Comscore Tracker

7 Fakta Pecuk Ular, Burung Air Unik yang Gak Punya Lubang Hidung

Ada di Indonesia juga, lho!

Burung pecuk-ular atau darter atau anhinga merupakan sebuah genus burung air berukuran besar yang punya wilayah persebaran hampir di seluruh dunia. Dua spesies dari genus ini juga ditemukan hidup di Indonesia. Mereka termasuk satwa yang dilindungi. Burung pada genus ini punya banyak julukan mulai dari snake bird sampai water turkey

Tahukah kamu kalau burung ini gak punya lubang hidung? Lalu, bagaimana cara mereka bernapas? Simak tujuh fakta menarik burung pecuk-ular yang wajib kamu tahu berikut ini!

1. Ada empat spesies, dua di antaranya di Indonesia

7 Fakta Pecuk Ular, Burung Air Unik yang Gak Punya Lubang Hidungcommons.wikimedia.org/Bernard DUPONT

Genus Anhinga terdiri dari empat spesies, yaitu pecuk-ular Amerika (Anhinga anhinga) atau American darter, pecuk-ular Asia (Anhinga melanogaster) atau Oriental darter, pecuk-ular Afrika (Anhinga rufa) atau African darter, dan pecuk-ular Australasia (Anhinga novaehollandiae) atau Australasian darter. Spesies pecuk-ular Asia dan Australasia punya wilayah persebaran di Indonesia. 

2. Burung air berukuran besar

7 Fakta Pecuk Ular, Burung Air Unik yang Gak Punya Lubang Hidungcommons.wikimedia.org/Derek Keats

Pecuk-ular merupakan burung air berukuran besar. Mengutip Animal Diversity, spesies American darter bisa memiliki rentang sayap selebar 117 sentimeter. Berat rata-rata mereka sekitar 1,3 kilogram dan panjang tubuh 85 sentimeter.

Umumnya, pecuk-ular memiliki bulu berwarna gelap, seperti hitam atau kecokelatan. Di bagian dada atau leher mereka biasanya berwarna putih cerah. Bagian paling unik dari burung ini tentu lehernya yang panjang dan kepalanya yang kecil menyerupai ular.

3. Punya banyak julukan

7 Fakta Pecuk Ular, Burung Air Unik yang Gak Punya Lubang Hidungcommons.wikimedia.org/Judy Gallagher

Burung pecuk-ular punya banyak julukan, mulai dari snake bird sampai water turkey. Bukan tanpa sebab, burung ini suka menyelam ke dalam air hanya dengan kepala kecil dan leher panjangnya saja yang terlihat di permukaan sehingga menyerupai ular, tutur Britannica.

Ekornya yang panjang dan direntangkan saat terbang juga menyerupai ekor burung kalkun sehingga mendapatkan julukan water turkey. Namanya dalam bahasa Inggris, darter, juga didapat dari kebiasaannya menusuk ikan dengan paruh panjangnya. 

Baca Juga: 6 Fakta Hoatzin, Burung Endemik Amazon yang Disebut Burung Reptil

4. Gak punya lubang hidung

7 Fakta Pecuk Ular, Burung Air Unik yang Gak Punya Lubang Hidungcommons.wikimedia.org/Dori

Spesies burung umumnya memang gak punya hidung. Namun, mereka punya lubang hidung berukuran kecil yang ada di atas paruh mereka. Uniknya, burung pecuk-ular gak punya lubang hidung!

Menurut Animals Network, burung ini bernapas lewat mulut. Ini merupakan salah satu bentuk adaptasi mereka karena berburu di dalam air. Tanpa lubang hidung, burung pecuk-ular bisa berenang santai tanpa takut airnya masuk ke dalam hidung.

5. Bulu tidak tahan air

7 Fakta Pecuk Ular, Burung Air Unik yang Gak Punya Lubang Hidungcommons.wikimedia.org/Matt edmonds

Biarpun merupakan burung air yang menghabiskan sebagian besar waktunya di dalam air, bulu mereka ternyata tidak tahan air. Animals Network menjelaskan kalau hal ini justru memudahkan mereka untuk berenang. Bulu yang tidak tahan air membuat mereka tidak mudah mengapung sehingga mereka mampu menyelam dan berenang di dalam air lebih mudah.

Meskipun begitu, bulu yang tidak tahan air membuat pecuk-ular gampang kedinginan di dalam air. Oleh sebab itu, mereka punya kebiasaan berjemur di bawah sinar matahari sambil merentangkan sayapnya, jelas Animalia

6. Melontarkan leher dengan cepat

7 Fakta Pecuk Ular, Burung Air Unik yang Gak Punya Lubang Hidungcommons.wikimedia.org/Tatiana Gerus

Tulang tengkuk pecuk-ular berbentuk menekuk yang membuat mereka mampu melontarkan leher dengan cepat. Menurut Animal Diversity, hal ini mereka gunakan untuk menangkap ikan dengan cepat di dalam air. Karena gerakannya ini, burung pecuk-ular disebut darter dalam bahasa Inggris yang bisa diartikan sebagai "anak panah" atau "gerakan tiba-tiba".

7. Spesies pecuk-ular Asia hampir terancam kepunahan

7 Fakta Pecuk Ular, Burung Air Unik yang Gak Punya Lubang Hidungcommons.wikimedia.org/Puru150

Mengutip Animal Diversity, spesies pecuk-ular Asia masuk dalam kategori near threatened atau hampir terancam kepunahan dalam daftar merah IUCN (Uni Internasional untuk Konservasi Alam).

Menurunnya populasi mereka disebabkan oleh hilangnya habitat alami akibat surutnya air, penggundulan hutan, dan gangguan di tempat mereka berkembang biak dan mencari makan. Perburuan, polusi, dan pencurian telur juga menjadi beberapa penyebabnya. 

Bagaimana pendapatmu tentang burung satu ini? Pernahkah kamu melihat burung ini secara langsung?

Baca Juga: Gak Cuma Jago Menyelam, Ini 7 Fakta Menarik Burung-burung Laut

Ina Suraga Photo Verified Writer Ina Suraga

I love writing about various things, from health to personal development stuff, but animals surely have soft spot in my heart. Business inquiries: suraga.ina@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya