Comscore Tracker

5 Kebiasaan Ini Bikin Otak Cepat Lemot, Hindari Ya!

Mau otak lebih cerdas dan aktif? 

Mayoritas orang pasti ingin memiliki otak yang cerdas dan cepat dalam menerima informasi. Tentunya, hal ini dipengaruhi berbagai faktor pada diri kita. Salah satu faktornya yaitu kegiatan sehari-hari yang kita lakukan.

Sayangnya, banyak yang gak tahu bahwa kegiatan yang sering kita lakukan dapat menurunkan fungsi kerja otak. Maka, hindari lima kebiasaan ini kalau gak mau fungsi kinerja otak menurun.

1. Jarang berkomunikasi atau gak aktif dalam berbicara

5 Kebiasaan Ini Bikin Otak Cepat Lemot, Hindari Ya!pexels.com/Buro Millennial

Gak aktif berbicara akan membuat otak lamban dalam menyerap informasi. Hal ini disebabkan oleh otak yang kurang terlatih saat menanggapi respon dari lawan bicara. Maka, agar otak cepat dalam menerima informasi, kita perlu melatih otak kita dengan aktif berkomumikasi dan belajar menangapi sesuatu disekitar kita.

2. Malas berolahraga

5 Kebiasaan Ini Bikin Otak Cepat Lemot, Hindari Ya!pexels.com/Nathan Cowley

Malas menggerakan anggota tubuh akan memicu terjadinya penurunan fungsi kinerja otak, dan lama-lama otak jadi lemot. Hal ini dikarenakan pengatur organ gerak tersebut dalam keadaan pasif. Gak hanya itu, kurang olahraga juga akan memengaruhi daya ingat otak. Jadi, semakin malas bergerak, maka kemampuan mengingat akan semakin kecil.

Baca Juga: 7 Perubahan pada Otak dan Mental Inilah yang Terjadi Saat Menstruasi

3. Kurang melatih otak

5 Kebiasaan Ini Bikin Otak Cepat Lemot, Hindari Ya!pexels.com/Daria Shevtsova

Kemampuan otak menjadi lamban dalam mencerna informasi disebabkan karena otak yang jarang terlatih. Salah satu cara untuk melatih otak yaitu dengan berpikir. Berpikir akan merangsang kerja otak. Jika kamu malas berpikir, hati-hati otak kamu akan menyusut dan akhirnya gak berfungsi dengan baik. Rajin membaca, menulis, mendengarkan musik, dan belajar bahasa baru akan membuat otak kamu terbiasa berpikir aktif dan kreatif.

4. Kecanduan smartphone

5 Kebiasaan Ini Bikin Otak Cepat Lemot, Hindari Ya!pexels.com/Lisa Fotios

Smartphone yang gak lepas dari kehidupan sehari-hari ini akan berpengaruh bagi pemakainya. penggunaan yang tepat dan bijak akan memberikan dampak positif untuk otak, misalnya memanfaatkan aplikasi game asah otak untuk melatihnya agar semakin aktif. Sebaliknya, kecanduan yang berlebihan akan menimbulkan dampak negatif buat otak, contohnya selalu mengandalkan google yang membuat otak malas berpikir.

5. Menonton TV terlalu lama

5 Kebiasaan Ini Bikin Otak Cepat Lemot, Hindari Ya!www.paragon-hf.com

Menonton TV menjadi sumber hiburan dan informasi bagi banyak orang. Namun, jangan sampai kamu larut dan banyak menghabiskan waktu berjam-jam berada di depan TV.

Kebiasaan buruk ini akan menyebabkan fungsi pada otak kurang maksimal dan keterlambatan otak dalam menanggapi informasi. Maka, untuk menghindari permasalahan tersebut, sebaiknya kita melakukan hal yang sewajarnya saja dan gak berlebihan.

Nah, agar otak berfungsi maksimal dan gak gampang lemot, maka hindari kebiasaan buruk di atas ya.

Baca Juga: Gak Ribet, 5 Kebiasaan Sederhana Ini Mampu Menjaga Kesehatan Otakmu

indah_ Photo Community Writer indah_

Tidak ada yang sia-sia ketika kamu bekerja keras dalam hidupmu

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You