Mengenal Irish Elk, Spesies Rusa Terbesar yang Pernah Ada

Tingginya lebih dari 2 meter!

Rusa merupakan salah satu hewan pemamah biak bertanduk yang banyak jumlahnya di dunia. Ukurannya bermacam-macam, mulai dari yang seukuran kambing sampai yang seukuran kuda. Namun, dulu pernah hidup spesies rusa berukuran raksasa mencapai tinggi lebih dari 2 meter, lho!

Namanya irish elk. Hewan yang juga disebut rusa irlandia ini merupakan 1 dari 6 spesies rusa besar. Pada zamannya, mereka tergolong herbivor penting di ekosistem. Namun, karena suatu sebab, mereka alami kepunahan. Apa yang menyebabkan kepunahan rusa menakjubkan ini? Benarkah manusia jadi penyebabnya? Simak lima fakta berikut untuk mengenal irish elk lebih dalam, yuk!

1. Spesies rusa terbesar

Mengenal Irish Elk, Spesies Rusa Terbesar yang Pernah Adailustrasi rekonstruksi irish elk (commons.wikimedia.org/Tylwyth Eldar)

Irish elk merupakan 1 dari 6 spesies rusa berukuran besar yang membentuk genus Megaloceros. Selain jadi yang terbesar di genusnya, irish elk juga didapuk jadi spesies rusa terbesar yang pernah ada di dunia. Menurut Museum Paleontologi Universitas California, irish elk memiliki tinggi bahu mencapai 2,1 meter dengan tanduk yang bisa tumbuh hingga selebar 3,65 meter.

Biarpun namanya elkirish elk sebenarnya bukan elk. Nama elk lebih merujuk pada spesies rusa Cervus canadensis yang kini hidup di belahan bumi utara. Analisis morfologi menunjukkan kalau irish elk lebih berkerabat dekat dengan rusa merah, ungkap laman Extinct Animals.

2. Tersebar di Eurasia, tapi paling banyak di Irlandia

Mengenal Irish Elk, Spesies Rusa Terbesar yang Pernah Adailustrasi patung irish elk (commons.wikimedia.org/Neil Cummings)

Biarpun namanya irish elk yang berarti 'elk asli Irlandia', mereka gak cuma hidup di wilayah Irlandia saja, lho. Menurut laman Britannica, rusa purba satu ini tersebar luas di seantero Eurasia. Hal ini dibuktikan dari umumnya fosil irish elk ditemukan di deposit Pleistosen di Eropa dan Asia.

Namun, spesies ini jumlahnya paling melimpah di Irlandia. Hal ini terlihat dari banyaknya fosil irish elk yang ditemukan terawetkan dengan baik di sedimen danau dan rawa gambut di Irlandia. Tengkorak irish elk lengkap dengan tanduk raksasanya juga ditemukan banyak menghiasi dinding-dinding kastel dan pondok berburu seantero Irlandia.