Comscore Tracker

Membawa Keberuntungan, Ini 8 Fakta Menarik Seputar Kucing Hitam

Mereka disebut lebih kebal penyakit, benarkah?

Kucing hitam selalu diidentikkan dengan ilmu sihir, kematian, malapetaka, dan lain-lain. Mereka menjadi korban prasangka buruk manusia yang mengait-ngaitkannya dengan hal-hal buruk. Padahal, mereka sama saja dengan kucing pada umumnya.

Tahukah kamu bahwa kucing hitam ternyata juga dirumorkan membawa keberuntungan dan lebih kebal penyakit dari kucing biasa? Simak yuk delapan fakta menarik seputar kucing hitam berikut!

1. Bulu mereka bisa 'berkarat'

Membawa Keberuntungan, Ini 8 Fakta Menarik Seputar Kucing HitamMeowingtons.com

Apabila kucingmu suka berjemur di bawah matahari, bulu hitam mereka bisa menjadi 'berkarat'. Bulu mereka akan berubah agak kecokelatan, nyaris seperti berkarat.

Sebabnya Eumelanin, pigmen yang menghasilkan warna hitam pada bulu ternyata agak rapuh. Sehingga kucing yang sering terpapar sinar matahari akan memiliki efek berkarat pada bulu hitamnya.

Selain itu, ada kemungkinan juga kucingmu membawa gen bulu berwarna merah atau kucingmu sedang mengalami kekurangan nutrisi.

Bulu hitam mereka juga dapat berubah putih atau keabu-abuan bila menua. Kucing hitam yang memiliki gen pola belang juga akan kelihatan belangnya bila terkena sinar matahari.

2. Kemungkinan lebih tahan terhadap penyakit serius

Membawa Keberuntungan, Ini 8 Fakta Menarik Seputar Kucing HitamUnsplash/karishea

Stephen O'Brien, seorang ahli genetik kucing, menjelaskan via Wired bahwa kucing memiliki penyakit yang sama seperti manusia. Beberapa dari mereka bisa selamat dari penyakit serius seperti kanker, AIDS, hingga Alzheimer.

Di saat manusia memiliki rumah sakit dan prosedur pengobatan, kucing hanya memiliki keragaman genetik dan seleksi alam.

Beberapa ilmuwan berpikir bahwa mutasi genetik yang menyebabkan warna hitam pada bulu lebih dikarenakan untuk melawan penyakit daripada untuk kamuflase. Mentalfloss menyebutkan bahwa mutasi yang menyebabkan warna hitam pada bulu kucing berada pada keluarga genetik yang sama dengan gen yang membuat manusia tahan pada penyakit serius seperti HIV.

3. Sahabat para pelaut

Membawa Keberuntungan, Ini 8 Fakta Menarik Seputar Kucing HitamPixabay.com/designer-obst-5430486

Tak hanya untuk mengusir tikus, kucing hitam juga dibawa para pelaut ke kapal mereka sebagai jimat keberuntungan. Kucing hitam dipercaya dapat menjaga perjalanan para pelaut selama mengarungi lautan. Bahkan para istri pelaut juga memelihara kucing hitam di rumah untuk semakin menjamin keselamatan suaminya.

Contohnya adalah kucing hitam bernama Tiddles telah mengarungi lautan sejauh 48.000 kilometer di atas kapal induk HMS Victorious. Dulu ia juga terlahir di atas kapal induk HMS Argus.

4. Banyak karakter ikonik kucing hitam

Membawa Keberuntungan, Ini 8 Fakta Menarik Seputar Kucing HitamWildbunch.biz

Felix the Cat merupakan karakter kartun kucing hitam yang diciptakan pada era film bisu. Desainnya yang menarik membuat Felix the Cat populer dan mudah dikenali pada kala itu.

Selain Felix, banyak karakter kucing hitam populer seperti Jiji di film anime Kiki's Delivery Service dan Luna di seri anime Sailor Moon.

Baca Juga: 9 Pesan yang Disampaikan Kucing Melalui Kelakuannya, Ada Bawa Bangkai

5. Laris diadopsi setelah kesuksesan film Black Panther

Membawa Keberuntungan, Ini 8 Fakta Menarik Seputar Kucing HitamPixabay/pexels

Kelarisan film superhero Black Panther pada 2018 lalu mendorong banyak orang untuk mengadopsi kucing hitam di Colorado. Mereka menamai kucing mereka karakter-karakter di Black Panther seperti T'Challa dan Shuri.

Biarpun ini hanya tren sesaat, setidaknya banyak orang mengapresiasi kucing hitam, terlepas dari mitos dan kepercayaan buruk yang mengikutinya.

6. Membantu perjalanan cintamu

Membawa Keberuntungan, Ini 8 Fakta Menarik Seputar Kucing HitamUnsplash/nrly

Ada sebuah kepercayaan di Jepang yang mengatakan bahwa perempuan pemelihara kucing hitam akan menarik banyak calon peminang. Selain itu, di Inggris bagian tengah, kucing hitam dianggap sebagai hadiah pernikahan yang ideal. Kucing hitam disebut-sebut bisa memberikan keberuntungan dan kebahagiaan bagi si pengantin.

7. Cara mendapatkan anak kucing hitam polos

Membawa Keberuntungan, Ini 8 Fakta Menarik Seputar Kucing HitamPexels/buenosia-carol-116286

Pola warna dominan pada bulu kucing kebanyakan adalah agouti atau belang. Untuk seekor kucing memiliki warna hitam polos, ia harus memiliki kedua orang tua yang juga memiliki gen warna hitam polos. Selain itu, ia juga harus memiliki gen resesif non-agouti, untuk menutupi kemungkinan dia terlahir dengan warna belang.

8. Pembawa keberuntungan

Membawa Keberuntungan, Ini 8 Fakta Menarik Seputar Kucing HitamUnsplash/coldoctober

Negara-negara seperti Inggris Raya, Rusia, dan Jepang memiliki kepercayaan bila seekor kucing hitam berjalan di depanmu, kamu akan mendapatkan keberuntungan.

Di German, bila seekor kucing hitam berjalan di depanmu dari kiri ke kanan, kamu mendapat keberuntungan. Sebaliknya, bila berjalan dari kanan ke kiri, kamu mendapat kesialan.

Itu tadi adalah delapan fakta menarik seputar kucing hitam. Terlepas dari mitos dan kepercayaan seputar kucing hitam, mereka pantas mendapatkan kasih sayang dari kita seperti hewan yang lain biar bagaimanapun juga.

Nah, apakah kamu sendiri punya kucing hitam?

 

Baca Juga: 10 Mamalia Paling Berbahaya dan Mematikan di Dunia, Kucing Termasuk! 

Ina Suraga Photo Verified Writer Ina Suraga

I love writing about various things, from health to personal development stuff, but animals surely have soft spot in my heart. Business inquiries: suraga.ina@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya