Comscore Tracker

7 Fakta Unik Burung Cikalang, Bisa Tidur Sambil Terbang!

Suka merampas makanan dari burung lain

Burung fregat atau lebih dikenal sebagai burung cikalang merupakan burung laut berukuran sedang yang bisa ditemukan di seluruh dunia. Mereka bercirikan bulu berwarna hitam dan para pejantan punya kantong berwarna merah pada leher yang bisa menggembung besar untuk menarik perhatian betina. Untuk ukuran tubuh yang gak begitu besar, burung cikalang punya sayap yang sangat lebar, bahkan lebih dari 2 meter!

Tahukah kamu kalau burung ini suka mencuri dan merampas makanan dari burung lain? Simak tujuh fakta unik burung cikalang yang wajib kamu tahu berikut ini!

1. Ada di seluruh dunia, termasuk Indonesia

7 Fakta Unik Burung Cikalang, Bisa Tidur Sambil Terbang!commons.wikimedia.org/Vince Smith

Kelima spesies burung cikalang bisa kamu temukan di daerah pesisir tropis maupun semitropis di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Misalnya spesies cikalang christmas, mereka cuma berkembang biak di Pulau Christmas, Australia, menurut laman Animal Diversity Web. Namun, saat mengembara, mereka bisa sampai di Sumatra, Jawa, Bali, dan Kalimantan juga.

2. Ciri khas kantung merah yang dapat menggembung besar

7 Fakta Unik Burung Cikalang, Bisa Tidur Sambil Terbang!commons.wikimedia.org/Andrew Turner

Kamu bisa membedakan burung cikalang betina dan jantan dengan melihat bagian lehernya. Pejantan punya semacam kantung berwarna merah yang bisa digembungkan. Saat musim kawin, para pejantan akan menggunakan cara ini untuk menarik perhatian betina. Biasanya, mereka kawin dengan pasangan yang berbeda tiap musimnya.

3. Betina berukuran lebih besar

7 Fakta Unik Burung Cikalang, Bisa Tidur Sambil Terbang!commons.wikimedia.org/Drew Avery

Selain gak punya kantung berwarna merah pada leher, si betina umumnya juga berukuran lebih besar dari si jantan, misalnya spesies cikalang elok. Betina pada spesies ini berukuran 15 persen lebih besar dari pejantan, mengutip laman Animal Diversity Web. Pada spesies lain betina juga punya leher dan dada yang berbulu putih. Perbedaan fisik antara betina dan jantan pada satu spesies ini disebut sebagai dismorfisme seksual.

Baca Juga: 6 Fakta Hoatzin, Burung Endemik Amazon yang Disebut Burung Reptil

4. Tubuh ramping, tapi bersayap lebar

7 Fakta Unik Burung Cikalang, Bisa Tidur Sambil Terbang!commons.wikimedia.org/Matt MacGillivray

Untuk ukuran tubuh yang ramping, burung cikalang punya sayap yang begitu lebar. Menurut laman A-Z Animals, pejantan bisa punya ukuran sayap lebih dari dua meter. Karena ukuran sayapnya ini, mereka ahli meluncur di udara. Mereka bisa terus membumbung tinggi di udara tanpa mengepakkan sayap. Mereka juga bisa menghabiskan berhari-hari di udara tanpa mendarat sekalipun. 

5. Ogah basah-basahan

7 Fakta Unik Burung Cikalang, Bisa Tidur Sambil Terbang!commons.wikimedia.org/Vince Smith

Biarpun termasuk burung laut, burung cikalang hampir gak pernah menyentuh air. Malahan, mereka gak suka basah-basahan. Menurut All About Birds, hal ini karena bulu mereka gak tahan air. Mereka lebih mengandalkan kemampuan terbang mereka untuk mencari makan. Laman Animalia mengungkapkan kalau mereka mampu melesat dan menangkap ikan atau cumi-cumi yang tengah melompat ke udara dengan mudahnya. 

6. Burung laut bermental preman

7 Fakta Unik Burung Cikalang, Bisa Tidur Sambil Terbang!commons.wikimedia.org/Vince Smith

Selain menangkap makanannya di udara, burung cikalang juga punya cara lain untuk mendapatkan makanan. Burung ini mencuri atau merampas dari burung lain.

Yap, burung cikalang menunjukkan perilaku kleptoparasitisme. Mereka akan merundung burung lain untuk menyerahkan makanannya secara paksa. Begitu burung lain menjatuhkan makanannya, burung cikalang buru-buru melesat untuk menangkapnya sebelum jatuh ke dalam air. Karena perilakunya ini, mereka dijuluki man-o-war bird. All About Birds mengungkapkan kalau keahlian mencuri ini dilatih sejak kecil. 

7. Bisa tidur saat terbang di udara

7 Fakta Unik Burung Cikalang, Bisa Tidur Sambil Terbang!commons.wikimedia.org/Charles J Sharp

Menghabiskan waktu hingga berhari-hari di udara tentu akan memunculkan pertanyaan apakah mereka punya kemampuan untuk tidur sambil terbang. Ya, burung cikalang bisa tidur saat terbang di udara, biarpun tidak lama. Menurut A-Z Animals, mereka bisa tidur selama 3 persen dari waktu terbangnya dan hanya saat malam hari. Kalau sudah di daratan, mereka bisa tidur sampai 12 jam atau lebih.

Setelah tahu tujuh fakta uniknya, bagaimana pendapatmu tentang burung satu ini? Apa kamu pernah melihat mereka?

Baca Juga: 7 Fakta Unik Burung Emu, Burung Raksasa dengan Sayap Mini

Ina Suraga Photo Verified Writer Ina Suraga

Business inquiries: suraga.ina@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya