Comscore Tracker

Kenalan dengan Penguin Gentoo, Perenang Tercepat di Keluarga Penguin

Ternyata romantis! #IDNTimesScience

Penguin gentoo merupakan satu dari tiga spesies yang ada di genus Pygoscelis. Penguin-penguin di genus ini dikenal sebagai brush-tailed penguin karena punya ekor panjang layaknya sikat. Penguin gentoo juga punya ciri khas lain berupa paruh oranye kemerahan dan pola putih di atas mata. Ini membedakannya dari penguin Adélie dan penguin tali dagu. 

Penguin satu ini diakui sebagai penguin perenang tercepat di dunia, lho! Mereka bisa melesat di dalam air dengan kecepatan mencapai 35 kilometer per jam! Selain itu, mereka juga dikenal sebagai hewan tangguh dan romantis. Simak enam fakta berikut untuk mengenal penguin gentoo lebih jauh!

1. Hidup di Semenanjung Antartika

Kenalan dengan Penguin Gentoo, Perenang Tercepat di Keluarga Penguintampak dekat wajah penguin gentoo (commons.wikimedia.org/Hannes Grobe/AWI)

Penguin dengan nama ilmiah Pygoscelis papua ini hidup di Semenanjung Antartika dan beberapa pulau Sub-Antarktika. Mereka banyak ditemukan di sepanjang garis pantai.

Salah satu lokasi yang paling banyak ditinggali penguin ini adalah Kepulauan Falkland yang ada di seberang Laut Britania Raya. Menurut laman Animal Diversity Web, ada sekitar 40 persen dari jumlah populasi penguin gentoo di dunia bisa ditemukan di kepulauan itu. Apa kamu tertarik untuk berkunjung?

2. Salah satu spesies penguin terbesar di dunia

Kenalan dengan Penguin Gentoo, Perenang Tercepat di Keluarga Penguindua ekor penguin gentoo (commons.wikimedia.org/Gary Bembridge)

Biarpun ukurannya masih kalah jauh dengan penguin kaisar, penguin gentoo tetap yang terbesar di genusnya. Mengutip laman A-Z Animals, penguin gentoo dewasa bisa punya berat antara 4--8 kilogram dan tinggi 51--90 sentimeter. Ukurannya ini membuat penguin gentoo jadi spesies penguin terbesar ketiga di dunia setelah penguin kaisar dan penguin raja.

3. Puasa saat proses ganti bulu

Kenalan dengan Penguin Gentoo, Perenang Tercepat di Keluarga PenguinSeekor penguin gentoo sedang menjalani proses ganti bulu. (commons.wikimedia.org/Stan Shebs)

Setelah anak tumbuh dewasa dan meninggalkan sarang, penguin gentoo dewasa akan memulai proses ganti bulu tahunannya. Proses ini ternyata butuh banyak waktu dan energi. 

Periode sebelum ganti kulit bisa berlangsung selama 55 hari, ungkap Animal Diversity Web. Selama periode ini, penguin gentoo akan sibuk mencari makan dan makan sebanyak-banyaknya untuk menyimpan cadangan lemak.

Hal ini karena mereka gak akan bisa terjun ke dalam laut selama proses ganti kulit berlangsung. Proses ini biasanya berlangsung selama 25 hari dan itu artinya penguin gentoo juga harus berpuasa selama itu. Mereka bisa kehilangan berat badan sebanyak 200 gram per harinya. 

Baca Juga: Tak Patut Dicontoh, Ini 6 Induk Terburuk dalam Dunia Hewan

4. Penguin perenang tercepat di dunia

Kenalan dengan Penguin Gentoo, Perenang Tercepat di Keluarga PenguinSeekor penguin gentoo melesat di dalam air. (commons.wikimedia.org/Ken FUNAKOSHI)

Penguin gentoo dikenal sebagai perenang tercepat di keluarga penguin. Mereka bisa berenang dengan kecepatan 22 mil per jam atau sekitar 35 kilometer per jam. Ini lebih cepat dari kebanyakan jenis burung penyelam, tutur laman A-Z Animals

Uniknya, detak jantung penguin gentoo langsung turun drastis dari 80--100 kali per menit menjadi 20 kali per menit begitu mereka terjun ke laut. Menurut laman Oceana, mereka bisa menyelam sedalam 600 kaki atau sekitar 183 meter untuk berburu hewan-hewan krustasea, ikan, dan cumi-cumi. 

5. "Melamar" dengan batu kerikil

Kenalan dengan Penguin Gentoo, Perenang Tercepat di Keluarga Penguinsepasang penguin gentoo (commons.wikimedia.org/Christopher Michel)

Saat musim kawin menjelang, penguin gentoo jantan akan sibuk menyusuri sepanjang pantai berbatu tempatnya tinggal. Ia mencari batu kerikil paling mulus yang pernah ada untuk dipersembahkan pada si betina pujaan hati. Kalau si betina suka, batu tersebut akan diletakkan di sarang. Keduanya lalu membangun sarang lebih besar untuk persiapan bertelur.

Lucunya, tak jarang pejantan akan mencuri batu kerikil mulus dari pejantan lain, yang kemudian diakuinya sebagai miliknya. Perilaku "melamar" dengan batu kerikil ini juga ditunjukkan oleh spesies Adélie, ungkap laman Oceana.

6. Populasinya melimpah

Kenalan dengan Penguin Gentoo, Perenang Tercepat di Keluarga Penguinkoloni penguin gentoo di pulau Saunders, kepulauan Falkland (commons.wikimedia.org/Liam Quinn)

Penguin gentoo kerap dimangsa predator, seperti anjing laut macan dan orca. Burung laut besar, seperti burung skua dan petrel raksasa, juga suka mencuri telur dan memangsa anak penguin gentoo.

Meski begitu, angka populasi spesies ini terbilang stabil. Bahkan, laman Oceanwide Expeditions mengungkapkan kalau penguin gentoo merupakan satu-satunya spesies penguin yang hidup di Semenanjung Antartika dengan angka populasi dan persebaran yang terus meningkat. Terakhir dievaluasi oleh IUCN pada 2018 lalu, populasi mereka berkisar 774 ribu ekor penguin dewasa. 

Nah, setelah tahu enam fakta menariknya, bagaimana pendapatmu tentang penguin satu ini? Semoga populasi mereka senantiasa terjaga, ya!

Baca Juga: 7 Hewan Paling Mematikan bagi Manusia di Dunia, Ada Hewan Apa Saja?

Ina Suraga Photo Verified Writer Ina Suraga

Business inquiries: suraga.ina@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya