Comscore Tracker

9 Fakta Sand Dollar, Hewan Laut Unik yang Berbentuk Koin 

Mereka punya lima rahang!

Saat jalan-jalan di pantai, pernahkah kamu menemukan benda bulat putih menyerupai koin? Pada bagian punggungnya ada pola berbentuk bunga. Tahukah kamu kalau “koin” ini sebenarnya kerangka yang tersisa dari hewan bernama sand dollar

Yap, sand dollar merupakan sejenis babi laut berbentuk pipih yang tinggal di dasar laut. Menurut laman Thoughtco, hewan ini bisa ditemukan di kedalaman lebih dari 2000 meter. Semasa hidupnya, mereka berwarna kemerahan atau keunguan dengan duri-duri lunak menyelimuti sekujur tubuh. Saat dipegang, teksturnya lembut seperti beludru.

Begitu mati, bangkai sand dollar akan terbawa arus dan berakhir di pantai. Sinar matahari membuat duri-duri lunak di tubuhnya menyusut dan memanggang cangkangnya hingga jadi berwarna putih.

Lalu, apa saja makanan sand dollar semasa hidupnya? Bagaimana caranya mereka makan? Simak sembilan fakta sand dollar yang perlu kamu ketahui berikut ini!

1. Dilansir Thoughtco, rata-rata sand dollar cuma berdiameter 5-10 sentimeter

9 Fakta Sand Dollar, Hewan Laut Unik yang Berbentuk Koin ilustrasi rangka sand dollar (unsplash.com/wickerwoodsong)

2. Saking ringannya, sand dollar yang masih kecil biasa menelan butiran pasir supaya gak terbawa arus

9 Fakta Sand Dollar, Hewan Laut Unik yang Berbentuk Koin ilustrasi sand dollar (commons.wikimedia.org/Haplochromis)

3. Menurut laporan dari Monterey Bay Aquarium, saking kecilnya, wilayah seluas 1 meter persegi bisa dihuni sebanyak 625 sand dollar!

9 Fakta Sand Dollar, Hewan Laut Unik yang Berbentuk Koin ilustrasi sekelompok sand dollar (commons.wikimedia.org/siuman)

4. Gak cuma buat jalan, duri-duri lunak di sekujur tubuh sand dollar juga digunakan untuk makan, lho

9 Fakta Sand Dollar, Hewan Laut Unik yang Berbentuk Koin ilustrasi sand dollar di dalam laut (commons.wikimedia.org/Frédéric Ducarme)

5. Dilansir laman Treehugger, mulut sand dollar punya lima rahang untuk menyantap hewan berukuran kecil seperti krustasea

9 Fakta Sand Dollar, Hewan Laut Unik yang Berbentuk Koin ilustrasi bagian bawah tubuh sand dollar (commons.wikimedia.org/Gerhard H)

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Ikan Kerap Dipilih sebagai Hewan Peliharaan

6. Mereka bisa butuh waktu sampai 15 menit hanya untuk mengunyah makanan, terang laman Ocean Conservancy

9 Fakta Sand Dollar, Hewan Laut Unik yang Berbentuk Koin ilutrasi sekumpulan sand dollar (commons.wikimedia.org/Roger Grace)

7. Pola yang mirip seperti bunga cantik di bagian punggung sand dollar sebenarnya pori-pori untuk bernapas

9 Fakta Sand Dollar, Hewan Laut Unik yang Berbentuk Koin ilustrasi rangka sand dollar (pixabay.com/susieqmaker-312961)

8. Beberapa spesies sand dollar punya beberapa lubang di tubuh yang membuatnya gak gampang tersapu gelombang

9 Fakta Sand Dollar, Hewan Laut Unik yang Berbentuk Koin ilustrasi rangka sand dollar di pantai (pexels.com/brandon-imbriale-167689798)

9. Walau tampak berbeda, mereka ternyata berkerabat dekat dengan bintang laut yang jadi predatornya

9 Fakta Sand Dollar, Hewan Laut Unik yang Berbentuk Koin ilustrasi bintang laut merah muda (Pisaster brevispinus) yang jadi predator sea dollar (commons.wikimedia.org/Jerry Kirkhart)

Nah, setelah tahu lebih banyak tentang sand dollar, bagaimana pendapatmu tentang hewan laut satu ini? Apa kamu pernah menemukan rangkanya saat jalan-jalan di pantai?

Baca Juga: 6 Negara yang Menampilkan Hewan pada Benderanya, Jadi Ciri Khas

Ina Suraga Photo Verified Writer Ina Suraga

Business inquiries: suraga.ina@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya