rubah merah legal untuk dijadikan hewan peliharaan eksotis, termasuk rubah fennec, rubah silver, dan rubah Arktik. Kamu boleh merawat rubah merah di beberapa negara bagian tertentu sebagai hewan peliharaan selama kamu bisa bertanggung jawab. 

Meski menggemaskan, rubah merah bisa berbahaya karena belum termasuk hewan yang telah dijinakkan seperti anjing atau kucing. Mereka juga terkenal bau dan memiliki gigitan yang berbahaya.

Nah, bagaimana menurutmu tentang hewan satu ini? Bila legal di Indonesia, kira-kira kamu mau pelihara hewan ini, tidak?

Baca Juga: 10 Hewan Termalas di Dunia! Mereka Tidurnya Bisa 20 Jam Setiap Hari

Ina Suraga Photo Community Writer Ina Suraga

I love writing about various things, from health to personal development stuff, but animals surely have soft spot in my heart.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You